Diabetes

Dipercaya Bisa Kendalikan Kadar Gula Darah, Ini Manfaat Ginseng Amerika

January 27, 2021 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selain ginseng korea, ginseng amerika juga menjadi tanaman herbal yang populer dan terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Ginseng amerika atau Panax quinquefolium L. adalah tanaman herbal yang tumbuh subur di bagian Amerika Utara. 

Ginseng dari Amerika pun telah lama dipercaya dapat mengendalikan kadar gula darah sehingga banyak dicari oleh orang yang memiliki penyakit diabetes. Benarkah begitu? Ini fakta dan penjelasan medisnya. 

Baca Juga: Segudang Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Enggak Cuma Atasi Masalah Seksual Pria Lho!

Manfaat ginseng amerika untuk kesehatan

Ginseng memiliki serangkaian kandungan aktif yang dapat membantu kondisi kesehatan tubuh.

Di antaranya adalah asam lemak, asam amino, gula sederhana, Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Talium (Ti), Mangan (Mn), Besi (Fe), Tembaga (Cu) dan Seng (Zn).

Tidak heran, ginseng memiliki serangkaian manfaat untuk kesehatan yang meliputi: 

Mengatasi kelelahan

Ginseng dari Amerika memiliki kesamaan manfaat dengan ginseng lain yaitu untuk mengatasi kelelahan. Pada studi yang dilakukan di 2018, ginseng amerika dan ginseng dari Asia ditemukan dapat mengatasi kelelahan pada orang yang memiliki penyakit kronis.

Mendukung fungsi mental

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience pada 2019, konsumsi suplemen yang mengandung ginseng amerika diketahui dapat meningkatkan fungsi mental.

Namun konsumsinya perlu ditambah ekstrak buah kopi utuh dan ramuan yang disebut Bacopa monniera diketahui dapat meningkatkan memori kerja (jangka pendek) dalam hal akurasi dan waktu respons.

Melindungi tubuh dari infeksi saluran pernafasan

Penyakit infeksi saluran pernapasan akibat virus, seperti influenza, flu biasa, dan penyakit lain yang terkait flu dapat dicegah dengan mengonsumsi ginseng amerika. Hal ini pun telah terbukti lewat beberapa penelitian.

Salah satu jurnal yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, menyimpulkan bahwa konsumsi ginseng amerika dapat mengurangi risiko pilek sebesar 25 persen bila dibandingkan dengan plasebo.

Baca juga: 4 Manfaat Yoga untuk Penyandang Diabetes: Cegah Komplikasi hingga Atasi Masalah Stres

Ginseng amerika untuk penderita diabetes

Salah satu manfaat ginseng dari Amerika yang paling terkenal adalah untuk mengontrol gula darah. Dengan mengonsumsi ginseng amerika, para pemilik penyakit diabetes diyakini bisa terhindar dari kondisi hiperglikemia (kadar gula darah yang terlalu tinggi). 

Dilansir dari Rxlist, mengonsumsi 3 gram ginseng amerika dua jam sebelum makan dapat menurunkan gula darah setelah makan pada pasien diabetes tipe 2.

Sementara mengonsumsi 100-200 mg ginseng amerika selama 8 minggu juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebelum makan pada pasien diabetes tipe 2.

Lewat penelitian, ginseng amerika memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi insulin, mengurangi kematian sel di pankreas serta menurunkan glukosa darah.

Penelitian ini juga sudah dilakukan pada hewan maupun manusia sehingga ginseng benar-benar sudah teruji baik untuk pemilik penyakit diabetes. 

Kemungkinan besar, para peneliti juga percaya kalau ginseng tidak hanya memengaruhi pankreas untuk meningkatkan produksi insulin. Melainkan, ginseng juga memengaruhi jaringan lain untuk memanfaatkan insulin serta menurunkan resistensi insulin melalui berbagai komponennya.

Namun para peneliti masih belum sepenuhnya yakin mengenai penggunaan ginseng khas Amerika untuk pasien diabetes. Masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai ginseng amerika dan efektifitasnya pada penderita diabetes. 

Baca juga: Kaki Bengkak karena Diabetes: Kenali Kaitan dan Penangannya di Sini!

Efek samping konsumsi ginseng amerika

Meski ginseng amerika memiliki serangkaian manfaat untuk kesehatan dan aman dikonsumsi, tanaman herbal ini tetap dapat menyebabkan sejumlah efek samping, meliputi:

  • Insomnia
  • Kecemasan
  • Susah istirahat
  • Tekanan darah tinggi
  • Sakit kepala
  • Mimisan
  • Perdarahan vagina
  • Muntah dan / atau diare

Tanaman herbal yang satu ini juga tidak direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat meningkatkan potensi bayi lahir cacat. Begitu juga untuk wanita menyusui. Konsumsi ginseng amerika tidak direkomendasikan meski belum diketahui dampak pastinya. 

Mengonsumsi ginseng dari Amerika memang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Namun perlu diingat bahwa tanaman obat herbal tidak bisa dijadikan pengganti pengobatan standar dari dokter.

Sebelum memilih untuk mengonsumsi ginseng amerika, sebaiknya kamu juga berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
    register-docotr