Info Sehat

Daftar Jenis-jenis Penyakit Ginjal yang Sering Terjadi dan Wajib Diketahui

March 7, 2021 | Nanda Hadiyanti
feature image

Pada dasarnya penyakit ginjal adalah masalah kesehatan yang memengaruhi ginjal dalam menjalankan tugasnya. Namun, meski umumnya hanya disebut penyakit ginjal, ternyata ada jenis-jenis penyakit ginjal yang bisa dibedakan berdasarkan penyebabnya. 

Penyakit ginjal sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, akan tetapi yang sering terjadi disebabkan oleh masalah kesehatan lain, seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan kondisi kronis lainnya. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis penyakit ginjal yang sering terjadi. 

Mengenal penyakit ginjal

Ginjal adalah organ yang berperan dalam penyaringan produk limbah, kelebihan air dan kotoran dari darah. Kotoran atau limbah yang tersaring kemudian dikeluarkan dari tubuh saat buang air kecil. 

Ginjal juga mengatur kadar garam, kalium dan keasaman di dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. 

Jika fungsi-fungsi tersebut terganggu, maka akan terjadi penyakit ginjal. Penyakit ginjal sendiri adalah kondisi yang banyak dialami, bahkan dilansir dari Healthline, ada sekitar 26 juta orang dewasa di Amerika yang mengalaminya. 

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis penyakit ginjal yang sering terjadi beserta penyebabnya. 

Jenis-jenis penyakit ginjal 

Meski terbagi ke dalam beberapa jenis, pada akhirnya penyakit ginjal ini akan mengganggu fungsi ginjal. Apabila kondisi tersebut tidak diatasi dapat semakin parah dari waktu ke waktu, sampai akhirnya ginjal bisa kehilangan kemampuan untuk melakukan fungsinya. 

Berikut jenis-jenis penyakit ginjal yang perlu kamu ketahui dan yang sering terjadi. 

Penyakit ginjal kronis

Di antara jenis-jenis penyakit ginjal, ini adalah yang paling umum terjadi. Ada beberapa yang menyebabkan kondisi ini. N,amun biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Diabetes juga mungkin menyebabkan kondisi ini.

Darah tinggi menyebabkan pembuluh darah bernama glomerulus mendapat tekanan lebih, yang jika dibiarkan, lama kelamaan akan memengaruhi fungsinya dalam menyaring limbah darah. 

Kondisi ginjal akan memburuk seiring waktu dan akhirnya dapat menyebabkan ginjal tidak bisa lagi menyaring limbah darah. Sehingga orang yang mengalaminya perlu menjalani dialisis atau cuci darah.

Sayangnya, dialisis hanya membantu tapi tidak menyembuhkan penyakit ginjal. Dalam kondisi yang buruk, pasien bisa direkomendasikan melakukan transplantasi ginjal dan pengobatan lainnya. 

Batu ginjal

Selain penyakit ginjal kronis, batu ginjal juga termasuk yang sering terjadi di antara jenis-jenis penyakit ginjal lainnya. Kondisi ini terjadi disebabkan oleh mineral dan zat lain di dalam darah mengkristal di ginjal. 

Kemudian mineral dan zat itu menjadi batu, yang dapat menimbulkan rasa sakit pada penderitanya. Batu ginjal biasanya akan melewati atau bahkan tersangkut di saluran urine (ureter) dan menyebabkan sakit pada penderitanya. 

Namun, batu ginjal dapat diobati dengan beberapa cara pengobatan. Bisa dengan obat-obatan, prosedur ureteroskopi atau pemecahan batu, operasi terbuka atau tindakan medis lainnya. 

Glomerulonefritis

Sudah disebutkan sebelumnya, jika ginjal memiliki bagian yang bernama glomerulus, tempat penyaringan limbah dalam darah. Kondisi glomerulonefritis ini terjadi disebabkan oleh infeksi, obat-obatan atau kelainan bawaan pada seseorang. 

Tidak selalu pertanda buruk, karena pada beberapa pasien kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya. Meski tak sebanyak penyakit ginjal kronis dan batu ginjal, masalah pada glomerulus adalah salah satu yang umum terjadi. 

Penyakit ginjal polikistik

Bisa dibilang ini adalah salah satu dari berbagai jenis-jenis penyakit ginjal yang disebabkan oleh kelainan genetik. 

Di mana terdapat banyak kista yang tumbuh di ginjal. Kista tersebut dapat mengganggu fungsi ginjal, dan apabila tidak diatasi akan menyebabkan kondisi memburuk hingga terjadinya gagal ginjal, alias hilangnya kemampuan ginjal untuk berfungsi. 

Pielonefritis termasuk ke dalam jenis-jenis penyakit ginjal

Ini adalah kondisi saat penyakit infeksi saluran kemih (ISK) memburuk dan memengaruhi ginjal. Jika sudah merambat dan tidak ditangani dengan baik, kondisi ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal. 

Namun, ISK adalah penyakit yang sebenarnya dapat diatasi, jika didiagnosis lebih awal. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi di saluran kemih. 

Demikian informasi tentang jenis-jenis penyakit ginjal yang sering terjadi. Jika kamu mengalami gejala seperti lelah, sulit konsentrasi, nafsu makan memburuk, bengkak di sekitar mata, kram otot, hingga sering buang air kecil, cobalah konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatanmu. 

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 1 Maret 2021
Kidney Health and Kidney Disease Basics
Healthline, diakses 1 Maret 2021
Everything You Need to Know About Kidney Failure
Mayoclinic, diakses 1 Maret 2021
Chronic kidney disease
WebMd, diakses 1 Maret 2021
Kidney Disease
MedlinePlus, diakses 1 Maret 2021
Kidney Diseases

    register-docotr