Kehamilan

Penting! Ini Obat Ambeien untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

June 23, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Meskipun bisa sembuh sendiri, setidaknya obat ambeien untuk ibu hamil diperlukan untuk meringankan gejala yang muncul. 

Tidak melulu obat kimia, mengatasi ambeien di masa kehamilan pun bisa dilakukan dengan beberapa penanganan yang memanfaatkan peralatan di rumah.

Penyebab ambeien di masa kehamilan

Ambeien merupakan sebuah kondisi saat pembuluh darah di anus yang membengkak. Penyakit ini dapat menimbulkan gatal-gatal, sensasi terbakar, nyeri hingga perdarahan.

Kondisi ini sangat umum terjadi di masa kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Tekanan di panggul karena perkembangan janin dan rahim
  • Peningkatan volume darah
  • Konstipasi

Konstipasi di masa kehamilan menjadi penyebab yang paling sering ambeien. Pasalnya, kamu kerap mengejan supaya usus bergerak dan feses bisa keluar. Akibatnya, pembuluh darah akan membengkak.

Baca juga: Konstipasi: Kenali Gejala, Penyebab, hingga Cara Pencegahannya

Obat ambeien untuk ibu hamil

Ambeien di masa kehamilan biasanya akan menghilang dengan sendirinya setelah kamu melahirkan. Meskipun demikian, berikut ini adalah obat dan penanganan untuk mengatasi nyeri, gatal dan sensasi terbakar karena ambeien:

Obat ambeien di apotek untuk ibu hamil

Ada beberapa obat di apotek yang bisa kamu pilih yang hadir dalam bentuk krim atau salep. Salah satunya adalah Preparation H atau Anusol yang dapat memberikan lapisan pelindung yang membuat bengkak ambeien mereda.

Untuk kasus yang parah, kamu bisa pakai formulasi salep yang mengandung steroid yang dapat meringankan inflamasi atau kandungan untuk membuat mati rasa (numbing agent) yang dapat mengurangi rasa nyeri ambeien.

Garam Epsom

Epsom salt atau garam Epsom merupakan jenis garam yang berbeda dari yang biasa kamu pakai di dapur untuk memasak. Meskipun terlihat sama, garam yang satu ini dibuat dari magnesium sulfat, sementara garam biasa dari sodium klorida.

Garam ini bisa digunakan sebagai obat ambeien untuk ibu hamil dengan memanfaatkannya sebagai berikut:

  • Untuk dicampurkan ke dalam bak berendam: Kamu bisa pakai cara ini beberapa kali dalam sehari. Jika tidak ada bathtub, kamu bisa pakai sitz bath
  • Untuk dijadikan pasta: garam Epsom bisa dicampurkan dengan vegetable glycerin untuk membuat pasta ini. Selanjutnya pasta bisa dioleskan di lokasi ambeien dan biarkan 15-20 menit sebelum dibersihkan. Cara ini bisa dilakukan setiap 4-6 jam sekali

Kompres air dingin

Cara murah dan mudah ini cukup efektif untuk meringankan gejala ambeien yang dialami saat hamil. Kamu cukup gunakan beberapa balok es dan mengaplikasikannya di area ambeien. Cara ini bisa menurunkan bengkak dan memberikan kelegaan sementara.

Laksatif

Laksatif atau obat pencahar dengan kadar ringan juga aman untuk digunakan mengatasi ambeien di masa kehamilan. Dengan obat ini, kotoran akan mudah keluar dan menghindari kamu dari konstipasi yang dapat memicu ambeien.

Sebelum memakai obat jenis ini, ada baiknya kamu juga berkonsultasi dengan dokter dan tenaga kesehatan yang kamu percayakan memantau perkembangan kehamilanmu.

Demikianlah berbagai obat ambeien untuk ibu hamil yang bisa kamu gunakan. Selalu konsumsi obat yang aman untuk kesehatan kamu dan si Kecil di dalam kandungan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. MedicalNewsToday, diakses 22 Juni 2021. Hemorrhoids during pregnancy: Symptoms, treatment and more
  2. WebMD, diakses 22 Juni 2021. Hemorrhoids During Pregnancy: Causes, Treatment, Prevention
  3. AmericanPregnancy.org, diakses 22 Juni 2021. Hemorrhoids During Pregnancy: Causes and Treatment
  4. Honorhealth.com, diakses 22 Juni 2021. Dealing with hemorrhoids during pregnancy
  5. Healthline, diakses 22 Juni 2021. Pregnancy Hemorrhoids: Causes, Risks & When to See Your Doctor
  6. TheBump.com, diakses 22 Juni 2021. What to Do When You Have Hemorrhoids During Pregnancy
  7. Mayoclinic, diakses 22 Juni 2021. Pregnancy constipation: Are stool softeners safe?
  8. AmericanPregnancy.org, diakses 22 Juni 2021. Laxatives During Pregnancy
    register-docotr