Info Sehat

Eyelash Extension Bisa Sebabkan Pembuluh Darah Mata Pecah? Ini Penjelasannya!

April 23, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tidak sama dengan bulu mata palsu, eyelash extension dirancang untuk menjadi solusi yang tahan lama untuk mempercantik mata. Banyak orang yang telah beralih melakukan eyelash extension karena tidak perlu repot dan lebih praktis.

Namun, nyatanya eyelash extension memiliki efek samping berbahaya termasuk pecahnya pembuluh darah pada mata.

Nah, untuk mengetahui benarkah eyelash extension bisa sebabkan pembuluh darah mata pecah yuk simak penjelasan berikut!

Baca juga: Pantangan saat Cacar Air yang Harus Dipatuhi, Apa Saja?

Benarkah eyelash extension bisa sebabkan pecah pembuluh darah mata?

Dilansir Healthline, eyelash extension adalah bulu mata tunggal yang ditempatkan oleh ahli kosmetik atau ahli kecantikan profesional pada bulu mata satu per satu. Perlu diketahui, bulu mata ini terbuat dari bahan alami, seperti sutra atau cerpelat, maupun serat sintetis.

Meskipun menjadi pilihan yang praktis, dalam beberapa kasus pemakaiannya dapat menyebabkan pembuluh darah pada mata pecah atau perdarahan subkonjungtiva.

Konjungtiva sendiri mengandung banyak pembuluh darah di mana perdarahan biasanya berasal dari salah satu pembuluh tersebut.

Perdarahan subkonjungtiva muncul sebagai mata merah cerah atau bercak merah di atas bagian putih mata atau sklera. Biasanya, tidak ada rasa sakit yang dikaitkan dengan perdarahan konjungtiva meski beberapa orang mengatakan mata terasa penuh atau berat. 

Pecahnya pembuluh darah pada mata umumnya diakibatkan oleh cedera akibat benda asing yang masuk mengenai atau menggesek mata. Benda asing yang dimaksud ini salah satunya dapat berupa bulu mata ekstensi. 

Selain pembuluh darah di mata yang pecah, American Academy of Ophthalmology atau AAO juga menanggapi laporan mengenai bahaya ekstensi bulu mata.

AAO mengutip bahaya spesifik dari penggunaan eyelash extension, seperti infeksi pada kornea serta infeksi kelopak mata yang bisa berujung pada kebutaan.

Bagaimana cara mengatasi perdarahan konjungtiva?

Perlu diketahui, perdarahan konjungtiva biasanya tidak memerlukan perawatan. Air mata buatan yang dijual bebas dapat dioleskan ke mata jika iritasi yang dirasakan cukup ringan.

Namun, jika sudah berat dan mengakibatkan masalah lain pada mata, maka segera bicarakan dengan dokter. Jangan pernah mencoba untuk menggunakan obat tetes mata pereda kemerahan atau dekongestan sembarangan.

Obat jenis tersebut dirancang untuk sementara menyempitkan pembuluh darah di mata dan tidak dapat membersihkan darah di ruang subkonjungtiva sepenuhnya.

Untuk perdarahan subkonjungtiva yang terisolasi, umumnya tidak membutuhkan pengobatan medis secara khusus. Namun, pengobatan akan diarahkan pada penyebab yang mendasari seperti gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, atau cedera. 

Cara melakukan ekstensi bulu mata yang aman

Sebaiknya memang hindari penggunaan bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata karena berisiko membuat cedera atau masalah kesehatan mata lainnya.

Namun, jika tetap ingin mempercantik mata dengan eyelash extension maka terdapat beberapa tips yang bisa kamu ikuti yakni sebagai berikut:

Pastikan mencari ahli kecantikan yang bersertifikat dan resmi

Sebelum eyelash extension dilakukan, ada baiknya untuk memilih secara cermat salon dan ahli kecantikan dengan tepat. Pastikan untuk memilih ahli kecantikan yang telah berpengalaman dan memiliki sertifikat agar pemasangan lebih aman.

Periksa kebersihan sebelum ekstensi bulu mata dilakukan

Untuk mencegah efek samping ekstensi bulu mata, seperti alergi, maka kamu perlu memeriksa apakah ahli kecantikan mempraktikkan kebersihan sebelum melakukan pemasangan.

Pastikan jika ahli kecantikan telah mencuci tangan dan menjaga kebersihan alat dengan benar.

Tanyakan daftar bahan lem dan periksa alergen

Penting untuk memeriksa bahan perekat bulu mata sebelum digunakan. Konfirmasi tanggal kedaluwarsa lem belum lewat. Jangan lupa meminta tes spot di bagian dalam pergelangan tangan sebelum lem dioleskan ke mata guna mengetahui risiko alergi. 

Perlu diketahui, jika bahan lem untuk ekstensi bulu mata tidak sesuai maka kemungkinan bisa menyebabkan kerontokan. Kerontokan bulu mata bisa menginfeksi mata akibat cedera atau gesekan. Untuk itu, selalu periksa kondisi bulu mata dan konsultasi dengan dokter jika ada masalah.

Baca juga: Ciri-Ciri Kekurangan Sel Darah Merah yang Tidak Boleh Diabaikan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 22 April 2021 What Are Side Effects of Eyelash Extensions?
  2. Emedicine Health (2019), diakses 22 April 2021 Subconjunctival Hemorrhage (Bleeding in Eye)
  3. American Academy of Opthalmology, diakses 22 April 2021. Eyelash Extension Facts and Safety
  4. All About Vision (2021), diakses 22 April 2021. Eyelash extensions: Are they safe?
    register-docotr