Kesehatan Seksual

Pria Wajib Tahu, Ini Berbagai Cara Agar Tidak Ejakulasi Dini

March 24, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar tidak ejakulasi dini. Mulai dari beberapa teknik mengakali ejakulasi saat sedang berhubungan seksual hingga beberapa obat yang bisa kamu konsumsi.

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa itu ejakulasi dini?

Ejakulasi dini terjadi saat kamu mengalami orgasme sangat cepat atau orgasme yang tidak terkontrol. Ketika mengalami masalah ini, tubuh mungkin hanya memberi sedikit peringatan akan mencapai orgasme, sehingga kamu tidak sempat untuk menundanya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Urology mengestimasi sekitar 4 sampai 39 persen pria mengalami masalah ejakulasi dini ini. 

Salah satu alasan kenapa angka ini tergolong tinggi adalah karena ejakulasi dini sangat rumit. Masalah ini bahkan melibatkan aspek mental dan fisik.

Intervensi diperlukan agar kamu tidak mengalami masalah ejakulasi dini ini. Pasalnya gangguan seksual ini mengakibatkan ketidakpuasan pada tiap pasangan.

Cara agar tidak ejakulasi dini

Beberapa aspek yang bisa kamu tempuh agar tidak terganggu oleh ejakulasi dini adalah:

Latihan teknik khusus

Ada beberapa teknik yang perlu kamu latih supaya dapat menunda ejakulasi dan memperpanjang durasi hubungan seksual. Antara lain:

Mengalihkan pikiran

Agar tidak mudah ejakulasi dini, cobalah mengalihkan pikiran ketika kamu terlalu terangsang dan tanda-tanda klimaks sudah muncul.

Caranya, tarik napas dan pikirkan sesuatu yang lain. Jika memungkinkan, pikirkan sesuatu yang membosankan.

Ketika kamu tidak terlalu terangsang tapi ereksi masih bisa tetap kamu pertahankan, maka kamu bisa melanjutkan lagi aktivitas seksual dengan pasangan.

Metode ‘stop-and-start’

Inti dari metode ini adalah kamu memberi jeda saat tanda-tanda ejakulasi muncul. Cabut penis dari vagina pasangan dan biarkan tubuh menjadi lebih rileks. Ketika kamu mampu menahannya, lanjutkanlah lagi aktivitas seksual tadi.

Dengan metode ‘berhenti-dan-jalan’ ini, kamu dapat belajar untuk memperpanjang durasi dan menunda ejakulasi.

Metode ‘meremas’

Metode ini bisa dilakukan oleh kamu atau pasangan. Intinya, kamu remas ujung kepala penis antara 10 sampai 20 detik ketika kamu merasakan tanda akan klimaks. Cara ini dilakukan supaya kamu tidak lagi diganggu oleh ejakulasi dini.

Setelah meremas kepala penis, tahan stimulasi seksual yang kamu rasakan selama 30 detik, lalu mulai lagi stimulasi tadi dengan pasangan.

Cara ini bisa dilakukan sampai ejakulasi yang memang sudah kamu niatkan. Metode ini pun bisa kamu kombinasikan dengan metode stop-and-start juga, lho!

Perbanyak foreplay

Kamu bisa coba perbanyak pemanasan sebelum penetrasi atau foreplay supaya pasangan berada dalam titik terangsang yang tinggi. 

Cara ini memang bukan dilakukan agar kamu tidak ejakulasi dini, melainkan mengakali supaya kamu dan pasangan memiliki titik klimaks yang berbarengan.

Masturbasi

Masturbasi jadi satu cara untuk kamu mengenali tanda apa saja yang ditimbulkan tubuh ketika kamu akan mencapai orgasme.

Dengan mengenali tanda-tanda itu, maka kamu pun tahu bagaimana menunda ejakulasi saat melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.

Konsumsi mineral agar tidak ejakulasi dini

Beberapa mineral dapat membantu kamu agar tidak ejakulasi dini. Antara lain:

  • Zinc: Suplemen zinc dapat memperbaiki disfungsi seksual, termasuk ejakulasi dini dan meningkatkan level serum testosteron dalam tubuh. Mineral ini dapat meningkatkan libido secara umum
  • Magnesium: Sebuah penelitian dalam Asian Journal of Andrology menyebut rendahnya level magnesium dalam tubuh merupakan salah satu faktor ejakulasi dini
  • Mineral lain: Cobalah untuk mengonsumsi mineral lain seperti kalsium, tembaga, mangan dan selenium yang dapat meningkatkan kesehatan seksual

Obat semprot atau krim

Langkah yang satu ini bisa jadi cara sementara supaya kamu tidak mengalami ejakulasi dini. Dikutip dari Medical News Today, beberapa orang memakai krim atau spray yang mengandung anestesi seperti lidocaine.

Obat ini dapat membuat penis mati rasa. Cara ini efektif dalam menunda sensasi yang muncul ke penis, sehingga kemungkinan durasi untuk klimaks pun bertambah.

Demikianlah berbagai cara yang bisa kamu terapkan agar tidak diganggu ejakulasi dini saat berhubungan seksual. Selalu praktikkan cara-cara yang sehat dalam aktivitas seksual, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. MedicalNewsToday, diakses 18 Maret 2021. Stopping premature ejaculation: Remedies and exercise
  2. VeryWellHealth, diakses 18 Maret 2021. Techniques for Preventing Premature Ejaculation
  3. National Library of Medicine, diakses 18 Maret 2021. Premature ejaculation
  4. National Library of Medicine, diakses 18 Maret 2021. Premature ejaculation: an update on definition and pathophysiology
    register-docotr