Info Sehat

4 Cara Membersihkan Ginjal yang Bisa Dilakukan di Rumah

March 19, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasi seputar kesehatan saluran kemih dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik di sini!, ya!

Ginjal merupakan salah satu organ yang memainkan peran penting di dalam tubuh, sehingga kesehatannya harus selalu dijaga. Ada beberapa cara membersihkan ginjal yang bisa kamu lakukan, agar organ itu tetap optimal dalam menjalankan fungsinya.

Bukan dengan operasi atau prosedur medis, kamu bisa menjaga kebersihan ginjal dengan menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi. Yuk, simak beberapa cara membersihkan ginjal berikut ini!

Baca juga: Penyakit Ginjal: Ketahui Berbagai Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

Serba-serbi tentang organ ginjal dan fungsinya

Ginjal adalah dua organ kecil yang berada di bawah tulang rusuk. Meski ukurannya tak sebesar paru-paru, ginjal mempunyai tugas yang cukup berat. Beberapa di antaranya yaitu menyaring zat berbahaya dan racun, membuang limbah, menciptakan hormon, serta menyeimbangkan kadar elektrolit.

Ada banyak kondisi yang bisa mengganggu kinerja dari ginjal. Salah satunya adalah pembentukan kristal menyerupai batu di area sekitarnya. Dengan menjaga kebersihan ginjal, kristal-kristal tersebut akan sulit terbentuk.

Apa itu detox ginjal?

Ginjal merupakan bagian dari sistem penyaringan alami untuk tubuh yang bekerja membuang limbah, racun, dan kelebihan air dari darah. Sebenarnya, ginjal juga punya cara membersihkan dirinya sendiri saat tubuh memiliki cukup cairan.

Detox atau cara membersihkan ginjal dapat dilakukan dengan melibatkan konsumsi makanan dan herbal tertentu yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal.

Pendukung pembersihan ginjal mengatakan bahwa makanan, minuman, dan diet tertentu dapat mendetoksifikasi ginjal dan tubuh. Namun, saat ini hanya ada sedikit penelitian ilmiah untuk mendukung klaim tersebut.

Baca Juga : Daftar Jenis-jenis Penyakit Ginjal yang Sering Terjadi dan Wajib Diketahui

Tanda ginjal kamu bermasalah dan butuh detox

Melansir National Kidney Foundation, berikut 10 tanda ginjal kamu bermasalah dan mungkin menderita penyakit ginjal tertentu.

1. Letih dan sulit berkonsultasi

Tanda ginjal kamu butuh detox yang pertama adalah kamu merasa kekurangan energi. letih, dan kesulitan berkonsentrasi. Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah.

Hal ini dapat menyebabkan kamu merasa lelah, lemah, dan sulit berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Susah tidur

Ketika ginjal tidak memfilter dengan baik, racun tetap berada di dalam darah dan tidak keluar dari tubuh melalui urin. Kondisi ini bisa membuat kamu sulit tidur.

Ada kaitan erat antara obesitas dan penyakit ginjal kronis, dan apnea tidur lebih sering terjadi pada mereka yang menderita penyakit ginjal kronis, dibandingkan dengan populasi umum.

3. Kulit kering dan gatal

Kondisi kulit juga bisa mengindikasikan kesehatan ginjal kamu. Ginjal yang sehat melakukan banyak tugas penting.

Mulai dari menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat, dan bekerja untuk menjaga jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal tahap lanjut, ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

4. Lebih sering buang air kecil

Tanda kamu butuh detox ginjal yang lain adalah dorongan untuk buang air kecil yang lebih sering, terutama pada malam hari.

Ketika filter ginjal rusak, itu dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kencing atau pembesaran prostat pada pria.

5. Terdapat darah dalam urine

Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel-sel darah di dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urine.

Tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini dapat mulai “bocor” ke urine. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urine bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

6. Kencing berbusa

Gelembung yang berlebihan dalam urine, terutama yang mengharuskan kamu untuk menyiramnya beberapa kali sebelum hilang dapat menjadi indikator tingginya protein dalam urine.

Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang kamu lihat saat mengocok telur, karena protein umum yang ditemukan dalam urine yakni albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan dalam telur.

Baca juga : Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Urine Berbusa yang Harus Diwaspadai

7. Mata bengkak

Protein dalam urine merupakan tanda awal bahwa filter ginjal telah rusak, sehingga protein dapat bocor ke dalam urine.

Bengkak di sekitar mata ini bisa disebabkan oleh fakta bahwa ginjal kamu mengeluarkan sejumlah besar protein dalam urine, bukannya menyimpannya di dalam tubuh.

8. Kaki bengkak

Pergelangan dan telapak kaki yang bengkak juga bisa jadi tanda ginjal kamu bermasalah dan butuh detox.

Ini karena penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, yang menyebabkan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki kamu.

Pembengkakan di ekstremitas bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah pembuluh darah kaki kronis.

9. Nafsu makan buruk

Nafsu makan juga bisa menjadi indikator masalah pada ginjal. Ini adalah gejala yang sangat umum, tetapi penumpukan racun akibat penurunan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

10. Kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dapat terjadi akibat gangguan fungsi ginjal. Misalnya, kadar kalsium yang rendah dan fosfor yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kram otot.

Cara membersihkan ginjal secara alami

Seperti yang telah disebutkan, menjaga kebersihan ginjal tak perlu dengan operasi atau prosedur medis lainnya. Berikut 5 cara membersihkan ginjal yang mudah dilakukan di rumah:

1. Rajin minum air putih

Cara membersihkan ginjal yang paling mudah adalah dengan rajin minum air. Mengutip dari Healthline, sebagai organ yang bertanggung jawab atas proses filtrasi, air sangat dibutuhkan untuk membantu mengeluarkan zat sisa melalui urine.

Tubuh manusia sendiri terdiri dari hampir 60 persen air. Jika kadarnya kurang, maka urine akan sulit terbentuk. Akibatnya, zat-zat sisa akan sulit untuk dibuang. Lama-kelamaan hal ini bisa memicu pembentukan kristal-kristal kecil atau yang lebih populer dengan sebutan batu ginjal.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, orang dewasa butuh setidaknya mengkonsumsi air sebanyak 3.7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita per hari. Selain dari air putih, kamu juga memenuhinya lewat buah-buahan kaya air, misalnya semangka.

Baca Juga : Minum Banyak Air Memang Bisa Cegah Penyakit Ginjal, Tapi ada Batasnya Lho!

2. Cara membersihkan ginjal dengan perbanyak konsumsi buah-buahan

Cara membersihkan ginjal berikutnya adalah dengan memperbanyak asupan buah. Bukan tanpa alasan, buah merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Anggur misalnya, mengandung senyawa resveratrol yang bisa menurunkan risiko peradangan pada ginjal.

Begitu pula dengan cranberry, dapat menjaga kesehatan ginjal dan organ lainnya yang tersusun dalam sistem kemih.

Selain cranberry dan anggur, kamu juga bisa rajin mengonsumsi lemon, jeruk, serta melon. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, sehingga bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Ada dua alternatif cara untuk mengonsumsinya, yaitu memakan langsung atau diolah menjadi jus. Konsumsi buah setiap hari akan memberikan efek yang menyehatkan.

3. Pilih makanan tinggi kalsium untuk detox ginjal

Selain buah-buahan, kamu bisa mulai mempertimbangkan mengonsumsi makanan tinggi kalsium.

Mengutip dari Healthline, kalsium adalah nutrisi yang bisa mengikat senyawa oksalat untuk mengurangi proses penyerapan dan ekskresi. Dengan begitu, pembentukan kristal atau batu ginjal bisa diminimalkan.

