Info Sehat

7 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet dan Memperpanjang Usia Lho!

September 10, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Manfaat teh hijau atau green tea sudah banyak diperbincangkan dan dipercaya oleh masyarakat di seluruh dunia. Lalu bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah merasakan manfaatnya?

Supaya lebih yakin, sebelum mengonsumsi teh hijau ada baiknya kamu mengetahui manfaat teh hijau terlebih dahulu. Simak baik-baik informasi berikut ya! 

Baca Juga: 6 Rahasia Orang Jepang Jaga Kesehatan dan Panjang Umur

Manfaat teh hijau untuk kesehatan 

1. Mencegah kanker 

Kanker terjadi ketika radikal bebas menyerang sel-sel sehat dalam tubuh, tetapi mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya antioksidan seperti teh hijau dianggap efektif untuk mencegah proses ini.

Kandungan EGCG (Epigallocatechin gallate) dalam teh hijau diketahui berperan sebagai senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. 

2. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 

Penderita diabetes tipe 2 memiliki gula darah tinggi, kondisi ini juga disebut dengan hiperglikemia. Pada penderita diabetes tipe 2, sel, otot, dan hati tidak dapat secara efektif menyerap glukosa untuk memberi energi pada tubuh. Dengan kata lain, terjadi resistensi insulin dalam tubuh. 

Nah, bila penderita diabetes tipe 2 menjalani diet sehat dan mengonsumsi teh hijau, resistensi insulin dalam tubuh dapat berkurang. Hal ini telah terbukti secara ilmiah pada 2014 dan diterbitkan dalam Iranian Journal of Medical Sciences

3. Manfaat teh hijau dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular

Berbagai penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke sudah dikenal sebagai penyakit yang banyak menyebabkan kematian. Namun, dengan rajin mengonsumsi teh hijau, kamu dapat mengurangi risiko ini lho.

Teh hijau diketahui dapat meningkatkan kapasitas antioksidan darah, yang melindungi partikel LDL dari oksidasi. Sehingga aliran darah menuju jantung tidak tersumbat. 

Bahkan penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 31 persen lebih rendah.

4. Meningkatkan fungsi otak

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi teh hijau mampu meningkatkan fungsi otak dan kewaspadaan kamu? Hal ini karena teh hijau banyak mengandung kafein sebagai bahan aktif. 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, teh hijau diketahui meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk suasana hati, kewaspadaan, dan memori. Teh hijau juga memiliki kandungan asam amino L-theanine yang efeknya seperti kafein meningkatkan fungsi otak.

Kandungan tersebut dapat menghasilkan efek anti kecemasan dalam otak sehingga kombinasinya dengan kafein sangat kuat dalam meningkatkan fungsi otak. 

Di samping itu, mengonsumsi teh hijau dipercaya dapat menimbulkan energi yang lebih stabil serta meningkatkan produktivitas dibandingkan dengan kopi.

5. Mengurangi bau mulut

Manfaat greentea lain yang bisa kamu rasakan dari konsumsi teh hijau adalah berkurangnya bau tak sedap dari mulut. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung senyawa bernama katekin yang mampu meredakannya. 

Mulut mengandung banyak bakteri yang dapat membuatnya mengeluarkan bau tak sedap. Streptococcus mutans adalah bakteri yang umum ada di dalam mulut. Bakteri yang satu ini dapat menyebabkan pembentukan plak, gigi berlubang hingga kerusakan gigi.

Namun, jangan khawatir, karena penelitian telah membuktikan katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. 

6. Manfaat teh hijau untuk diet

Kabar baik untukmu yang sedang ingin menurunkan berat badan karena teh hijau dapat membantumu mewujudkannya.

Berdasarkan penelitian, manfaat teh hijau yakni dapat meningkatkan pembakaran lemak terutama di bagian perut dan meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Sehingga penggunaan teh hijau untuk diet sangat cocok.

Meski begitu, mengonsumsi teh hijau untuk diet tidak akan membuat berat badan turun secara drastis. Untuk itu, kamu tidak bisa menjadikan teh hijau sebagai metode utama untuk menurunkan berat badan ya. Kamu tetap perlu menjaga asupan makanan dan melakukan olahraga. 

