Info Sehat

Mudah Didapat, Ini 9 Bahan Herbal untuk Menurunkan Kolesterol

July 25, 2020 | Nanda Hadiyanti
no-image

Jika kadar kolesterol terlanjur tinggi, maka sudah saatnya kamu berusaha untuk menurunkannya. Kamu bisa memilih tanaman herbal untuk menurunkan kolesterol tinggi, khususnya menurunkan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Dengan menurunkan kadar LDL, maka kamu dapat mencegah penumpukan timbunan lemak dalam pembuluh arteri, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk itu, langsung simak berbagai jenis herbal untuk menurunkan kolesterol berikut ini.

Pilihan herbal untuk menurunkan kolesterol

Sejumlah herbal ini dapat menurunkan LDL dan beberapa di antaranya dapat meningkatkan high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dalam darah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

1. Teh berbahan herbal

Teh hijau adalah salah satu yang dikenal mampu menurunkan kolesterol. Dalam sebuah jurnal disebutkan bahwa teh hijau secara signifikan mengurangi kolesterol jahat, namun tidak memengaruhi kolesterol baik dalam darah.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa teh peppermint juga dapat menurunkan kolesterol. Pun demikian dengan teh herbal yang telah melalui proses pengolahan, seperti teh rooibos atau redbush.

Namun efek herbal untuk menurunkan kolesterol ini tidak bisa langsung terlihat. Dibutuhkan waktu hingga berminggu-minggu dan rutin konsumsi untuk dapat melihat hasilnya.

2. Seledri

Seledri adalah tumbuhan yang mengandung vitamin K tinggi dan juga mengandung vitamin lain seperti vitamin A, B2, B6 dan C. Tanaman ini juga menjadi sumber untuk folat, kalium, asam pantotenat dan berserat tinggi.

Karena kandungannya, seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya menurunkan kolesterol. Penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan pada seledri mungkin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Bawang putih

Meski lebih akrab mengenal bawang putih sebagai bumbu dapur, namun khasiatnya sebagai obat herbal sudah diketahui sejak lama. Salah satu kegunaannya adalah untuk menurunkan kolesterol darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat dalam darah. Meski begitu ada juga yang berpendapat bahwa manfaat bawang putih tidak signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun salah satu sumber kaya lemak tak jenuh tunggal. Jenis ini dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam darah dan menurunkan kolesterol jahat.

Selain itu, minyak zaitun juga menjadi sumber polifenol. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

5. Jahe

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi peradangan, mengurangi nyeri otot, serta menurunkan kolesterol darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Sementara penelitian lainnya mendukung hasil penelitian sebelumnya, jika jahe dapat menurunkan kolesterol jahat.

Jahe juga dapat menurunkan kadar trigliserida, salah satu jenis lemak dalam darah. Kelebihan trigliserida juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut hipertrigliseridemia.

Sama seperti kolesterol tinggi, hipertrigliseridemia juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Buah haw

Semua bagian buah haw atau hawthorn, baik itu buahnya, daun atau bunganya dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan dan digunakan sebagai obat herbal. Khususnya untuk mengobati masalah jantung dan mengatasi kolesterol tinggi.

Namun disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsinya, bersamaan dengan mengonsumsi obat dari dokter. Buah ini diketahui dapat berinteraksi dengan beberapa obat, termasuk obat yang seringkali diresepkan untuk penyakit jantung.

7. Daun artichoke

Ekstrak daun artichoke diklaim dapat membantu menurunkan kolesterol. Buah artichokenya sendiri juga mengandung senyawa cynarine, yang dapat meningkatkan produksi empedu.

Meningkatnya produksi empedu akan membantu pengeluaran atau pembuangan kolesterol. Sayangnya tumbuhan ini dapat menyebabkan gas dalam perut dan dapat menimbulkan reaksi alergi.

8. Kedelai

Bukan sekedar jenis kacang, kedelai dan makanan olahannya ternyata dapat bertugas sebagai herbal untuk menurunkan kolesterol.

Kamu bisa mendapatkan khasiat kedelai ini dari makanan olahan kedelai seperti tahu, susu kedelai atau kacang kedelai yang dimasak. Kacang kedelai juga dapat menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh.

9. Psyllium

Psyllium adalah serat dari tanaman plantago ovata. Tanaman ini banyak ditemukan di Eropa, Amerika Serikat dan India. Saat ini kamu bisa mendapatkan psyllium dalam bentuk suplemen atau obat herbal yang sudah diracik secara khusus untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, psyllium dapat membantu mengatasi sembelit dan menurunkan kadar gula darah untuk pengidap diabetes.

Demikian bahan-bahan herbal untuk menurunkan kolesterol yang bisa kamu coba. Jika mengonsumsinya, jangan lupa disertai dengan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan menjaga berat badan, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org diakses 21 Juli 2020 Cholesterol-lowering supplements may be helpful 
  2. Healthline diakses 21 Juli 2020 9 Natural Cholesterol Reducers 
  3. Healthline diakses 21 Juli 2020 Can Herbal Teas Lower My Cholesterol?
  4. Verywellhealth.com diakses 21 Juli 2020 Herbs and Supplements That Lower Cholesterol
  5. Medicalnewstoday.com diakses 21 Juli 2020 Natural remedies for high cholesterol levels 
  6. Medicalnewstoday.com diakses 21 Juli 2020 Does celery juice have health benefits? 
    Berita Terkait
    register-docotr