Info Sehat

Punya Masalah Pencernaan? Begini Cara Detox Usus Mudah dan Alami

July 28, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Cara detox usus perlu diketahui karena bisa menjamin kesehatan pencernaan yang optimal, lho! Aspek-aspek tertentu dari pembersihan usus mungkin bermanfaat, seperti membantu masalah sembelit atau kesulitan buang air besar.

Namun, penelitian mengenai pembersihan usus masih terbatas dan menyebabkan kemungkinan adanya efek samping. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut yuk simak cara detox usus berikut ini.

Baca juga: Gatal dan Sakit Tenggorokan? Ini Bisa Jadi Penyebab Batuk Kering, Lho

Bagaimana cara detox usus yang aman?

Berbagai cara detox tubuh dapat dilakukan, yakni dengan membeli produk pembersih usus atau mendapatkan irigasi kolon. Jika tidak, kamu bisa melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan atau membersihkan kesehatan usus besar secara alami di rumah.

Pembersihan usus besar secara alami bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa cara alami menjaga kesehatan pencernaan dengan melakukan detox tubuh.

Konsumsi banyak cairan

Minum banyak air dan tetap terhidrasi merupakan cara yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika ingin melakukan pembersihan usus, maka biasanya direkomendasikan untuk mengonsumsi enam hingga delapan gelas air hangat setiap harinya.

Selain konsumsi cairan, cobalah makanan banyak buah dengan kadar air tinggi, seperti semangka dan tomat. Faktanya, masih banyak makanan yang bisa membantu membersihkan usus besar secara alami melalui diet.

Minum air asin

Cara detox tubuh bisa juga dilakukan dengan rutin mengonsumsi air asin. Konsumsi air asin sangat direkomendasikan untuk orang yang sedang mengalami masalah sembelit dan ketidakteraturan dalam buang air besar.

Sebelum makan di pagi hari, campurkan 2 sendok teh garam ke dalam air hangat. Minumlah air dengan cepat saat perut kosong dan dalam beberapa menit kamu akan merasa ingin pergi ke kamar mandi. Lakukan hal ini pada pagi dan sore hari untuk membersihkan detox usus secara maksimal.

Diet tinggi serat

Serat merupakan makronutrien penting yang sering diabaikan dalam mengonsumsi makanan. Biasanya, serat mudah ditemukan pada beberapa makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Tumbuhan yang mengandung selulosa dan serat juga dapat membantu memperbesar materi berlebih di usus besar. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi untuk membantu usus besar tetap sehat.

Jus dan smoothie

Jus merupakan pembersih usus besar yang populer karena banyak dikonsumsi orang. Campuran jus yang mengandung serat dan nutrisi juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Cara detox usus dengan jus dan smoothie bisa membantu menahan air untuk membantu menghidrasi dan menjaga keteraturan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Beberapa jus populer yang bisa mendetox usus adalah jus apel, jus lemon, dan jus sayuran. Selain itu, ahli gizi juga merekomendasikan smoothie untuk dikonsumsi secara rutin.

Cara detox usus dengan teh herbal

Cara detox tubuh yang bisa kamu ikuti lainnya adalah dengan mencoba teh herbal guna membantu kesehatan pencernaan. Herbal pencahar, seperti psyllium, lidah buaya, dan akar marshmallow dikenal mampu mengatasi masalah sembelit.

Cobalah salah satu teh herbal dengan rutin mengonsumsinya agar masalah pencernaan bisa dihilangkan. Pastikan juga untuk mengikuti anjuran dari dokter secara seksama sebelum menggunakan ramuan herbal lainnya.

Probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam makanan merupakan cara detox usus lainnya yang bisa dilakukan. Nah, probiotik sendiri bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen tertentu. Sementara itu, kamu juga perlu banyak konsumsi makanan kaya probiotik, seperti yoghurt, kimchi, dan acar. 

Probiotik memperkenalkan bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Kandungan ini juga akan mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan, yakni dua elemen kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

Baca juga: Tiroid Terlalu Aktif, Apa Efeknya Bagi Kesehatan Tubuh?

Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan detox usus?

Cara detox tubuh yang digabungkan dengan puasa dapat meningkatkan frekuensi penggunaan dan berisiko tinggi menyebabkan efek samping. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan harus menjaga asupan nutrisi rendah, maka hindari konsumsi air asin.

Tak hanya itu, beberapa efek samping akibat pembersihan secara intensif, meliputi mual, muntah, pusing, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, dan kram. Apabila salah satu dari gejala mulai dirasakan, segera hentikan pembersihan dan temui dokter ahli.

Bicarakan dengan dokter sebelum membuat perubahan pada diet untuk kesehatan usus besar. Pastikan juga untuk berhati-hati ketika mengonsumsi teh herbal karena beberapa tumbuhan dapat menghambat atau memengaruhi obat-obatan tertentu.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 23 Juli 2020. How to Do a Natural Colon Cleanse at Home
  2. Webmd (2020), diakses 23 Juli 2020. Colon Cleanse
    Berita Terkait
    register-docotr