Covid-19

5 Tips Mengatasi Rasa Cemas saat akan Divaksin COVID-19

June 26, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pemerintah saat ini gencar melakukan program vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Namun sebagian orang mungkin saja merasa gugup, cemas atau takut pada saat akan divaksin. Tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan atau mengatasi rasa gugup, cemas, atau takut pada saat akan divaksin, apa saja? Yuk, simak di sini.

Baca juga: 4 Alat Kesehatan yang Dibutuhkan untuk Isolasi Mandiri

Tips atasi rasa cemas saat akan divaksin

Pada sebagian kasus, ketakutan akan divaksin didasari oleh ketakutan akan jarum suntik. Perlu kamu tahu bahwa fobia akan jarum suntik dikenal sebagai trypanophobia. Kondisi ini bukan hanya dapat memengaruhi anak-anak saja, melainkan juga orang dewasa.

Sebagian lainnya, mungkin saja cemas akan efek samping yang dapat ditimbulkan. Namun, yang perlu kamu ingat adalah manfaat vaksin lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips meredakan atau mengatasi rasa gugup, cemas, dan takut saat akan divaksin COVID-19.

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum melaksanakan vaksinasi, penting bagi kamu untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Saat ini informasi mengenai vaksin COVID-19 banyak tersebar di media, internet, atau kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai vaksin COVID-19 dari anggota keluarga atau teman yang sudah mendapatkan vaksin.

Tak hanya itu, kamu juga dapat bertanya kepada dokter mengenai vaksin COVID-19. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya memang penting, namun kamu harus memastikan bahwa kamu mengumpulkan fakta dari sumber informasi yang terpercaya.

Satu lagi yang perlu kamu perhatikan adalah abaikan informasi yang salah mengenai vaksin. Mengabaikan informasi yang salah juga dapat membantu meredakan ketakutanmu saat akan divaksin.

2. Persiapkan mental

Merasa takut atau cemas saat akan divaksin memang dapat dirasakan sebagian orang. Namun sebaiknya, hadapilah rasa takut atau cemas tersebut dibandingkan dengan menghindarinya. Ingat, vaksinasi juga dimaksudkan untuk membentuk herd immunity.

Cara terbaik untuk mengatasi rasa takut atau kecemasanmu adalah membuat upaya untuk menanganinya dengan cara yang produktif.

Misalnya saja, kamu dapat mempelajari apa yang perlu diketahui mengenai vaksin COVID-19. Penting juga bagi kamu untuk memotivasi diri mengapa mendapatkan vaksin sangat penting, bahkan tidak hanya untuk diri sendiri.

Dr. William Orme, psikolog di Houston Methodist mengatakan, “Misalnya, mungkin mendapatkan vaksinasi penting bagi kamu karena dapat mengurangi risiko kamu menularkan virus kepada seseorang yang lebih mungkin sakit parah akibat COVID-19. Selalu ada nilai dalam menemukan tujuan yang lebih dalam”.

3. Ceritakan kekhawatiranmu dengan orang yang kamu percayai

Untuk mengurangi kecemasanmu, kamu juga dapat mengutarakan rasa takut dan kecemasanmu dengan seseorang yang kamu percayai, misalnya saja teman ataupun anggota keluarga.

Pilihan lainnya, kamu juga dapat berbicara mengenai kekhawatiranmu dengan tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi.

Berbicara mengenai kekhawatiramnu dengan orang yang kamu percayai dapat membantu meredakan rasa cemas dan ketakutanmu. Di samping itu, hal ini juga dapat memberikanmu dukungan mental agar kamu lebih siap untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Tak hanya itu, pada saat hari kamu melakukan vaksin, kamu juga dapat mengajak teman atau anggota keluarga untuk menemanimu. Sebab, hal tersebut juga dapat membantu mengurangi rasa cemas dan ketakutanmu.

Baca juga: Amankah Melakukan Suntik Vitamin C dan Vaksin COVID-19 secara Bersamaan?

4.  Alihkan perhatian

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa cemas, gugup, dan ketakutanmu adalah dengan mengalihkan perhatian, misalnya saja dengan mendengarkan musik pada saat sebelum kamu divaksin.

Jika kamu takut akan jarum suntik, kamu juga dapat mengalihkan perhatianmu pada jarum suntik saat divaksinasi. Sebagai gantinya, kamu dapat melihat keadaan di sekitar untuk mengurangi rasa takutmu.

5. Ingat, manfaat vaksin lebih besar

Penting juga bagi kamu untuk fokus pada hal-hal positif dari proses vaksinasi. Ingatlah bahwa ketika mendapatkan vaksin, kamu dapat mendapatkan perlindungan lebih terhadap virus corona.

Perlu kamu ketahui bahwa vaksin COVID-19 telah melewati semua tahap uji klinis yang diperlukan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa vaksin COVID-19 dapat membantu membentuk kekebalan tubuh. Centers for Disease Control and Prevention sendiri juga telah mencatat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari vaksin COVID-19, di antaranya adalah:

  • Vaksin COVID-19 efektif. Ini dapat mencegah penularan virus yang menyebabkan COVID-19.
  • Vaksin COVID-19 juga dapat membantu mencegah gejala parah pada kasus COVID-19.

Tak hanya itu, melakukan vaksinasi juga dapat memberikan dorongan yang kuat dalam perlindungan pada orang yang telah pulih dari COVID-19. Ingat bahwa, proses vaksinasi membutuhkan waktu yang sebentar. Namun, kamu bisa memperoleh manfaat yang lebih besar dari vaksin.  

Itulah beberapa informasi mengenai tips meredakan dan mengatasi rasa gugup, cemas, dan takut saat akan divaksin COVID-19. Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, jangan lupa selalu terapkanlah protokol kesehatan, ya.

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2021). Diakses pada 25 Juni 2021. Benefits of Getting a COVID-19 Vaccine

CNet (2021). Diakses pada 25 Juni 2021. How to overcome a fear of needles to get your COVID-19 vaccine 

Houston Methodist (2021). Diakses pada 25 Juni 2021. 5 Tips for Handling COVID-19 Vaccine Anxiety 

Time (2021). Diakses pada 25 Juni 2021. ‘Needle Phobia’ May Be Keeping Some From Getting Their COVID-19 Vaccine. Here’s How to Cope 

Viva.co.id (2021). Diakses pada 25 Juni 2021. Cara Agar Tak Gugup saat Mau Divaksin

    register-docotr