Info Sehat

Payudara Besar Ganggu Aktivitas Kamu? Berikut Cara Mengecilkannya

December 3, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Sebagian wanita ingin membesarkan payudara karena menganggap memiliki ukuran yang besar dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tapi di lain sisi ada sebagian lagi wanita yang mencari cara mengecilkan payudara karena alasan kesehatan.

Dilansir dari Heathline, payudara yang besar bisa mengganggu kegiatan sehari-hari dan mengganggu kesehatan. Gangguan tersebut umumnya berupa sakit punggung dan leher. Jika kamu salah satu yang mengalaminya, berikut beberapa cara mengecilkan payudara yang bisa dilakukan.

Beberapa cara mengecilkan payudara

Ada dua pilihan cara mengecilkan payudara, secara alami maupun medis. Kamu bisa mencoba beberapa cara alami sebelum memiliki prosedur medis. Cara-cara alami tersebut antara lain:

Olahraga

Olahraga teratur dapat menghilangkan lemak dada dan menguatkan otot-otot di bawah payudara. Itu dapat memperkecil ukuran payudara. Manfaat yang didapat, selain mendapatkan ukuran payudara yang lebih kecil, kamu juga sekaligus bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Tapi, ada risiko yang perlu kamu ketahui. Yaitu kamu perlu melakukan olahraga rutin dengan gerakan tertentu seperti kardio dan latihan fisik menyeluruh. Jika tidak, olahraga tidak akan membantu apapun.

Selain itu kamu juga perlu komitmen. Setidaknya perlu berolahraga selama 30 menit setidaknya empat kali dalam satu minggu.

Diet sebagai cara mengecilkan payudara

Jika kamu berusaha menurunkan berat badan, artinya kamu berusaha membakar lemak. Ketika lemak terbakar, maka beberapa bagian tubuh tempat lemak menumpuk akan mengecil.

Salah satu bagian tubuh yang ikut terpengaruh menjadi kecil adalah payudara. Ini akan memberi manfaat lebih, selain dilakukan sebagai cara mengecilkan payudara juga membuat tubuh lebih sehat terhindar dari risiko obesitas.

Tapi ini memiliki risiko kesehatan tertentu jika dilakukan ibu hamil atau menyusui. Jika kamu sedang hamil atau menyusui sebaiknya konsultasikan kepada dokter sebelum melakukannya.

Menggunakan herbal dan bahan alami

  • Teh hijau: Mengonsumsinya dapat membantu melunturkan lemak dan membuat payudara lebih kecil. Selain itu kamu juga akan mendapat manfaat lain, seperti adanya kandungan antioksidan dan juga dapat meningkatkan energi sepanjang hari.
  • Jahe: Minum jahe tiga kali sehari juga dapat menurunkan berat badan dan membantu mengecilkan payudara. Ini akan memberi manfaat kesehatan pada tubuh karena mengurangi timbunan lemak.
  • Biji rami: Mengurangi hormon estrogen dapat mengecilkan payudara. Biji rami dapat berperan untuk mengurangi kadar estrogen tubuh. Manfaat lainnya juga dapat menunjang fungsi otak dan menurunkan tekanan darah.

Masker payudara

Tahukah kamu ukuran payudara dapat lebih besar karena banyak alasan. Salah satunya kulit yang “melorot”. Kondisi kulit membuat payudara terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Kamu perlu mengencangkan kulit untuk mengembalikan bentuk payudara menggunakan masker putih telur. Masker ini sangat mudah dibuat dan memberikan manfaat lain seperti hasil yang baik untuk kulit.

Kamu cukup mengocok dua putih telur dan mengoleskannya ke payudara dan biarkan 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Penggunaan bra yang tepat

Bra yang pas seperti penyangga yang kuat dan cup yang tepat akan membuat bentuk payudara lebih samar dan tampak mengecil. Kamu juga bisa menggunakan pakaian berwarna gelap jika ingin membuat payudara terlihat kecil.

Cara mengecilkan payudara dengan prosedur medis

Saat ini salah satu prosedur medis yang terkenal sebagai cara mengecilkan payudara adalah operasi mammoplasty. Yaitu prosedur menghilangkan lemak, jaringan dan kulit berlebih dari payudara.

Apa manfaat yang didapat dari operasi mengecilkan payudara?

Selain mendapatkan bentuk yang lebih kecil dan proporsional, operasi dilakukan demi mendapatkan manfaat yang menunjang kondisi kesehatan. Biasanya ini akan mengatasi keluhan orang yang memiliki payudara besar.

Keluhan tersebut antara lain:

  • Nyeri punggung, leher, dan bahu kronis hingga butuh obat pereda nyeri
  • Ruam kronis atau iritasi kulit di bawah payudara
  • Nyeri saraf
  • Aktivitas yang terbatas
  • Pandangan tentang diri yang buruk terkait dengan payudara besar
  • Kesulitan menggunakan bra dan pakaian yang pas.

Risiko mengecilkan payudara dengan operasi

Meski prosedur tersebut dapat mengatasi keluhan kesehatan, di sisi lain, operasi tersebut juga dapat menyebabkan risiko. Risiko tersebut seperti perdarahan, infeksi, reaksi negatif terhadap anestesi dan beberapa risiko lain seperti:

  • Memar pascaoperasi
  • Adanya bekas luka
  • Berkurang atau hilangnya sensasi pada puting
  • Sulit atau tidak bisa menyusui
  • Kemungkinan operasi tambahan jika ukuran payudara kanan dan kiri tidak sama

Selain yang sudah disebutkan, risiko lainnya yang perlu dipersiapkan adalah masa pemulihan yang cukup lama. Selama pemulihan kamu juga akan mengalami bengkak, memar dan nyeri pada payudara.

Kamu juga akan diminta untuk mengurangi kegiatan fisik selama dua hingga empat minggu setelah sembuh dari operasi. Serta akan disarankan untuk menghindari bra berkawat selama beberapa bulan pertama usai operasi.

Demikian penjelasan tentang cara mengecilkan payudara yang biasa dilakukan.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 22 November 2020
How to Reduce Breast Size Naturally
Mayoclinic, diakses 22 November 2020
Breast reduction surgery
Medical News Today, diakses 22 November 2020
5 natural ways to reduce breast size

    Berita Terkait
    register-docotr