Kulit & Perawatan Tubuh

3 Fakta Masker Mugwort termasuk Manfaatnya bagi Kecantikan

February 10, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Beberapa waktu terakhir, masker mugwort nampaknya menjadi produk kecantikan yang banyak dibicarakan di mana-mana. Tentu ini bukan hal yang aneh, mengingat namanya yang unik memang cukup mencuri perhatian.

Apalagi jika kamu menelusuri kata kunci ‘masker mugwort’ di internet. Ada banyak ulasan menjanjikan tentang produk yang satu ini.

Penasaran apa kelebihan masker ini untuk menunjang penampilanmu? Baca dulu fakta-faktanya berikut.

Baca juga: Memakai Masker Wajah Setiap Hari Bikin Kulit Mulus atau Justru Berbahaya?

1. Sekilas tentang mugwort

Dilansir dari Allure, mugwort adalah sejenis rumput liar yang bisa menimbulkan efek halusinasi. Memiliki nama latin Artemisia vulgaris L, tanaman ini bisa ditemukan di Eropa Utara, Asia, juga Amerika Utara.

Salah satu faktor penyebab mugwort menjadi sebuah tren, adalah karena tanaman ini menjadi bahan utama produk-produk kecantikan yang berasal dari Korea Selatan.

Ya, di Negeri Ginseng tersebut, mugwort memang telah lama dianggap sebagai ramuan penyembuh karena bersifat antibakteri, antijamur, dan dapat melindungi kulit.

2. Penggunaan mugwort sebagai masker

Keberadaan mugwort dalam dunia kecantikan menjadi semakin populer, sejak menjadi bahan aktif utama dalam banyak produk perawatan kulit, terutama masker.

Masker mugwort konon telah terbukti ampuh membantu menenangkan dan merawat kulit yang sensitif dan berjerawat sekalipun.

Dilansir dari Asianbeauty, kandungan antiinflamasi di dalamnya memang dapat membantu mencegah munculnya jerawat dengan melindungi kulit dari bakteri jahat.

Masker mugwort juga memiliki efek menenangkan, sehingga ideal untuk mengobati psoriasis, ruam merah pada kulit dan masalah kulit lainnya. Tak hanya itu, kandungan vitamin E dan antioksidan lainnya juga bisa membantu menutrisi kulit.

Baca juga: Suntik Putih, Kenali Efek Sampingnya Sebelum Mencoba

3. Manfaat masker mugwort bagi kesehatan kulit

Dilansir dari Nudieglow , kamu bisa memperoleh beberapa manfaat berikut jika menggunakan masker mugwort dalam rangkaian perawatan kulitmu.

Menenangkan peradangan

Peradangan pada kulit bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari infeksi, penyakit, sampai alergi terhadap sesuatu.

Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu bisa mencoba menggunakan masker mugwort untuk mengatasinya. Sifatnya yang antiinflamasi membuat mugwort dapat diandalkan untuk menyembuhkan peradangan pada kulit.

Bahkan jika kamu memiliki kulit yang dirasa terlalu sensitif dan tampak memerah, maka mugwort adalah bahan yang bagus untuk digunakan.

Melawan jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya komedo putih, hitam atau bahkan  jerawat.

Perawatan jerawat yang efektif bisa kamu dapatkan di mana-mana. Namun jika kamu ingin mencoba penanganan yang lebih alami, maka tak ada salahnya menggunakan masker mugwort.

Sama halnya dengan tea tree oil, masker berbahan dasar mugwort juga dapat membunuh bakteri dan melawan jerawat dengan cara yang sangat efektif, namun tetap lembut.

Aromanya yang jauh lebih lembut jika dibandingkan dengan tea tree oil juga akan membuat masker ini menjadi produk skincare favoritmu selanjutnya.

Antiiritasi

Kulit yang mengalami iritasi bukan hanya bisa merusak penampilan, tapi juga mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Bagaimana tidak? Jika dibiarkan, kulit yang iritasi bisa membuat kamu gatal-gatal sepanjang hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba menggunakan masker mugwort.

Selain menenangkan kulit yang sensitif, mugwort juga bagus untuk meredakan gejala iritasi seperti panas, atau gatal pada kulit yang terkena gigitan serangga, reaksi alergi, atau bahkan ruam panas.

Melembapkan kulit

Kulit wajah yang lembut dan lembap adalah impian semua orang. Untuk mewujudkannya, kamu bisa memakai masker mugwort secara rutin.

Dikenal mengandung vitamin E yang tinggi, masker mugwort dipercaya memiliki kemampuan untuk menutrisi dan melembapkan jenis kulit kering yang mengalami dehidrasi.

Dengan penggunaan produk mugwort secara teratur, kulit kering dan bersisik bisa hilang dan menjadi bagian dari masa lalumu.

Mencerahkan wajah

Karena sifatnya yang melembapkan dan kemampuannya untuk meredakan kemerahan, masker mugwort juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk memberikan kilau cantik pada kulitmu.

Ayo berkonsultasi kepada dokter profesional melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Why Mugwort Is the Trendy New Ingredient in Korean Skin Care, https://www.allure.com/story/mugwort-benefits-korean-skin-care-ingredient diakses pada 9 Februari 2021

The Health Benefits of Mugwort, https://www.verywellhealth.com/mugwort-benefits-side-effects-dosage-and-interactions-4767226 diakses pada 9 Februari 2021

INGREDIENTS 101: THE MAGIC OF MUGWORT FOR YOUR SKIN, https://nudieglow.com/blogs/nudieblog/ingredients-101-the-magic-of-mugwort-for-your-skin diakses pada 9 Februari 2021

MIRACLE MUGWORT: THE SAVIOUR FOR SENSITIVE AND ACNE PRONE SKIN, https://www.asianbeautyx.com/blogs/the-moxie/miracle-mugwort-the-saviour-for-sensitive-and-acne-prone-skin diakses pada 9 Februari 2021

Skin Inflammation: Causes, Diagnosis, Treatment, and More, https://www.healthline.com/health/skin-inflammation#_noHeaderPrefixedContent diakses pada 9 Februari 2021

Acne, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047 diakses pada 9 Februari 2021

I’M FROM MUGWORT MASK, https://oo35mm.com/products/im-from-mugwort-mask diakses pada 9 Februari 2021

 

 

    register-docotr