Asupan kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1,2 gram. Kamu bisa mendapatnnya dari beberapa makanan yaitu almond, sereal, serta olahan kedelai seperti tahu dan edamame.

Baca juga: Kaya akan Kalsium, Manfaat Tempe Bisa Tingkatkan Kesehatan Tulang Lho!

4. Cara membersihkan ginjal dengan minum teh herbal

Cara membersihkan ginjal yang terakhir adalah dengan teh herbal. Beberapa teh herbal memiliki khasiat yang menakjubkan untuk ginjal. Teh ini biasanya tidak memiliki efek samping, karena terbuat dari bahan alami seperti tanaman.

Teh herbal yang sering digunakan untuk membersihkan ginjal umumnya terbuat dari ekstrak daun jelatang dan tanaman sambong. Dua bahan alami ini mudah ditemukan di negara-negara tropis, termasuk Indonesia.

Teh dari bunga hortensia (hydrangea) juga cukup efektif memberi perlindungan terhadap ginjal. Di Indonesia, bunga ini lebih populer dengan sebutan kembang bokor, sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Adakah risiko dari detox atau cara membersihkan ginjal?

Program pembersihan ginjal umumnya mendorong orang untuk mengonsumsi makanan yang lebih menyehatkan, seperti buah-buahan dan sayuran.

Namun, meskipun pendukung pembersihan ginjal mengatakan bahwa detox ginjal menawarkan banyak manfaat kesehatan, hanya ada sedikit penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini.

Bahkan ada kasus pria berusia 67 tahun mengalami hiponatremia parah, atau kadar natrium rendah dalam darah, saat melakukan pembersihan ginjal.

Jadi sebelum kamu memutuskan untuk melakukan detox ginjal, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Cara merawat ginjal agar tetap sehat

Selain melakukan detox untuk membersihkan ginjal, kamu juga bisa melakukan beberapa cara untuk menjaga organ ini berkerja dengan baik.

Berikut adalah beberapa metode yang didukung sains untuk merawat ginjal tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit ginjal:

  • Hindari merokok, konsumsi alkohol, dan kafein yang berlebihan
  • Pertahankan tekanan darah dan kadar gula darah normal
  • Jaga kolesterol Anda tetap terkendali
  • Minum cukup air dan cairan lainnya
  • Pertahankan berat badan yang sehat
  • Kurangi atau hindari makanan cepat saji
  • Hindari pemanis buatan
  • Kurangi atau hindari protein hewani seperti daging sapi, babi, dan jeroan

Meskipun tidak ada bukti bahwa cara membersihkan atau detox ginjal dapat membantu mencegah batu ginjal, kamu dapat mengurangi risiko dengan mendapatkan cukup cairan dan mengurangi asupan natrium.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan ginjal yang bisa kamu lakukan di rumah. Kebiasaan gaya hidup seperti makan terlalu banyak makanan olahan, minum alkohol atau soda sebagai pengganti air, dan kurang tidur dapat memberikan tekanan ekstra pada ginjal.

Yang mengharuskan mereka untuk bekerja lembur. Dengan memperbaiki pola makan dan menambah asupan air, kamu dapat membantu ginjal dan kesehatan kamu kembali ke kondisi terbaiknya.

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasi seputar kesehatan saluran kemih dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik di sini!, ya!

Reference

Healthline, diakses 30 Agustus 2020, Doing a Natural Kidney Cleanse at Home.

Medical News Today, diakses 30 Agustus 2020, What to know about kidney cleanses.

National Kidney Foundation. Diakses pada 19 Maret 2021. 10 Signs You May Have Kidney Disease

Verywell Helath. Diakses pada 19 Maret 2021. Before You Try a Kidney Cleanse

Mind Body Green. Diakses pada 19 Maret 2021. Is A Kidney Detox Really Necessary? How To Cleanse Your Kidneys Safely & Effectively

    register-docotr