Kehamilan

Wajib Tahu! Berikut Cara Meningkatkan Nafsu Makan Ibu Hamil!

May 17, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tidak ada dorongan untuk makan, atau tidak mau mengunyah sekalipun lapar adalah hal yang umum terjadi di masa kehamilan. Sebelum hal ini terjadi padamu, ada baiknya kamu mengetahui cara meningkatkan nafsu makan ibu hamil sebagai persiapan.

Baca juga: Nafsu Makan Selalu Meningkat saat PMS? Ini Alasannya!

Penyebab nafsu makan menurun di masa kehamilan

Salah satu dampak dari sekian banyak perubahan yang terjadi di masa kehamilan adalah berkurangnya nafsu makan. 

Yang perlu kamu ingat, nafsu makan yang hilang saat puasa berbeda dengan keengganan mengonsumsi makanan tertentu yang juga umum terjadi di masa kehamilan.

Beberapa faktor yang menyebabkan kamu mengalami penurunan nafsu makan di masa kehamilan adalah:

  • Mual dan muntah: Kedua hal ini juga merupakan kondisi yang umum terjadi saat hamil dan bisa memengaruhi asupan makanan dan selera makan ibu hamil
  • Kondisi kesehatan mental: Beberapa kondisi kesehatan mental yang bisa muncul saat hamil, seperti depresi dan cemas dapat memengaruhi nafsu makan
  • Obat-obatan: Sekalipun obat yang kamu konsumsi dikatakan aman di masa kehamilan, tapi ada juga yang menghasilkan efek samping berupa nafsu makan yang turun
  • Eating disorder: Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia dapat muncul di masa kehamilan dan menyebabkan nafsu makan menurun

Bagaimana cara meningkatkan nafsu makan ibu hamil?

Ada berbagai strategi yang bisa kamu terapkan nantinya untuk meningkatkan nafsu makan saat sedang menjadi ibu hamil. Di antaranya adalah:

Makan dalam jumlah kecil

Jika penyebab nafsu makan yang turun adalah mual atau muntah, maka makan dalam jumlah yang kecil bisa jadi cara untuk meningkatkan nafsu makan yang turun pada ibu hamil.

Makanlah dalam jumlah kecil tapi sering. Siapkan porsinya setengah dari yang biasa kamu makan supaya perut tidak terlalu penuh dan kecenderungan untuk mual pun berkurang.

Selain itu, semakin bayi bertumbuh, maka perut pun akan mudah penuh dengan hanya makan dalam jumlah sedikit.

Ubahlah pola makan menjadi 5-6 kali dalam sehari ketimbang tiga kali sebagaimana yang biasa kamu lakukan.

Jahe untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil

Selain mengubah porsi makan, salah satu obat tradisional yang bisa mengatasi mual dan muntah yang menyebabkan penurunan nafsu makan adalah dengan konsumsi jahe.

Hal ini disebutkan dalam penelitian yang terbit di jurnal Foods. Penelitian tersebut menemukan bagaimana 1 gram jahe segar per hari selama 4 hari dapat menurunkan mual dan muntah tanpa ada risiko terhadap ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Meskipun demikian, peneliti menyebut kalau kualitas dari jahe pun harus diperhatikan agar hasil pengobatan lebih efektif.

Baca juga: Berbagai Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Cegah Infeksi hingga Kanker!

Perhatikan apa yang kamu makan

Beberapa makanan dapat memicu mual dan muntah yang menyebabkan nafsu makan menurun. Oleh karena itu, hindari makanan-makanan yang tidak bisa kamu konsumsi. 

Selain itu, jangan menggunakan bumbu atau rempah yang pedas untuk menghindari rasa mual ini.

Makanan yang perlu diprioritaskan

Selain memerhatikan makanan yang perlu dihindarkan, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan ibu hamil:

  • Snack kaya protein: Jenis makanan yang bisa kamu andalkan untuk asupan protein namun tidak menurunkan nafsu makan adalah telur rebus, greek yoghurt, buncis panggang, keju dan crackers, potongan ayam
  • Sayuran penuh serat: Ubi, kacang hijau, wortel hingga salad bayam mentah bisa kamu andalkan untuk meningkatkan nafsu makan dan memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan
  • Camilan manis: Berbagai jenis berry, oatmeal, buah kering, hingga produk olahan susu bisa kamu konsumsi 
  • Makanan hambar: Beberapa makanan hambar seperti quinoa, nasi merah, pasta, makaroni keju dan mashed potato bisa kamu andalkan ketika sedang turun nafsu makan saat hamil
  • Sup: Sup ayam dengan mie atau nasi bisa jadi satu makanan untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil
  • Asupan cairan: Selain sup, kaldu-kalduan atau smoothies bisa jadi satu santapan yang meningkatkan selera ibu hamil yang nafsu makannya sedang turun

Demikianlah berbagai cara untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil yang perlu kamu ketahui. Selalu pastikan asupan nutrisi kamu terjaga selama masa kehamilan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 13 Mei 2021. Appetite Loss During Pregnancy: Causes, Symptoms, and Advice
  2. Livestrong, diakses 13 Mei 2021. How to Increase Appetite in Pregnancy
  3. National Library of Medicine, diakses 13 Mei 2021. Nausea and Vomiting of Pregnancy-What’s New?
  4. National Library of Medicine, diakses 13 Mei 2021. How Safe Is Ginger Rhizome for Decreasing Nausea and Vomiting in Women during Early Pregnancy?
    register-docotr