Info Sehat

Sederet Manfaat Teh Daun Jati Cina, Obat Pembersih Usus

May 28, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Banyak orang mengetahui manfaat teh daun jati cina sebagai obat sembelit. Produknya pun banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek. Namun khasiatnya ternyata tidak hanya itu saja, banyak manfaat lainnya dari teh daun jati cina.

Yuk, baca penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai teh daun jati cina dan juga manfaatnya untuk tubuh.

Apa itu teh daun jati cina?

Teh daun jati cina adalah teh herbal yang berasal dari daun tumbuhan bernama jati cina atau disebut juga Senna Alexandrina atau daun senna. Tumbuhan ini kebanyakan tumbuh di daerah beriklim tropis.

Pengolahan daun senna menjadi teh herbal sudah berlangsung lama, karena dianggap memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Apa saja manfaat teh daun jati cina untuk kesehatan?

Teh ini dianggap memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Namun dari banyaknya manfaat, hanya beberapa yang sudah diakui secara medis.

Berikut beberapa manfaat teh daun jati cina yang telah diakui secara medis maupun yang belum terbukti secara medis, namun sudah dipercaya sejak lama dan masih digunakan hingga saat ini.

Sebagai pencahar

Menurut yang tertulis pada artikel medlineplus.gov, penggunaan teh daun jati cina sebagai pencahar telah disetujui oleh US Food and Drug Administration (FDA).

Alasan teh daun jati cina ampuh sebagai pencahar, karena mengandung bahan kimia yang disebut sennosides. Sennosides akan bekerja pada usus yang menyebabkan efek pencahar yang mengatasi sembelit.

Penggunaan teh daun jati cina sebagai pencahar tak memerlukan resep dokter. Kamu bisa membelinya dengan bebas dengan berbagai merek di apotik.

Meski diklaim ampuh, penggunaan teh daun jati cina hanya untuk penggunaan jangka pendek. Asosiasi produk herbal Amerika tidak menganjurkan penggunaan jangka panjang. Karena dapat menyebabkan ketergantungan menggunakan pencahar dan kerusakan hati.

Membersihkan usus

Selain sebagai pencahar, kegunaan utama teh daun jati adalah untuk membersihkan usus. Biasanya teh herbal ini digunakan bersama beberapa obat lainnya untuk membersihkan usus besar.

Pembersihan ini biasanya dilakukan sebagai persiapan melakukan kolonoskopi.

Manfaat daun teh jati cina mengatasi gangguan sistem pencernaan

Manfaat teh daun jati cina kali ini masih membutuhkan bukti ilmiah lanjutan. Namun tetap dipercaya jika teh herbal ini bisa mengatasi masalah iritasi usus dan gangguan sistem pencernaan lain. Juga bisa untuk mengatasi wasir.

Lalu apakah benar manfaat teh daun jati cina yang paling utama adalah sebagai obat diet? Sayangnya dalam dunia medis tidak ada bukti bahwa penggunaan teh ini ampuh untuk membantu proses diet.

Beberapa ada yang menggunakan sebagai obat diet, namun tidak direkomendasikan. Apalagi mengingat penggunaannya tidak boleh dalam jangka panjang. Hanya dianjurkan penggunaan selama dua minggu.

Oleh karena itu, jika kamu ingin diet atau menurunkan berat badan ali-alih minum teh daun jati cina, lebih baik mengubah pola makan.

Ubah pola makan menjadi lebih sehat, makan banyak buah dan sayuran serta protein tanpa lemak. Tak ketinggalan banyak berolahraga agar diet yang dijalankan tetap sehat.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline diakses 26 Mei 2020 What is Senna Tea?
  2. Medlineplus diakses 26 Mei 2020 Senna
  3. Webmd.com diakses 26 Mei 2020 Senna
    register-docotr