Info Sehat

Bukan Cuma Diminum, Ini Berbagai Manfaat Mandi Air Rebusan Serai Bagi Kesehatan!

June 23, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat penting untuk melezatkan makanan. Namun siapa sangka, mandi air rebusan serai juga bisa menghadirkan banyak manfaat, lho!

Serai sendiri merupakan tanaman yang khas tumbuh di asia tenggara. Tumbuhan ini berdaun panjang dan memiliki wangi yang khas.

Baca juga: Mengonsumsi Serai Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini Dia Segudang Manfaatnya!

Manfaat mandi air rebusan serai

Penggunaan serai di luar bumbu sebenarnya sudah banyak dilakukan. Di antaranya sebagai tambahan untuk membuat teh hingga minyak esensial. 

Nah, air rebusan sereh juga bisa dipakai mandi, lho! Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang bisa kamu dapatkan:

Menghilangkan bau badan

Bau badan merupakan bau tidak sedap yang dihasilkan tubuh saat bakteri memecahkan keringat menjadi asam. 

Beberapa pendapat memang menyebut bau tersebut berasal dari bakteri yang tumbuh di badan. Akan tetapi, yang sebenarnya adalah bakteri-bakteri ini memecahkan protein menjadi asam khusus, sehingga timbullah bau badan ini.

Nah, penelitian dari Universitas Negeri Yogyakarta menyebut ekstrak serai ini bisa dipakai sebagai bahan pembuatan deodorant perfume spray yang dapat menghambat aktivitas bakteri Staphylococcus epidermis.

Sifat antimikroba serai ini dipengaruhi senyawa saponin yang dikandungnya. Selain itu, flavonoid dari serai yang terdiri dari flavon, flavonon, isoflavon, antosianin dan leukoantosianidin juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Bau Badan: Bawang hingga Daging Merah

Mengurangi nyeri sendi karena asam urat

Asam urat yang tinggi atau hiperurisemia dapat mengkristal dan menimbulkan gumpalan yang berkumpul di sekitar sendi. Seiring waktu, gumpalan ini akan merusak sendi dan menekan sel saraf kamu. Akibatnya kamu akan merasakan nyeri sendi yang berkepanjangan.

Nah, sebuah skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang menyebut salah satu manfaat dari serai adalah mengurangi nyeri sendi karena hiperurisemia.

Penelitian tersebut secara khusus menggunakan air rebusan daun serai hangat yang diberikan secara kompres pada 20 lansia yang berada di Posyandu Lansia di Jombang. Para lansia mengaku kalau nyeri mereka mereda setelah kompres air rebusan serai hangat diberikan.

Dalam penelitiannya, peneliti menyebut khasiat ini sangat dipengaruhi oleh sifat antiinflamasi serai. Sehingga pemberian air rebusan serai bisa meredakan nyeri, sekalipun lansia tidak minum obat pengurang rasa nyeri saat penelitian.

Membuat lebih rileks

Air rebusan serai juga bisa membawa wanginya yang khas. Nah, dengan hanya menghirup wanginya saja, kamu bisa lebih rileks dan meringankan stres dan risau yang kamu alami. Khasiat ini juga lah yang membuat serai banyak dibuat sebagai minyak esensial. 

Sebuah penelitian dari Eastern Asia University mengkaji efek dari minyak pijat serai dan almond manis. Partisipan yang menerima pijatan dengan minyak tersebut ternyata memiliki tekanan darah diastolik yang lebih rendah, lho!

Nah, situs kesehatan MedicalNewsToday menyebut kalau kondisi gelisah dapat meningkatkan tekanan darah, baik itu diastolik ataupun sistolik. Meskipun demikian, penelitian terkait kaitan keduanya masih perlu dilakukan lebih lanjut.

Mencegah infeksi jamur

Candidiasis merupakan jenis infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur yang bernama Candida. Beberapa jenis Candida (yang paling sering adalah candida albicans) ini dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

Jamur ini umumnya hidup di kulit dan di dalam tubuh manusia. Tempat yang paling banyak terdapat jamur ini adalah mulut, tenggorokan, usus dan vagina.

Meskipun biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan, tapi pertumbuhan Candida yang tidak terkendali bisa menimbulkan masalah kesehatan. Apalagi jika sudah masuk ke aliran darah atau organ internal seperti ginjal, jantung atau otak.

Nah, penelitian di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti menyebut air rebusan serai dapat memengaruhi penurunan pertumbuhan jumlah koloni Candida albicans yang tumbuh di gigi tiruan berbasis resin akrilik.

Mengurangi nyeri otot

Ketika kamu mengalami nyeri otot, cobalah untuk mandi dengan air rebusan serai yang dicampur dengan garam Epsom.

Paduan keduanya dipercaya dapat mengurangi nyeri otot. Terutama jika kamu memakainya untuk berendam.

Demikianlah berbagai manfaat mandi air rebusan serai yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kondisi kesehatan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr