Daftar Makanan Tinggi Serat untuk Puasa yang Baik Dikonsumsi

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Sudahkah kamu mengonsumsi makanan tinggi serat untuk puasa? Kamu memerlukan makanan ini, karena dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. 

Kondisi tersebut tentu saja membantu kamu untuk menjalani ibadah puasa dengan durasi sekitar 14 jam.

Sebelum lebih jauh membahas makanan serat tinggi untuk puasa, ada baiknya lebih dulu mengetahui apa itu serat. 

Apa itu serat?

Serat adalah jenis yang hampir sama seperti karbohidrat. Karena serat dapat memberikan energi pada tubuh.

Namun bedanya dari karbohidrat yang bisa diserap tubuh, serat tidak akan dikeluarkan kembali dari tubuh. Serat juga memiliki kalori yang lebih rendah. 

Dari jenisnya ada 2 macam serat:

  • Serat larut air atau soluble fiber

Serat jenis ini akan berubah menjadi gel dan menyerap air saat dicerna. Mengonsumsinya akan membantu memperlancar pencernaan. 

  • Serat tidak larut air atau insoluble fiber

Merupakan serat yang tidak akan berubah bentuk saat proses pencernaan dan tidak larut dalam air. 

Kedua jenis serat ini dibutuhkan tubuh karena memiliki banyak manfaat. Selain membuat perut kenyang lebih lama, berikut beberapa manfaat serat lainnya. 

Manfaat makanan tinggi serat untuk puasa

  • Selain dapat membuat kamu kenyang lebih lama, makanan berserat juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Serat juga dapat membantu membersihkan penumpukan yang ada di usus. Sehingga akan mengurangi resiko kanker usus besar
  • Karena sifatnya yang cepat membuat kenyang dan bertahan lebih lama, mengonsumsi serat juga dapat membantu mengontrol pola makan. Ini dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal
  • Makanan tinggi serat juga berperan penting dalam sistem pencernaan. Sehingga membantu kamu terhindar dari sembelit saat puasa. 

Di mana bisa mendapatkan makanan tinggi serat?

Serat dengan mudah didapati pada berbagai jenis buah dan juga sayuran. Kamu juga bisa mendapatkan serat dari berbagai jenis kacang-kacangan dan juga gandum. 

Berikut makanan berserat sesuai jenisnya:

Sayuran

  • Bayam
  • Brokoli
  • Jamur
  • Kentang
  • Kol atau kubis
  • Labu
  • Lobak
  • Selada
  • Wortel

Buah-buahan

  • Apel
  • Alpukat
  • Persik
  • Pisang
  • Pir
  • Tin atau ara
  • Buah yang dikeringkan

Kacang-kacangan

  • Almond
  • Biji bunga matahari
  • Buncis
  • Kacang polong
  • Kacang merah
  • Legum
  • Pistachio

Makanan sumber gandum

  • Roti gandum
  • Oatmeal
  • Sereal
  • Pasta gandum

Dari daftar di atas kamu bisa memilih sendiri makanan mana yang mau kamu konsumsi. Namun dari daftar di atas, berikut beberapa makanan yang sebaiknya kamu konsumsi di saat puasa. 

Makanan serat tinggi untuk puasa yang perlu dikonsumsi

Alpukat

Alpukat termasuk dalam serat larut, sehingga baik untuk dikonsumsi selama puasa. Selain itu, alpukat juga dapat membantu mengurangi resiko sakit jantung. 

Di luar alasan kesehatan, alpukat mudah ditemukan dengan harga terjangkau. Saat puasa seperti ini, kamu bisa menyajikannya sebagai hidangan berbuka puasa, bersama dengan buah-buahan lain. 

Atau bisa juga menyajikannya sebagai campuran salad, jika kamu menyukainya. 

Oatmeal

Selain memberi efek kenyang lebih lama karena termasuk makanan tinggi sarat, oatmeal juga kaya akan kandungan nutrisi. 

Di dalam oatmeal terkandung juga karbohidrat, protein dan vitamin. Oatmeal juga baik untuk pencernaan karena termasuk serat larut air.

Sementara dari sisi penyajian, oatmeal bisa dikreasikan dalam berbagai menu. Cocok untuk disantap saat sahur sebagai pengganti nasi, karena oatmeal juga mengenyangkan. Namun memiliki efek kenyang lebih lama dan kalori lebih rendah dari nasi.

Brokoli

Sama seperti oatmeal, brokoli juga kaya akan nutrisi. Satu tangkup brokoli dengan berat 91 gram mengandung 6 gram karbohidrat, 2.5 protein, 31 kalori dan 2.4 gram serat. 

Brokoli juga mengandung vitamin C yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu kamu tetap sehat selama berpuasa.

Ubi

Makanan yang satu ini rasanya akan selalu melengkapi sepanjang puasa Ramadan. Berbagai macam makanan berbuka puasa seperti kolak atau biji salak menggunakan bahan makanan satu ini. 

Jika kamu tidak menyukai ubi, ada baiknya kamu mempertimbangkannya sebagai salah satu makanan tinggi serat untuk puasa. Karena termasuk serat larut yang dapat melancarkan penceranaan. Ubi juga mengandung vitamin B dan C. 

Vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan, sementara vitamin B berguna untuk menambah stamina. Ini bisa membuat mood-mu terjaga meski haru berpuasa seharian penuh. 

Pisang

Sama seperti ubi, pisang juga buah yang kerap dijumpai selama bulan Ramadan. Karena itu bukan hal yang sulit jika memasukkannya ke dalam daftar makanan tinggi serat untuk puasa. 

Jenisnya yang memiliki serat larut air akan membantu pencernaan sehat selama puasa. Pisang juga bisa membantumu merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu meningkatkan kadar gula darah yang sehat.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar makanan tinggi serat? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

  1. Mayoclinic.org diakses 24 April 2020 Dietary fiber: Essential for a healthy diet
  2. Medlineplus.gov diakses 24 April 2020 High-fiber Foods 
  3. Healthline.com diakses 24 April 2020 22 High-Fiber Foods You Should Eat 
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin