Kehamilan

Vitamin Tambah Darah untuk Ibu Hamil, Penting Enggak Sih?

February 8, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh hamil. Semuanya dibutuhkan untuk mendukung kesehatan ibu dan janinnya, termasuk vitamin tambah darah untuk ibu hamil. 

Tapi apakah harus mengonsumsi vitamin tambah darah untuk ibu hamil? Bagaimana jika digantikan dengan makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. 

Sebelum lebih lanjut membahas vitamin tambah darah untuk ibu hamil, yuk simak menyeluruh diawali dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil

Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan ibu hamil. Karena asam folat mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi. Dilanjutkan dengan kandungan yodium, yang diperlukan untuk perkembangan otak dan sistem saraf. 

Kemudian dibutuhkan kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan, semuanya untuk membantu perkembangan janin, mulai dari sistem saraf hingga pertumbuhan kerangka.

Berikutnya ada zat besi, yang dikenal sebagai penambah darah. Ibu hamil membutuhkan zat besi agar tidak tidak kekurangan darah. Karena darah yang tadinya hanya dibutuhkan untuk ibu, kini harus dibagi untuk Si Kecil. 

Jika pasokan darah tidak tercukupi, ibu hamil dapat mengalami anemia. Di mana anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Gejala ringan bisa lelah, lemas, detak jantung cepat hingga risiko melahirkan prematur. 

Dua lagi yang juga penting adalah vitamin C dan vitamin B12. Vitamin C dibutuhkan untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. 

Sementara vitamin B12, dilansir dari WebMd, tubuh juga membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Selain itu, vitamin B12 juga membantu mencegah cacat bawaan lahir pada bayi.

Apakah harus mengonsumsi vitamin tambah darah untuk ibu hamil? 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selama hamil ibu memang membutuhkan nutrisi penambah darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang harus memproduksi lebih banyak dari biasanya, untuk mendukung pertumbuhan janin. 

Penambah darah juga diperlukan agar ibu hamil tidak mengalami anemia selama kehamilan. Dengan kata lain memang dibutuhkan penambah darah. Tapi, tidak harus selalu berupa vitamin atau suplemen. 

Ibu hamil bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C, untuk memperbanyak produksi darah dalam tubuh. Beberapa makan yang mengandung zat besi antara lain:

  • Daging sapi tanpa lemak
  • Daging ayam
  • Ikan salmon
  • Buncis dan kacang-kacangan
  • Bayam dan kubis

Namun jika ada kondisi tertentu, tentu saja diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin tambahan.

Kondisi yang direkomendasikan minum vitamin tambah darah untuk ibu hamil 

Kondisi yang pertama adalah jika ibu hamil seorang vegetarian atau vegan. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Jika dianggap kurang asupan nutrisi yang dibutuhkan, dokter akan merekomendasikan mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan, termasuk vitamin tambah darah untuk ibu hamil. 

Selain itu, kondisi selanjutnya adalah volume darah yang kurang atau bahkan sudah mencapai tahap anemia ringan. Seperti yang sudah disebutkan, kebutuhan volume darah ibu hamil meningkat dibanding biasan, hingga sekitar 45 persen. 

Jika volume darah tak tercukupi, dokter akan menyarankan untuk minum vitamin atau suplemen dengan kandungan zat besi, demi mencegah kondisi anemia yang semakin parah. 

Takarannya, ibu hamil membutuhkan asupan zat besi hingga 27 miligram setiap harinya. Tapi jika sudah dalam kondisi anemia, biasanya dosis akan ditambahkan sesuai dengan diagnosis dokter. 

Bagaimana memilih vitamin yang tepat untuk menambah darah ibu hamil? 

Sebenarnya, tanpa kondisi khusus ibu hamil tetap bisa minum vitamin tambah darah. Namun untuk memastikan keamanan dan dosis yang tepat, sebaiknya selalu komunikasikan kondisi kesehatan kepada dokter kandungan kamu.

Selain itu, untuk ibu hamil yang mengalami anemia dan direkomendasikan minum vitamin penambah darah untuk ibu hamil, biasanya juga sudah diberikan resep khusus. Ibu hamil cukup membelinya dan minum sesuai dengan aturan pakainya. 

Demikian informasi tentang vitamin penambah darah untuk ibu hamil. Semoga kamu yang sedang menunggu buah hati dapat melewati masa kehamilan dengan kondisi sehat dan tercukupi nutrisinya, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline, diakses 4 Januari 2021
Supplement During Pregnancy
WebMd, diakses 4 Januari 2021
Anemia in Pregnancy
NHS, diakses 4 Januari 2021
Vitamins, Supplements and Nutrition in Pregnancy
Verywellfamily, diakses 4 Januari 2021
Iron-Rich Foods to Eat During Pregnancy
Pregnancy, Birth & Baby, diakses 4 Januari 2021
Vitamins and Supplements During Pregnancy

    register-docotr