Baca juga: Ingin Mengecilkan Perut? Ini 5 Olahraga yang Perlu Kamu Coba

7. Memperpanjang usia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teh hijau dapat membantu melindungi tubuhmu dari penyakit mematikan seperti kanker atau jantung. Dengan begitu, teh hijau bisa memperpanjang usia. 

Nah itu dia, serangkaian manfaat teh hijau yang dapat kamu rasakan bila mengonsumsinya dengan rajin. Yuk, selalu jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang alami. 

Manfaat green tea untuk kecantikan

Selain dikonsumsi, green tea juga bisa digunakan sebagai bahan masker alami untuk merawat kulit lho. Green tea diketahui dapat mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulit. Tanaman ini juga cocok untuk melawan penuaan karena mengandung antioksidan.

Masker green tea akan cocok digunakan oleh kamu yang memiliki kulit berjerawat. Sifatnya yang antibakterial dan antiinflamasi mampu meredakan jerawat di kulit.

Masker green tea sudah cukup populer dan banyak dijual di pasaran. Pilih masker yang mengandung 100 persen green tea, cocok untuk segala jenis kulit, dan bebas dari pewarna. Kamu juga bisa membaut masker green tea sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami lainnya.

Cara minum teh hijau

Teh hijau tidak boleh diminum dalam keadaan perut kosong. Untuk mendapat manfaatnya, cara minum teh hijau terbaik adalah dengan menghabiskan lima cangkir setiap hari atau sekitar 720-1500 mL yang mengandung setidaknya 180 mg katekin.

Namun khusus untuk mengatasi penyakit tertentu, cara minum teh hijau akan berbeda. Berdasarkan berbagai penelitian, begini rangkumannya.

  • Tekanan darah tinggi: Rebus kantong teh 3 gram dengan 150 mL air. Minum sebanyak tiga kali sekitar dua jam setelah makan.
  • Tekanan darah rendah: Minum 400 mL teh hijau sebelum makan siang.
  • Kolesterol tinggi: Pilih teh hijau atau ekstrak teh hijau yang mengandung 150 sampai 2500 mg katekin. Minum satu kali setiap hari. 
  • Depresi: Minum sebanyak 2-4 cangkir setiap hari
  • Obesitas: Minum sebanyak 2 cangkir setiap hari
  • Diabetes: Minum sebanyak 6 cangkir setiap hari
  • Kanker mulut: Minum sebanyak 3-4 cangkir

Efek di atas mungkin berbeda pada setiap orang. Perlu diingat teh hijau tidak bisa menjadi satu-satunya jalan untuk menurunkan risiko penyakit.

Meski begitu, satu hal penting dicatat adalah orang yang rajin minum teh hijau memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik daripada yang tidak minum teh sama sekali.

Baca juga: Sederet Manfaat Teh Daun Jati Cina, Obat Jerawat hingga Pembersih Usus

Perbedaan green tea matcha dengan teh hijau

Kamu mungkin sering mendengar produk green tea matcha di pasaran. Lalu apa bedanya dengan green tea atau teh hijau biasa? Green tea matcha sebenarnya diproses dari tanaman yang sama seperti green tea biasa, yakni Camellia sinesis.

Namun pada proses pembuatannya, tanaman ini harus tumbuh di tempat teduh hingga menghasilkan daun yang biasa disebut dengan tencha. Kemudian daun teh diolah hingga menjadi bubuk. 

Proses ini meningkatkan senyawa bermanfaat pada daun yang disebut L-theanine. Senyawa ini merupakan jenis asam amino yang diperkirakan memiliki efek positif bagi kesehatan manusia.

Cara minum teh hijau yang satu ini juga berbeda. Green tea matcha harus dikocok di dalam air panas dengan pengocok teh hingga berbusa dan berwarna hijau cerah. 

Manfaat green tea matcha 

Sama dengan teh hijau, green tea matcha tentunya punya manfaat untuk kesehatan. Matcha adalah teh hijau yang terkonsentrasi sehingga manfaat green tea matcha kemungkinan sama atau bahkan lebih kuat dari teh hijau biasa. Berdasarkan penelitian, manfaat green tea matcha meliputi:

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr