Info Sehat

Apa Itu Dimpleplasty: Cara Membuat Lesung Pipi dengan Proses Operasi Plastik?

June 16, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Beberapa orang terlihat manis karena memiliki lesung pipi. Biasanya orang-orang tersebut telah memilikinya sejak kecil. Kira-kira apakah ada cara membuat lesung pipi?

Sebelum berandai-andai membuat dan memiliki lesung pipi, yuk, cari tahu dulu apa itu lesung pipi dan bagaimana terbentuknya. 

Mengenal lesung pipi

Lesung pipi adalah cekungan kecil di permukaan kulit, yang umum ditemui di pipi. Namun, bisa juga muncul di dagu dan punggung bawah. 

Lesung pipi muncul akibat perubahan otot wajah yang disebut zygomaticus mayor. Otot ini yang membantu kamu tersenyum, yang membentuk mulut saat senyum dan terlibat dalam ekspresi wajah. 

Orang yang memiliki lesung pipi, memiliki otot zygomaticus mayor yang terbelah menjadi dua kumpulan otot. Atau yang disebut zygomaticus mayor ganda.

Satu bagian terhubung ke sudut mulut, satu bagian lagi terhubung di bawah sudut mulut dan menempel ke kulit di atas mulut. Gerakan kulit di atas zygomaticus mayor ini yang membuat adanya lesung pipi. 

Sementara pada orang tanpa lesung pipi, otot zygomaticus mayor biasanya dimulai dari tulang pipi yang disebut zygomatic. Kemudian terhubung ke sudut mulut. 

Lesung pipi terbentuk sejak dalam kandungan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa lesung pipi terbentuk karena perubahan bentuk otot. Nah, biasanya kondisi otot itu sudah terjadi sejak masih di dalam kandungan. 

Karena terjadi sejak masih di dalam kandungan, kemunculan lesung pipi dianggap sebagai turunan genetika. Seseorang yang memiliki lesung pipi bisa mewarisinya dari gen ayah dan ibu. Namun, masih ada beberapa perdebatan mengenai teori tersebut. 

Apalagi masih sangat sedikit yang benar-benar melakukan penelitian tentang kaitan genetika dengan orang yang memiliki lesung pipi. Namun, kecenderungannya adalah, jika kamu memiliki lesung pipi, anak kamu juga akan memilikinya. 

Apakah ada cara membuat lesung pipi?

Lesung pipi bukan hal yang berbahaya dan tidak terlalu banyak yang memilikinya. Menurut Healthline, dari sebuah penelitian yang melibatkan 2.300 peserta, 37 persen di antaranya memiliki lesung pipi. 

Bagaimana jika ingin seperti orang-orang yang memiliki lesung pipi tersebut? Ternyata seiring berkembangnya teknologi, kini ada cara membuat lesung pipi yang disebut dimpleplasty. 

Apa itu dimpleplasty, cara membuat lesung pipi? 

Dimpleplasty adalah cara membuat lesung pipi dengan proses operasi. Ini termasuk ke dalam jenis operasi plastik. Di Amerika, untuk melakukan dimpleplasty membutuhkan biaya sekitar 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21 juta.

Bagaimana proses dimpleplasty?

Operasi dimpleplasty bukanlah pembedahan besar. Kamu bisa melakukannya dengan cepat dan tidak membutuhkan bius total. Kamu bisa melakukannya di klinik operasi plastik terpercaya dan melakukan sejumlah tahapan seperti:

  • Pemberian anestesi lokal di permukaan kulit. Ini memastikan agar kamu tidak merasakan sakit selama operasi. 
  • Setelah pemberian anestesi, kamu perlu menunggu 10 menit, hingga anestesi bekerja. 
  • Dokter kemudian akan menggunakan alat biopsi kecil untuk membuat lubang di kulit. Membuat lesung pipi manual. 
  • Proses selanjutnya adalah, otot dan lemak di area tersebut dihilangkan. Area lesung pipi biasanya memiliki panjang sekitar 2 hingga 3 milimeter.
  • Dokter akan membentuk sedemikian rupa dan menutup luka dengan jahitan yang akan membantu mengatur ruang lesung pipi. 
  • Proses pun selesai dan kamu bisa langsung pulang ke rumah dan mengobati bekas operasi dengan perawatan rumahan. 

Setelah prosedur kamu akan mengalami pembengkakan. Kamu bisa mengompres denagn air dingin untuk mengurangi bengkak. Biasanya bengkak akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Banyak orang yang melakukan operasi ini sudah kembali beraktivitas setelah dua hari. Meski begitu, kamu butuh konsultasi lagi dengan dokter setelah beberapa minggu. 

Dokter akan melihat hasilnya dan memastikan semua dalam kondisi baik-baik dan sesuai dengan yang diinginkan. 

Apakah cara membuat lesung pipi tersebut aman? 

Dimpleplasty adalah operasi yang relatif aman. Meski tetap ada kemungkinan risiko serius. Beberapa risiko komplikasi yang mungkin terjadi antara lain:

  • Perdarahan di area yang dioperasi
  • Rusaknya saraf wajah
  • Kemerahan dan bengkak
  • Infeksi
  • Jaringan parut

Jika ingin memastikan keamanan cara membuat lesung pipi, sebaiknya konsultasikan langsung dengan ahli bedah plastik. Atau kamu bisa konsultasi secara umum terlebih dahulu. 

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 15 Juni 2021
Dimpleplasty: What You Need to Know
Healthline, diakses 15 Juni 2021
Why Do Some People Have Cheek Dimples?
Verywellhealth, diakses 15 Juni 2021
Dimple Surgery: Everything You Need to Know
Medicinenet, diakses 15 Juni 2021
What Are Dimples Caused By?

    register-docotr