Diet dan Nutrisi

Legit dan Manis, Ini 6 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

February 8, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selain berbentuk unik, ada banyak manfaat dan khasiat buah naga merah. Beberapa di antaranya bisa menjaga kesehatan dan pencegahan penyakit, lho.

Hal tersebut tak lepas dari berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah naga merah, seperti vitamin C dan E, kalsium, serat, zat besi, dan masih banyak lagi.

Fakta itu pula yang menjadi alasan mengapa buah naga merah kian diminati di Indonesia. Yuk, cari tahu apa saja manfaat dan khasiat buah naga merah untuk kesehatan dengan ulasan berikut ini!

Apa itu buah naga?

Buah naga tumbuh dari kaktus Hylocereus, yang juga disebut Honolulu queen. Tanaman ini hanya mekar pada waktu malam. Daerah asal buah ini dari Meksiko dan Amerika Tengah, tapi sekarang sudah berkembang di seluruh penjuru dunia.

Dua jenis buah naga yang paling umum ditemui memiliki kulit merah dengan sisik hijau, mirip seperti naga. Jenis yang paling banyak tersedia adalah yang berdaging putih dengan biji hitam (buah naga putih), sementara yang lainnya berdaging merah dan biji hitam (buah naga merah).

Ada juga buah naga kuning, yang berkulit kuning, tetapi dagingnya putih dan bijinya hitam. 

Apakah manfaat buah naga putih berbeda dengan buah naga merah?

Ada banyak literatur dan kajian yang dapat menjabarkan manfaat buah naga merah dan buah naga putih. Salah satunya adalah yang diterbitkan dalam Jurnal Gizi Pangan edisi November 2017 yang mengkaji perbedaan efek kedua jenis buah naga tersebut terhadap kadar kolesterol.

Dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan 30 tikus putih. Hasilnya, tidak ada perbedaan signifikan efek kedua jenis buah naga ini terhadap kondisi hiperkolesterolemia pada tikus tersebut.

Peneliti berpendapat ada manfaat penurunan kolesterol yang ditawarkan buah naga putih dan merah. Dengan demikian, buah ini jadi satu pilihan alternatif diet bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol darah tinggi.

Perbandingan kandungan vitamin C buah naga merah dan putih

Sebuah penelitian dalam Jurnal Akademika Kimia mengkaji perbedaan kandungan vitamin C pada buah naga merah dan putih di Desa Kolono, Sulawesi Tengah. Dalam kajiannya, peneliti berkesimpulan kandungan vitamin C buah naga putih lebih besar daripada buah naga merah.

Dalam 100 gram buah naga putih terdapat 7,92 mg vitamin C. Lebih besar daripada buah naga merah yang mengandung 5,28 mg vitamin C dalam 100 gram.

Kandungan buah naga merah

Buah naga merah adalah buah rendah kalori dengan serat tinggi dan mampu menyediakan sejumlah vitamin dan mineral.

Melansir Healthline, berikut kandungan buah naga dalam porsi 100 gram yang perlu kamu ketahui:

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 3 persen dari RDI
  • Besi: 4 persen dari RDI
  • Magnesium: 10 persen dari RDI

Mengingat kandungan serat dan magnesium yang tinggi serta kalori yang sangat rendah, buah naga merah dapat dianggap sebagai buah yang sangat padat nutrisi.

Manfaat buah naga merah untuk tubuh

Selain rasanya yang manis, berbagai kandungan buah naga merah bisa membawa sejumlah efek positif, baik untuk jaga kesehatan hingga pencegahan beberapa penyakit. Beberapa di antaranya adalah:

1. Tinggi antioksidan

Khasiat buah naga merah yang pertama adalah perlindungan terhadap zat asing berbahaya. Kandungan betasinin dan betasantin pada buah naga merah berperan dalam mencegah paparan radikal bebas dari luar.

Dua senyawa tersebut bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel-sel yang dapat berujung pada masalah serius.

Menurut sebuah penelitian, kandungan antioksidan pada buah naga merah cukup efektif untuk meminimalkan terjadinya peradangan di dalam tubuh, termasuk radang sendi osteoarthritis.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan senyawa karotenoid pada buah naga merah bisa mencegah infeksi dengan cara melindungi sel darah putih yang ada di tubuh.

3. Khasiat buah naga merah untuk atasi sembelit

Kurangnya jumlah bakteri baik di dalam tubuh bisa memicu sembelit. Mengutip Healthline, ada jutaan mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia, 400 di antaranya adalah dari jenis bakteri.

Tidak semua bakteri tersebut bersifat jahat, tapi ada juga yang berperan dalam membantu melancarkan sistem pembuangan. Keberadaan bakteri baik sangat bergantung pada asupan prebiotik, yaitu serat yang bisa meningkatkan jumlahnya.

Nah, kamu bisa mendapatkan hal tersebut pada buah naga merah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012, serat prebiotik bisa memperbanyak jumlah bakteri asam laktat dan bifidobacterium dan dapat membantu mengatasi sembelit.

4. Menstabilkan gula darah

Bukan hanya melancarkan sistem pencernaan, nutrisi tersebut dapat mengontrol gula darah. Buah naga memiliki kemampuan untuk merangsang pembentukan sel pankreas yang menghasilkan insulin.

5. Menjaga kesehatan jantung

Buah naga memiliki kandungan asam lemak, yaitu omega 3 dan omega 9. Kandungan ini, menurut dokter, sangat berguna untuk kesehatan jantung manusia.

Baca juga: Penyakit Jantung: Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

6. Baik untuk ibu hamil

Perlu diketahui bahwa buah naga aman untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan nutrisi pada buah naga juga bisa memberikan beberapa khasiat untuk kesehatan ibu hamil dan janin, lho. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sumber energi sehat dan lemak baik. Selain karbohidrat, buah naga juga kaya akan lemak baik yang bisa berperan bantu metabolisme tubuh
  • Cegah infeksi. Saat Moms kena infeksi, mikroba rawan sekali akan mengarah ke bayi lewat plasenta. Buah naga dapat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka.
  • Cegah cacat lahir. Vitamin B kompleks, dikombinasikan dengan folat memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf anak, memastikan ia bebas dari gangguan apapun
  • Cegah preeklamsia. Hipertensi pada ibu hamil meningkatkan risiko preeklamsia dalam jumlah yang cukup besar. Buah naga bisa membantu jaga tingkat tekanan darah dan gula darah stabil, sehingga meminimalkan komplikasi yang terkait dengan kehamilan

Manfaat buah naga putih

Dirangkum dari berbagai sumber dan kajian, berikut ini adalah manfaat buah naga putih bagi kesehatan:

Memperbaiki kerusakan radikal bebas terhadap testis

Radikal bebas bisa masuk ke tubuh dari berbagai sumber, salah satunya adalah obat nyamuk bakar. Oleh karena itu, sebuah penelitian dalam Jurnal Kedokteran Diponegoro menemukan manfaat buah naga putih dalam menangkal efek radikal bebas obat nyamuk bakar ini.

Dalam penelitian tersebut, digunakan 25 mencit dengan 20 di antaranya diberi paparan asap obat nyamuk bakar. Penelitian dilakukan selama 21 hari untuk kemudian dihitung jumlah sel spermatogonia, spermatosit primer dan spermatid dari testis mencit tersebut.

Peneliti menemukan bagaimana pemberian ekstrak sel kulit buah naga putih dengan dosis 7,5 mg/ml, 15 mg/ml dan 30 mg/ml mampu meningkatkan jumlah sel spermatogonia, spermatosit primer dan spermatid dari mencit yang diberi paparan obat nyamuk bakar tersebut.

Dalam kajiannya, para peneliti menduga manfaat ini dipengaruhi oleh antioksidan yang terkandung dalam buah naga putih. Untuk itu,diperlukan kajian lebih lanjut yang dapat menjelaskan tentang hal ini terutama efeknya terhadap manusia.

Menghambat bakteri dalam mulut anak

Dalam tesis Sri Ramayanti di Universitas Gadjah Mada, disebutkan bagaimana buah naga dapat menghambat bakteri Streptococcus mutans yang menjadi penyebab karies gigi dalam rongga mulut anak.

Sebenarnya, dalam penelitian ini juga dilakukan perbandingan pemberian ekstrak etanol buah naga merah dan buah naga putih terhadap penghambatan bakteri. 

Hasilnya, buah naga putih justru bisa lebih menghambat pertumbuhan dan perlekatan bakteri dibandingkan ekstrak buah naga merah.

Menurunkan kadar kolesterol

Buah naga putih dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan

Hanya saja, manfaat buah naga putih ini dalam memengaruhi kadar kolesterol, LDL dan HDL tidak lebih baik dari buah naga merah. Hal ini disebabkan kandungan zat antihiperlipid dalam buah naga putih yang lebih sedikit.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

  1. Medical News Today, diakses 4 Juli 2020, What are the proven benefits of dragon fruit?
  2. Healthline, diakses 4 Juli 2020, 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.
  3. National Center for Biotechnology Information, diakses 4 Juli 2020, Prebiotics and the Health Benefits of Fiber: Current Regulatory Status, Future Research, and Goals.
  4. National Center for Biotechnology Information, diakses 4 Juli 2020, Effect of dragon fruit extract on oxidative stress and aortic stiffness in streptozotocin-induced diabetes in rats.
  5. Healthline, diakses pada 8 September 2020, What Is Dragon Fruit and Does It Have Health Benefits?
  6. Parenting Firtstory, diakses pada 8 September 2020, Eating Dragon Fruit During Pregnancy – Is It Safe?

    register-docotr