Melahirkan

Sakit Pinggang Tanda Mau Melahirkan atau Keluhan Umum selama Kehamilan?

June 19, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kontraksi atau pecahnya ketuban adalah dua tanda-tanda Moms akan melahirkan. Namun, bagaimana dengan sakit pinggang tanda mau melahirkan? 

Memang benar sakit pinggang bisa menjadi tanda akan melahirkan, tetapi jangan sampai salah membedakan dengan sakit pinggang biasa. Sebab, tidak semua sakit pinggang menandakan akan segera melahirkan. 

Tanda-tanda melahirkan

Sebelum lebih jauh membahas tentang sakit pinggang tanda mau melahirkan, apakah Moms sudah tahu tanda-tanda umum yang dialami wanita menjelang persalinan? 

Proses menjelang persalinan bukan hal yang instan. Proses tersebut bisa dimulai beberapa jam atau bahkan beberapa minggu sebelum bayi benar-benar dilahirkan.

Berikut adalah tanda-tanda Moms akan melahirkan, dari yang paling awal dialami. 

  • Bayi turun ke panggul: Posisi bayi mendekat ke jalan lahir, dan ini bisa terjadi beberapa minggu atau beberapa jam sebelum persalinan. 
  • Lendir dan darah: Saat persalinan semakin dekat, serviks juga akan membuka sebagai jalan lahir. Ini disebut dengan pembukaan. Selama pembukaan, lendir yang menumpuk di leher rahim selama kehamilan akan keluar melalui vagina. Lendir bisa terlihat bening atau terlihat bercampu bercak darah. 
  • Kontraksi: Kontraksi adalah pengencangan otot-otot rahim. Ini menimbulkan rasa sakit dan beberapa ibu hamil menggambarkannya seperti kram menstruasi namun dengan sakit yang lebih parah. 

Selain yang sudah disebutkan, beberapa tanda lainnya adalah, pecah ketuban, diare, dan sakit pinggang. 

Jadi memang betul bahwa ibu hamil bisa mengalami sakit pinggang menjelang persalinan. Mengapa seperti itu dan bagaimana membedakannya dengan sakit pinggang biasa? 

Sakit pinggang tanda mau melahirkan

Sakit pinggang tanda mau melahirkan mungkin terjadi karena posisi bayi. Semakin mendekati persalinan, ibu hamil akan semakin intens merasakan kontraksi. Kontraksi akan membawa bayi semakin turun ke panggul. 

Karena posisi bayi itu lah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit di pinggang. Di mana kepala bayi menekan punggung bagian bawah. Ini terjadi jika posisi bayi di panggul menghadap depan atau belakang. 

Namun, beberapa kondisi kesehatan lain juga bisa menyebabkan sakit pinggang jelang persalinan. Misalnya, kondisi skoliosis dan swayback atau lordosis. Lordosis adalah sebutan medis untuk bentuk kurva tulang belakang yang terlalu masuk ke dalam. 

Penyebab lainnya adalah memiliki pinggang yang kecil. Semakin kecil pinggang ibu hamil, dapat memperburuk nyeri pinggang jelang persalinan. Karena ruang untuk kepala bayi semakin sempit.

Dengan begitu, kepala bayi akan semakin memberikan tekanan di bagian punggung bawah. 

Bagaimana membedakan sakit pinggang tanda mau melahirkan? 

Sebenarnya, sakit pinggang bukan hanya dirasakan mendekati waktu persalinan. Namun, sebagian besar wanita akan merasakan sakit pinggang di sepanjang kehamilannya. 

Menurut Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa nyeri punggung bagian bawah atau bagian pinggang akan terus-menerus terjadi selama kehamilan dan semakin parah mendekati waktu persalinan. Ini memengaruhi sekitar 33 persen orang. 

Di luar itu, sakit pinggang adalah keluhan umum dari ibu hamil. Karena memang sangat umum terjadi di sepanjang kehamilan. Disebabkan oleh:

  • Hormon: Beberapa hormon menyiapkan ligamen panggul untuk persalinan. Ini membuat panggul tidak stabil dan menyebabkan nyeri hingga pinggang.
  • Peningkatan berat badan: Berat badan ibu hamil akan bertambah seiring besarnya usia kandungan, dan berat ekstra itu akan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang ketika berdiri. Kondisi inilah yang kemudian menimbulkan sakit. 
  • Membesarnya rahim: Semakin besar janin, maka membutuhkan ruang yang lebih besar juga. Ini membuat tubuh ibu menyesuaikan diri, membuat lebih banyak ketegangan otot di sekitar punggung dan akhirnya menyebabkan sakit pinggang. 

Sehingga, sakit pinggang bukan cuma terjadi menjelang waktu persalinan. Namun, bagaimana cara mengetahui itu sakit pinggang umum atau tanda ingin melahirkan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa ada sejumlah tanda-tanda akan melahirkan. Karena itu, untuk memastikan sakit pinggang tanda mau melahirkan atau bukan, sebaiknya perhatikan tanda-tanda lain yang juga muncul. 

Jika tanda-tanda akan melahirkan lainnya juga sudah kamu alami, berarti waktunya untuk ke rumah sakit dan menghubungi dokter kandunganmu. 

Mengelola sakit pinggang tanda mau melahirkan

Sakit pinggang biasanya akan semakin memburuk mendekati waktu melahirkan. Moms bisa melakukan beberapa cara untuk mengelola rasa sakitnya seperti:

  • Pijat punggung
  • Mandi air hangat
  • Duduk di atas bola bersalin atau jongkok
  • Berjalan
  • Berlatih teknik pernapasan
  • Menggunakan minyak esensial atau aromaterapi
  • Menggunakan teknik hipnoterapi, meditasi atau terapi musik

Demikian penjelasan sakit pinggang tanda mau melahirkan dan cara membedakannya dengan sakit pinggang biasa pada ibu hamil. 

Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayoclinic, diakses 15 Juni 2021
Does back labor really happen?
Medical News Today, diakses 15 Juni 2021
Is back pain a sign of labor?
WebMd, diakses 15 Juni 2021
Am I in Labor?
WebMd, diakses 15 Juni 2021
Signs of Labor

    register-docotr