Kehamilan

Sulit Hamil karena Berat Badan, Benarkah? Kenali Penyebabnya dan Cara Miliki Berat Ideal

July 1, 2020 | Dhiamara Arradea | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Tahukah kamu mempunyai berat badan yang sehat dan ideal dapat meningkatkan peluang untuk hamil? Kasus sulit hamil karena berat badan, baik itu kelebihan atau kekurangan akan dibahas lebih lanjut penyebab dan cara memiliki berat badan ideal.

Mempunyai berat badan yang ideal sebelum hamil akan mengurangi berbagai risiko dan masalah kesehatan selama kehamilan. Dimulai dari diabetes gestasional hingga komplikasi selama masa kehamilan hingga persalinan berlangsung.

Berat badan ideal dapat meningkatkan peluang hamil?

Dilansir dari Womenshealth, wanita yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, dan kekurangan berat badan akan kehilangan peluang untuk hamil.

Wanita yang perlu menambah berat badan sebelum hamil harus menambah berat badan secara bertahap. Selain itu, perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara menambah berat badan dengan aman.

Begitu juga untuk kamu yang ingin menaikkan berat badan. Lebih baik konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan cara diet yang aman agar bisa cepat mendapat momongan.

Bagaimana jika berat badan berlebih?

Berat badan yang berlebihan bisa membuat kamu sulit untuk hamil. Penyebabnya, kegemukan dan obesitas dapat memengaruhi kesuburan. Pada sindrom ovarium politikis atau PCOCS, salah satu penyebabnya adalah kelebihan berat badan.

Kasus tersebut salah satu alasan paling umum penyebab infertilitas pada kebanyakan wanita. Cara mengatasinya dengan diet menurunkan berat badan.

Mencegah ovulasi

Kelebihan berat badan juga akan mencegah ovulasi. Indung telur akan menghasilkan hormon estrogen pada wanita. Sel-sel lemak juga menghasilkan estrogen. Saat berat kamu bertambah, sel-sel lemak akan tumbuh dan melepaskan lebih banyak estrogen.

Terlalu banyak estrogen alami dapat menyebabkan tubuh kamu bereaksi seolah-olah kamu menggunakan hormon KB dengan estrogen (seperti pil, suntikan, atau cincin vagina). Ini dapat mencegah kamu berovulasi dan memiliki periode bulanan.

Bagaimana peluang hamil bagi berat badan kurang?

Kekurangan berat badan atau memiliki indeks masa tubuh (IMT) kurang dari 18,5, dapat mengurangi kesuburan pada wanita. Juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi ovulasi dan peluang untuk hamil.

Hal tersebut juga menyebabkan tubuh berhenti menghasilkan estrogen. Juga dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Jika kamu menurunkan berat badan karena sengaja mengurangi makan dan terlalu banyak olahraga bisa turun berat badan drastis.

Dilansir dari Babycenter.co.uk, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa jumlah lemak yang ada di dalam tubuh juga berperan dalam kesuburan.

Jika lemak tubuh terlalu rendah, akan mengganggu aliran hormon dari otak dan mencegah kamu untuk melepaskan sel telur setiap bulannya.

Baca Juga: Jangan Khawatir Moms! Ini dia Penyebab Keputihan saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Cara untuk mengetahui berat badan yang sehat?

Cara termudah untuk mengetahui apakan kamu memiliki berat badan yang ideal dan sehat adalah dengan mencari tahu indeks massa tubuh (IMT) kamu.

Secara umum, kamu bisa memiliki peluang hamil yang besar jika memiliki IMT antara 20 hingga 25, dibanding jika berada di bawah atau di atas angka tersebut.

Bahkan untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal kamu harus memiliki IMT setidaknya 22 persen. Maka, jika kamu memiliki periode menstruasi yang tidak teratur atau bahkan tidak sama sekali, segera konsultasi ke dokter.

Jika periode menstruasi kamu teratur tapi tidak juga hamil selama lebih dari satu tahun atau lebih dari 6 bulan (jika berusia 35 tahun ke atas). Kamu juga wajib konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan solusinya.

Penanganan dokter untuk pasien yang sulit hamil karena berat badan

Dokter umum mungkin akan merujuk kamu ke ahli gizi untuk membantu menyusun menu diet sehat.

Selain itu, dokter juga bisa menawarkan beberapa tes dan merujuk ke spesialis kesuburan. Tes tersebut untuk mengetahui apakah kamu memiliki beberapa gangguan seperti masalah tiroid yang bisa memengaruhi siklus menstruasi kamu.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Babycentre.co.uk. Dilansir pada 27 Juni 2020. I’m Overweight. Will this Affect My Chances of Getting Pregnant
  2. Babycentre.co.uk.Dilansir pada 27 Juni 2020. Will Being Underweight Affect My Abilitu to Get Pregnant?
  3. Womenshealth.gov (2018).Dilansir pada 27 Juni 2020. Weight, Fertility, and Pregnancy
  4. Betterhealth.voc.gov.au (2020).Dilansir pada 27 Juni 2020. Weight, Fertility, and Pregnancy Health
    Berita Terkait
    register-docotr