Info Sehat

Alami dan Ampuh! Ini 7 Cara Memanjangkan Rambut Tanpa Rontok

January 12, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Entah karena memotong rambut terlalu pendek atau sedang mengalami kerontokan, kaum wanita dikenal senang mencari tahu bagaimana cara memanjangkan rambut secara cepat.

Mungkin ini dikarenakan rambut yang panjang bisa membuat wanita merasa lebih cantik dan percaya diri.

Kabar baiknya, memanjangkan rambut ternyata tak melulu harus dilakukan dengan pergi ke salon yang mahal, lho. Beberapa cara di bawah ini juga terbilang ampuh memanjangkan rambut, tanpa perlu biaya yang banyak.

Baca juga: Ampuh Atasi Kerontokan, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Seberapa cepat rambut benar-benar tumbuh?

Dilansir Healthline, American Academy of Dermatology mengatakan bahwa rambut tumbuh rata-rata sekitar 1,27 cm per bulan.

Itu berarti dalam setahun, rambut bisa tumbuh sekitar 15 cm di kepala kamu. Seberapa cepat rambut tumbuh sangat bergantung pada usia, jenis rambut, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Cara memanjangkan rambut yang tepat dan sehat

Berikut adalah beberapa tips untuk memanjangkan rambut secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah:

Sering-seringlah melakukan trim

Ini mungkin tampak berlawanan dengan tujuan yang ingin kamu capai. Tapi percayalah, bahwa jika kamu menginginkan rambut panjang yang sehat, maka kamu perlu memangkasnya secara rutin.

Disebut dengan istilah trim, yang perlu kamu lakukan hanya memotong rambut untuk menghilangkan ujung bercabang yang membuatnya mudah patah. Dengan begitu, secara tidak langsung, rambut pun akan tumbuh lebih panjang dan sehat seiring dengan berjalannya waktu.

Cara memanjangkan rambut dengan minum suplemen ginseng merah

Penggunaan ginseng merah, yang dikonsumsi sebagai suplemen, terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan folikel rambut yang pada akhirnya membuat rambut menjadi panjang dengan lebih cepat.

Meskipun hingga saat ini para peneliti belum mengetahui penyebab pastinya, namun mereka menduga bahwa hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya rangsangan tidak langsung pada folikel rambut.

Apabila kamu ingin memanjangkan rambut dengan cara ini, ada baiknya untuk memastikan bahwa suplemen ini tidak akan berinteraksi negatif dengan obat atau kondisi kesehatan yang kamu miliki.

Makan makanan yang mengandung asam lemak

Memiliki rambut yang panjang dan kuat tidak hanya bergantung pada produk yang kamu pakai sehari-hari. Namun juga sangat berkaitan dengan makanan apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh.

Salah satu makanan yang dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat dan panjang adalah yang mengandung asam lemak omega-6.

Studi menunjukkan bahwa asam lemak omega-6 telah terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan membantu mempercepat produksi folikel.

Jadi kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung senyawa ini, misalnya kenari, biji bunga matahari, minyak biji anggur, kacang pinus, minyak jagung, dan sejenisnya.

Memakai viviscal sebagai cara memanjangkan rambut

Ini merupakan suplemen pertumbuhan rambut alami yang mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Studi menunjukkan bahwa viviscal terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut pada wanita yang mengalami penipisan sementara.

Bahkan, dilansir dari Medical News Today, penelitian lebih lanjut juga menunjukkan kemampuan viviscal dalam mengurangi kerontokan rambut.

Selain dalam bentuk suplemen, viviscal juga banyak dijual dalam bentuk sampo dan kondisioner.

Minyak geranium

Geranium ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Minyak dari tumbuhan yang cantik ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak geranium ke dalam sampo atau kondisioner yang biasa dipakai sehari-hari untuk membuat rambut tumbuh lebih panjang dalam waktu yang singkat.

Minyak kelapa

Selain bisa membantu mengatasi berbagai jenis kerusakan rambut, minyak kelapa juga sejak lama telah banyak digunakan sebagai produk perawatan rambut agar tumbuh lebih sehat dan cepat.

Kamu bisa memakainya baik sebelum maupun sesudah keramas. Caranya adalah dengan meneteskan minyak kelapa ke kulit kepala, lalu pijat kepala secara lembut selama beberapa menit. Terakhir bilas menggunakan sampo dan air hangat.

Hati-hati saat menyisir rambut basah

Rambut sangat rentan patah saat basah, dan ini akan menyulitkan rambut untuk tumbuh panjang.

Oleh karena itu usahakan untuk menyisir rambut sebelum keramas untuk mengurangi risiko rambut sulit disisir setelahnya. Tips ini akan efektif mencegah rambut rontok dan membantu rambut tumbuh panjang dengan sehat dan terawat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

What are the options for natural hair regrowth?, https://www.medicalnewstoday.com/articles/320155 diakses pada 4 Januari 2021

How to Grow Hair Faster: 6 Tips for Growth, https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster#hair-growth-tips diakses pada 4 Januari 2021

What to know about hair growth, https://www.medicalnewstoday.com/articles/326764#speeding-up-hair-growth diakses pada 4 Januari 2021

15 Simple Ways to Make Your Hair Grow Longer, Faster, According to Experts, https://www.goodhousekeeping.com/beauty/hair/a34377/how-to-grow-hair-faster-tips/ diakses pada 4 Januari 2021

    register-docotr