Info Sehat

Atasi Nyeri hingga Tangkal Infeksi, Ini 7 Manfaat Kunyit Hitam untuk Kesehatan!

February 9, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Tahukah kamu kalau kunyit tidak selalu berwarna kuning? Faktanya, ada jenis kunyit hitam, lho. Kunyit hitam atau Curcuma caesia Roxb adalah tanaman herbal asal India yang memiliki banyak khasiat dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Tidak seperti kunyit pada umumnya, kunyit yang satu ini unik karena memiliki warna hitam kebiruan. Seperti apa manfaatnya untuk kesehatan?

Baca juga: Dipercaya Bisa Kendalikan Kadar Gula Darah, Ini Manfaat Ginseng Amerika 

Manfaat kunyit hitam untuk kesehatan

Kunyit hitam memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat untuk kesehatan. Kandungan kurkumin dalam kunyit, baik kunyit hitam, putih dan kuning, membuat tanaman ini sangat efektif sebagai obat.

Pereda nyeri

Kunyit hitam dianggap sebagai pereda nyeri yang sangat baik di berbagai area tubuh. Mulai dari ruam, sakit gigi, osteoartritis hingga masalah perut.

Kunyit hitam dapat membantu meredakan nyeri karena tanaman ini bekerja sebagai antiinflamasi. Hal ini pun telah dibuktikan lewat penelitian. Kunyit hitam dapat bekerja sebagai pereda nyeri dengan dosis yang tepat. 

Mengatasi penyakit pernapasan

Pada umumnya kunyit sering digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan seperti radang paru-paru, batuk, dan juga untuk flu pada anak. Begitu juga dengan kunyit hitam.

Tanaman ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki atau mengobati penyakit pernapasan maupun paru-paru seperti asma, bronkitis, dan radang paru-paru. 

Kandungan senyawa yang ditemukan dalam kunyit hitam juga diketahui tidak mengganggu sel sistem kekebalan tubuh serta obat konvensional dalam pengobatan paru-paru. 

Mengobati kulit gatal

Kunyit hitam juga dapat membantu mengatasi gatal pada kulit. Hal ini dikarenakan kandungan pada kunyit hitam mampu bekerja sebagai antiinflamasi. Dengan demikian, gatal dan bengkak di area kulit dapat diatasi.

Membantu mengelola berat badan dan gula darah

Kunyit hitam juga diketahui dapat membantu pemecahan lemak makanan dalam tubuh, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet. 

Konsumsi kunyit hitam juga dapat membantu poduksi empedu yang efisien. Dengan itu, sistem pencernaan dapat berjalan lebih baik dan mencegah penyakit hati. Nantinya, kondisi ini bisa mengurangi risiko pengembangan resistensi insulin dalam tubuh.

Mencegah radikal bebas

Salah satu manfaat yang paling terkenal dari kunyit hitam adalah mencegah radikal bebas. Hal ini karena kandungan kurkumin di dalamnya dapat bekerja sebagai antioksidan alami.

Kunyit hitam dapat menetralkan radikal bebas yang tidak dapat dilakukan oleh tubuh, sehingga tubuh dipercaya bisa bebas dari penuaan maupun sel kanker. 

Menurunkan risiko kanker

Kunyit hitam diketahui dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Dilansir Cancer Research UK, tingkat kanker di negara-negara yang masyarakatnya mengonsumsi lebih banyak kurkumin diketahui lebih rendah.

Konsumsi kurkumin tersebut diketahui setidaknya sebanyak 100 mg hingga 200 mg sehari dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa penelitian tentang sel kanker telah juga menunjukkan bahwa kurkumin memiliki efek antikanker. Tampaknya kurkumin dalam kunyit hitam bisa membunuh sel kanker dan mencegah tumbuh lebih banyak.

Kandungan dalam kunyit hitam ini memiliki efek terbaik pada kanker payudara, kanker usus, kanker perut dan sel kanker kulit.

Membantu kinerja kemoterapi dalam mengobati kanker

Beberapa penelitian juga telah melihat potensi kurkumin dalam kunyit hitam sebagai bahan pengobatan kanker. Pada tahun 2013, penelitian yang dilakukan pada sel kanker usus menunjukkan bahwa kombinasi kurkumin dan kemoterapi dianggap lebih baik daripada kemoterapi saja. 

Namun di sisi lain, para peneliti juga menemukan bahwa kurkumin tidak mudah diserap sehingga membuatnya bekerja kurang baik sebagai pengobatan. Untuk itu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan. 

Baca juga: Manfaat Teh Bawang Putih bagi Penderita Diabetes & Cara Membuatnya 

Efek samping konsumsi kunyit hitam berlebihan

Meski memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, pada tahun 2016 kunyit hitam telah terdaftar sebagai spesies yang terancam punah di India. Sampai saat ini berbagai upaya pun dilakukan untuk melindungi dan melestarikan kunyit hitam. 

Di samping itu, konsumsi kunyit hitam sebagai obat-obatan atau dalam jumlah banyak berpotensi menimbulkan efek samping yang meliputi: 

  • Urine berwarna gelap
  • Merasa sakit
  • Kelelahan yang tidak biasa
  • Sakit perut 
  • Kehilangan selera makan

Maka dari itu, meski memiliki banyak manfaat jangan lupa untuk tetap bijak dalam mengonsumsi kunyit hitam, ya. Jika perlu, lakukan konsultasi juga dengan dokter.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr