Info Sehat

Cara Merawat Kulit dari Luar dan Dalam dengan Baik dan Benar

July 7, 2022 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Merawat kulit adalah salah satu investasi dimana setiap orang ingin memiliki kulit yang lebih bersinar, cantik, dan sehat dengan cara tertentu. Memiliki kulit sehat bukan hanya membuat penampilan terlihat lebih menarik.

Merawat kulit sejak dini membuat kulit lebih sehat, awet muda, dan cantik lebih lama. Karenanya merawat kulit adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar. Kamu perlu melakukannya secara rutin, baik dari dalam maupun luar tubuh.

Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya lewat artikel berikut.

Mengapa merawat kulit dari luar saja tidak cukup?

cara merawat kulit
Cara Merawat Kulit

Kulit sehat adalah cerminan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karenanya, cara merawat kulit tidak hanya dipengaruhi oleh treatment dari luar, tetapi juga sangat berkaitan dengan apa yang kamu konsumsi setiap hari.

Ya, asupan nutrisi sangat berpengaruh pada penampilan kulit. Dilansir dari Web MD, kulit membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat untuk melakukan pekerjaan utamanya sebagai pelindung tubuh terhadap paparan zat-zat berbahaya.

Itulah mengapa kamu kerap diminta mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi untuk menunjang kesehatan kulit. Misalnya kaya vitamin E yang mengandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi.

Jika dikonsumsi secara rutin, vitamin E bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan menyerap sinar UV yang merusak kulit dan menjadi penyebab keriput, kendur, bahkan kanker kulit.

Sekilas tentang vitamin E

Vitamin E
Vitamin E

Dilansir dari Up to Date, vitamin E ditetapkan secara resmi sebagai vitamin kelima pada 1925. Vitamin ini termasuk dalam senyawa yang larut dalam lemak, artinya tidak dikeluarkan lewat ginjal melainkan melalui keringat dan feses.

Bentuk yang paling dikenal dari vitamin E karena perannya dalam kesehatan manusia khususnya kulit adalah d-alpha-tocopherol. Kamu bisa menemukannya secara berlimpah dalam biji bunga matahari.

D-alpha-tocopherol memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Karena bersifat alami, kandungan ini juga aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Vitamin E juga mengandung antioksidan yang tak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Saat ini vitamin E telah banyak tersedia dalam bentuk suplemen, baik yang dijual secara tunggal maupun sebagai bagian dari multivitamin. Adapun jika berbicara tentang bentuknya, maka vitamin E yang berbentuk soft gel, adalah bentuk sediaan yang paling baik, karena paling mudah terserap oleh tubuh.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : Cegah Penuaan Dini, Ini 5 Langkah Mudah Merawat Kulit di Sekitar Mata!

Manfaat vitamin E bagi kesehatan kulit

Dilansir dari NCBI, vitamin E mengandung antioksidan yang bisa membuat kulit lebih lembap, halus dan lembut. Vitamin E juga dikenal sebagai nutrisi penting yang bisa mengurangi bekas jerawat dan iritasi pada wajah. Tak heran jika vitamin yang satu ini telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di bidang kesehatan kulit.

Sebuah studi lain yang diterbitkan NCBI menyatakan bahwa Vitamin E bisa melindungi kulit dari efek buruk stres oksidatif termasuk photoaging. Ini adalah efek penuaan kulit akibat paparan sinar matahari.

Tak hanya itu, vitamin E juga memiliki kemampuan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas serta mengurangi produksi radikal bebas dalam situasi tertentu. Dilansir dari Healthline, vitamin E bahkan memiliki potensi efektif untuk mengurangi gejala dermatitis atopik.

Dosis tepat vitamin E untuk kesehatan kulit

Paparan sinar matahari, sinar UV, dan pertambahan usia bisa mengurangi kadar vitamin E pada kulit. Akibatnya kesehatan kulit pun menjadi rusak dan terganggu. Oleh karena itu penting memenuhi kebutuhan vitamin E secara rutin.

Dosis vitamin E yang tepat untuk perawatan kulit dari dalam di usia muda (18-24 tahun) adalah 100 IU. Jumlah ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit sehari-hari sebagaimana disampaikan oleh Dr Maria Margaretha seperti dilansir dari Kompas.

Kamu juga tak perlu takut mengonsumsi vitamin E secara rutin sejak dini, karena ini aman dari efek samping yang berbahaya seperti:

  1. Menimbulkan jerawat. Justru vitamin E bisa mengurangi iritasi/peradangan pada wajah sekaligus mengurangi bekas jerawat.
  2. Membuat nafsu makan bertambah / kegemukan. Vitamin E justru tidak mengandung kalori sama sekali.
  3. Mengganggu fungsi ginjal. Ini anggapan yang salah karena pembuangannya melalui keringat atau feses.

Oh ya, vitamin E yang terbuat dari bahan alami seperti biji bunga matahari, juga aman di konsumsi sehari-hari. Jadi kamu tak perlu ragu untuk mengonsumsinya secara rutin.

Cara merawat kulit dari dalam dengan suplemen Natur-E Soft Capsule 100 IU

Meski vitamin E dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan, tapi ini hanya dapat memenuhi 25 persen kebutuhan vitamin E untuk kulit secara harian. Oleh karena itu, penting untuk mencukupinya dengan mengonsumsi vitamin E dalam bentuk suplemen seperti Natur-E Soft Capsule 100 IU.

Natur-E Soft Capsule 100 IU mengandung vitamin E dengan kadar 100 IU yang pas dan sesuai dikunsumsi untuk perawatan kulit di usia 18 sampai 24 tahun. Terbuat dari bahan alami yakni biji bunga matahari, Natur-E Soft Capsule 100 IU aman untuk dikonsumsi sehari-hari dan tidak menimbulkan efek samping.

Natur-E Soft Capsule 100 IU juga sudah bersertifikasi halal dan terdaftar di BPOM. Jadi aman untuk rutin dikonsumsi agar kulit menjadi lebih bercahaya dan tampak lebih muda dari dalam.

Berbentuk soft gel, Natur-E Soft Capsule 100 IU lebih mudah diserap oleh tubuh dan kulit. Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, Natur-E Soft Capsule 100 IU bukan cuma dapat membantu kulit jadi lebih lembab, halus dan lembut. Namun juga bisa menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi jerawat maupun bekasnya.

Sekarang, sudah tak ada alasan lagi untuk melewatkan rutinitas perawatan kulit sejak muda kan? Jangan lupa untuk merawat kulit bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam agar kamu bisa memiliki kulit sehat dan cantik lebih lama, ya.

Yuk, mumpung masih muda, mulai merawat kulit dari dalam dengan aman, alami, dan lebih sehat. Kamu bisa mengawalinya dengan ikut kampanye #MulaiDari100 yang diadakan oleh Natur-E.

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Periksa kesehatan kulit dan kelamin dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. American Academy of Dermatology Association, diakses 25 Maret 2022
  2. uptodate.com, diakses 25 Maret 2022
  3. NCBI, diakses 25 Maret 2022
  4. NCBI, diakses 25 Maret 2022
  5. PLOS ONE, diakses 25 Maret 2022
  6. Harvard T.H Chan Scoolh of Public Health, diakses 25 Maret 2022.
  7. Mayo Clinic, diakses 25 Maret 2022.
  8. Healthline, diakses 25 Maret 2022.
  9. Web MD, diakses 25 Maret 2022
  10. Healthline, diakses 25 Maret 2022.
  11. Kompas, diakses 25 Maret 2022.
  12. Healthline, diakses 25 Maret 2022.
    register-docotr