Info Sehat

Hobi Makan Gorengan Bisa Picu GERD & PCOS? Berikut Penjelasannya!

March 31, 2021 | Muhammad Hanif S.
feature image

Bagi sebagian orang, gorengan merupakan makanan yang selalu menjadi teman di banyak suasana. Namun, beberapa kalangan menganggap bahwa makanan itu justru bisa menimbulkan penyakit seperti gastroesophageal reflux disease (GERD) dan sindrom polikistik ovarium (PCOS).

Lantas, benarkah terlalu sering makan gorengan bisa meningkatkan risiko terkena GERD dan PCOS? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Serba-serbi gorengan dan kandungannya

Gorengan adalah makanan yang dikelompokkan sebagai menu tidak sehat. Terlepas dari semua nutrisi yang dimiliki, hampir semua gorengan mengandung lemak trans bersifat jahat yang cukup tinggi.

Lemak trans adalah lemak yang muncul sebagai hasil dari proses kimiawi bernama hidrogenasi. Proses tersebut hampir selalu terjadi di alat penggorengan.

Molekul pada minyak yang telah dipanaskan mengontaminasi dan mengikat partikel lemak pada makanan lalu membentuk lemak trans.

Dengan kandungan lemak trans yang tinggi, beberapa kalangan meyakini bahwa terlalu sering makan gorengan bisa meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, termasuk PCOS dan GERD.

Baca juga: Sering Tak Disadari! Ini 5 Makanan yang Mengandung Lemak Jahat Membahayakan

Apa itu GERD dan PCOS?

Baik GERD maupun PCOS sama-sama bisa dialami oleh setiap wanita. Namun, keduanya merupakan gangguan kesehatan yang menyerang bagian tubuh berbeda. Begitu juga dengan gejalanya.

Berikut perbedaan antara GERD dan PCOS yang perlu kamu tahu:

GERD

GERD adalah kondisi ketika cairan asam lambung mengalami peningkatan kadar hingga naik ke esofagus atau kerongkongan. Pada beberapa kasus, naiknya asam lambung yang tidak terlalu sering mungkin dapat dikatakan normal.

Namun, jika keadaan tersebut terjadi lebih dari dua kali dalam seminggu, hal itu menandakan bahwa kamu sedang mengalami GERD. Gejala utama GERD adalah rasa terbakar dan tidak nyaman di sekitar dada, bisa menjalar hingga ke area leher. Kondisi itu sering disebut dengan heartburn.

PCOS

PCOS adalah kondisi yang ditandai dengan menstruasi tak teratur atau tidak adanya haid sama sekali. Wanita dengan PCOS biasanya mempunyai banyak kista di ovariumnya, disebabkan oleh produksi hormon androgen berlebihan.

Sekitar 50 persen wanita dengan PCOS mengeluhkan gejala seperti obesitas, munculnya bulu secara berlebihan di beberapa area tubuh, kebotakan seperti yang terjadi pada pria, banyak jerawat, hingga tekanan darah yang tidak stabil.

Risiko GERD dan PCOS akibat makan gorengan

Terlalu sering makan gorengan dikaitkan dengan risiko GERD dan PCOS. Seperti yang telah disebutkan, hubungan keduanya diakibatkan oleh kandungan lemak trans cukup tinggi pada gorengan.

Risiko terkena GERD

Selain bisa meningkatkan risiko obesitas, makanan tinggi lemak dapat memperbesar peluang terkena GERD. Menurut sebuah penelitian, lemak jahat bisa mengendurkan otot sfingter di bagian bawah esofagus yang berfungsi sebagai penghalang lambung.

Saat otot itu mengendur, asam dari lambung akan mudah keluar dan naik ke kerongkongan. Setelah itu, perlahan kamu akan merasakan yang namanya heartburn. Perlu diketahui, cairan asam dari lambung bersifat iritatif, bisa membuat dinding jaringan yang dilewatinya terluka.

Studi lainnya juga memaparkan, saat memasuki saluran cerna, makanan tinggi lemak dapat merangsang pelepasan hormon kolesistokinin (CCK). Hormon tersebut secara tidak langsung bisa mengendurkan otot sfingter di bagian bawah esofagus.

Risiko terkena PCOS

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa gorengan bisa memicu PCOS. Namun, pada wanita yang telah mengidap PCOS, gejalanya bisa memburuk jika terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans.

Wanita dengan PCOS biasanya mempunyai kadar insulin yang lebih tinggi. Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi di pankreas, membantu sel mengubah glukosa menjadi energi. Tingginya kadar insulin bisa memicu terjadinya resistensi yang berpengaruh pada penyerapan glukosa.

Menurut sebuah penelitian oleh sejumlah ilmuwan di Italia, makanan dengan kandungan lemak jahat bisa memperburuk resistensi insulin tersebut. Akibatnya, gejala yang dialami pengidap PCOS bisa berkembang lebih parah.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang risiko terkena penyakit GERD dan PCOS akibat terlalu sering makan gorengan. Selain membatasi konsumsinya, terapkan juga pola makan bergizi dan gaya hidup sehat agar tubuh tetap bugar, ya!

Cek kesehatan lambungmu di Klinik Maag bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 30 Maret 2021, Can My Diet Relieve Symptoms of Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)?
  2. Healthline, diakses 30 Maret 2021, 11 Foods That Can Cause Heartburn.
  3. Healthline, diakses 30 Maret 2021, 7 Foods That Still Contain Trans Fats.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 Maret 2021, Dietary fat, insulin sensitivity and the metabolic syndrome.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 Maret 2021,  Food and Gastroesophageal Reflux Disease.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 30 Maret 2021, Effect of intraduodenal fat on lower oesophageal sphincter function and gastro-oesophageal reflux.

    register-docotr