Info Parenting

Apa Fungsi Inkubator Bayi & Kapan Alat Ini Dibutuhkan?

March 7, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pemahaman paling sederhana mengenai inkubator bayi adalah tempat untuk bayi yang baru lahir dan sakit. Namun, alat ini bukan cuma sekadar tempat si Kecil tidur, lho!

Apa itu inkubator bayi?

Inkubator merupakan alat yang didesain untuk menciptakan keamanan dan ruang untuk bayi menetap sambil organ-organ vital mereka berkembang. Biasanya inkubator dipakai oleh bayi yang lahir lebih cepat atau prematur.

Oleh karena itu, inkubator akan menyediakan lingkungan atau sarana penunjang si Kecil untuk tumbuh. Sarana ini bisa diatur agar mampu memberikan suhu, oksigen, kelembapan dan cahaya yang ideal untuk bayi yang tinggal di sana.

Tanpa lingkungan dan sarana yang bisa dikontrol secara spesifik ini, banyak bayi yang tidak bisa selamat, terutama yang lahir secara prematur. 

Bisa dibilang, inkubator ini adalah rahim kedua yang dibentuk untuk melindungi bayi dan menyediakan kondisi optimal untuk pertumbuhan mereka.

Apa fasilitas dalam inkubator?

Selain memberikan lingkungan dan sarana penunjang bayi tumbuh, inkubator pun memberikan perlindungan dari alergen, jamur, suara bising dan cahaya yang dapat menyakiti si Kecil.

Inkubator pun memiliki kemampuan untuk mengontrol kelembapan yang membuat kulit bayi tetap terlindung dan tidak kehilangan terlalu banyak tingkat air sehingga bisa menyebabkan pecah-pecah.

Inkubator juga dilengkapi dengan peralatan untuk memantau banyak hal, termasuk suhu dan detak jantung si Kecil. Kemampuan ini memungkinkan dokter dan tenaga medis untuk memantau perkembangan kesehatan si Kecil.

Kapan inkubator bayi dibutuhkan?

Inkubator merupakan layanan yang terdapat di ruang neonatal intensive care unit (NICU) atau ruang perawatan intensif khusus untuk bayi yang baru lahir. 

Inkubator akan dikombinasikan dengan alat dan prosedur lain untuk memastikan bayi yang tinggal di dalamnya mendapatkan lingkungan dan sarana yang dibutuhkan dan pengawasan secara terus-menerus.

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi membutuhkan alat ini. Di antaranya adalah:

Bayi yang lahir prematur

Bayi yang lahir prematur bisa jadi membutuhkan waktu tambahan untuk membentuk paru-paru dan organ vital mereka yang lain. 

Si Kecil yang lahir prematur biasanya memiliki mata dan gendang telinga yang sensitif terhadap cahaya dan suara normal yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ-organ ini.

Selain itu, bayi yang lahir terlalu dini tidak akan memiliki waktu untuk membentuk lemak di bawah kulit dan akan membutuhkan pertolongan yang dapat menjaga mereka tetap hangat.

Masalah pernapasan

Terkadang bayi lahir dengan cairan atau mekonium di paru-paru mereka. Kondisi ini dapat berujung pada infeksi dan sulit bernapas.

Bayi yang baru lahir pun terkadang memiliki paru-paru yang belum matang atau belum tumbuh dengan sempurna sehingga membutuhkan pengawasan dan oksigen ekstra.

Inkubator untuk bayi infeksi

Inkubator dapat menurunkan peluang infeksi jamur dan lainnya saat si Kecil sedang dalam proses pemulihan dari sakit.

Alat ini juga bisa memberikan ruang yang aman dengan pengawasan setiap waktu untuk si Kecil yang membutuhkan beberapa suntikan obat, cairan atau yang lainnya.

Bayi yang terkena efek diabetes di masa kehamilan

Situs kesehatan Healthline menyebut banyak dokter yang akan menginkubasi bayi yang lahir dari ibu yang mengalami diabetes di masa kehamilan.

Dengan demikian, si Kecil akan dapat merasa nyaman dan hangat sambil dokter mengawasi gula darah mereka.

Bayi lahir kuning

Beberapa inkubator dilengkapi dengan cahaya khusus yang dapat mereduksi jaundice atau kulit dan mata bayi yang menguning.

Bayi lahir kuning adalah kondisi yang umum dan dapat terjadi saat si Kecil memiliki level bilirubin yang tinggi. Bilirubin adalah pigmen warna kuning yang dihasilkan dari pemecahan sel darah merah yang normal.

Bayi yang lahir lama

Si Kecil bisa jadi membutuhkan pengawasan yang terus menerus dan topangan medis tambahan kalau mengalami trauma.

Untuk itulah inkubator dapat memberikan lingkungan yang mirip dengan rahim untuk membuat bayi pulih dari trauma yang bisa disebabkan dari persalinan yang bermasalah atau lama.

Bayi kurang berat badan

Walaupun si Kecil tidak lahir prematur, bisa saja dia lahir dengan berat badan yang sangat kurang. Kondisi ini pun bisa menyebabkan si Kecil tidak bisa mempertahankan kehangatan tanpa bantuan inkubator.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang inkubator bayi yang perlu diketahui jika kamu berencana untuk memiliki bayi. Selalu jaga kesehatan di masa kehamilan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 28 Februari 2021. Incubators for Babies: Why They’re Used and How They Work
  2. Healthline, diakses 28 Februari 2021. Types of Procedures in the Neonatal Intensive Care Unit
    register-docotr