Melahirkan

Keputihan Bisa Jadi Tanda Jelang Persalinan Lho, Pelajari di Sini!

March 24, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pecah ketuban bukan jadi satu-satunya tanda kalau Moms akan segera melahirkan. Volume keputihan yang meningkat juga bisa jadi tanda kalau si Kecil akan segera lahir.

Lalu seperti apa sih keputihan yang keluar saat mendekati waktu persalinan? Berikut ulasan tentang keputihan sebagai tanda-tanda akan melahirkan!

Apa itu keputihan?

Keputihan adalah zat seperti lendir bening atau keputihan yang keluar dari vagina.

Keputihan juga masih dapat terjadi sebelum, selama, dan di penghujung kehamilan. Selama kehamilan, Moms mungkin melihatnya lebih sering dari biasanya, tetapi ini normal.

Keputihan bisa jadi tanda-tanda akan segera melahirkan

Saat persalinan dimulai atau beberapa hari sebelumnya, para ibu hamil mungkin memerhatikan adanya peningkatan volume keputihan.

Selama kehamilan, sumbatan lendir yang kental menghalangi pembukaan serviks untuk mencegah bakteri memasuki rahim.

Selama akhir trimester ketiga, sumbatan ini mungkin didorong ke luar menuju vagina. Ini akan menyebabkan Moms mungkin melihat peningkatan volume keputihan.

Mengenal mucus plug, penyebab keputihan jelang persalinan

Mucus plug adalah akumulasi lendir kental yang mengisi serviks, yang menghalangi jalan masuk menuju rahim. Ini berkembang selama kehamilan untuk membantu melindungi bayi yang sedang tumbuh dari infeksi.

Tepat sebelum atau saat melahirkan, saat serviks membesar, sumbatan ini akan lepas dan didorong keluar dari vagina.

Lendir ini bisa terlihat bening atau sedikit berdarah dan berwarna merah muda, dan akan lebih kental dari cairan kehamilan normal. Inilah yang akan menyebabkan Moms mendapati peningkatan volume keputihan.

Seperti apa keputihan jelang persalinan?

Keputihan jelang persalinan dapat terlihat bening, merah muda, cokelat atau sedikit ditemukan adanya bercak darah.

Keputihan yang lebih kental dan berwarna merah muda ini disebut bloody show dan merupakan indikasi yang baik bahwa persalinan akan segera terjadi.

Namun jika pendarahan vagina yang sama beratnya dengan periode menstruasi normal, segera hubungi penyedia layanan kesehatan. Pendarahan vagina yang parah bisa menjadi pertanda adanya masalah.

Kapan harus menghubungi dokter?

Keputihan memanglah hal yang normal selama kehamilan. Namun ada beberapa kondisi di mana keputihan mungkin jadi tanda masalah medis tertentu. Hubungi dokter jika:

  • Cairan vagina mulai berubah warna atau konsistensi
  • Keputihan mulai berbau tidak sedap
  • Moms mengalami rasa gatal atau nyeri saat buang air kecil

Perdarahan vagina (selain bercak ringan atau lendir berdarah sesekali) dapat mengkhawatirkan kapan pun dalam kehamilan, jadi jangan ragu untuk menghubungi bidan, dokter kandungan, atau segera mengunjungi rumah sakit.

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui aplikasi Good Doctor dalam layanan 24/7. Konsultasikan kesehatan kehamilanmu dengan mitra dokter spesialis kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Mayo Clinic. Diakses pada 23 Maret 2021. Signs of labor: Know what to expect

Live Science. Diakses pada 23 Maret 2021. Is the Baby Coming? | 6 Signs of Labor

    register-docotr