Kehamilan

Manfaat Buah Zuriat: Tingkatkan Kualitas Sperma dan Menjaga Sel Telur

October 10, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Buah zuriat untuk promil memang sudah banyak dianjurkan sehingga sering juga disebut sebagai buah keturunan. Meski masih terdengar asing, namun buah ini banyak dicari karena dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita.

Tak hanya untuk meningkatkan kesuburan, buah zuriat juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat buah zuriat untuk promil, yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Punya Rencana Menikah? Kenali Lebih Dulu Beberapa Tes Kesehatan Sebelum Menikah

Manfaat buah zuriat untuk promil

Dilansir dari Steemit.com, buah zuriat dijual sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesuburan pria dan wanita. Namun, ada beberapa klaim bahwa khasiat buah ini tidak langsung berkaitan dengan kesuburan seseorang melainkan memperbaiki hormonal.

Perlu diketahui, buah zuriat berukuran besar dengan rata-rata diameter sekitar 6 sampai 10 sentimeter. Buah ini memiliki bentuk lonjong dan memiliki wangi yang cukup harum.

Selain itu, zuriat juga memiliki kulit yang keras berwarna coklat dengan permukaan bergelombang dan dilapisi celah halus. Buah ini memiliki berbagai manfaat seperti:

Meningkatkan kualitas sperma

Kesehatan seksual dan reproduksi pada pria akan meningkatkan, terutama kualitas sperma. Buah zuriat juga mengandung vitamin C untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kesehatan pria selama program hamil dilakukan bisa terjaga dengan baik.

Menjaga kualitas sel telur

Tak hanya pada pria, manfaat buah zuriat untuk promil juga bisa didapatkan oleh wanita. Buah ini mampu menjaga kualitas sel telur pada wanita jika dikonsumsi secara rutin.

Karena itu, jika buah zuriat dikonsumsi selama program hamil baik oleh wanita maupun pria maka peluang mendapatkan anak bisa semakin besar.

Memperkuat rahim wanita

Buah zuriat untuk promil memang sangat bagus dan disarankan oleh dokter karena bisa memperkuat dinding rahim.

Tak hanya itu, buah ini juga memiliki khasiat nutrisi dan farmakologis sehingga ekstraknya dapat digunakan dalam pengobatan bilharziasis, hematuria, dan perdarahan setelah melahirkan.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari buah zuriat

Buah zuriat mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai diuretik dan membantu membersihkan sistem pencernaan serta peredaran darah. Nah, beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi buah zuriat antara lain sebagai berikut:

Menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa buah zuriat atau doum menyebabkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Efek mengonsumsi buah ini dianggap bermanfaat dalam mengurangi risiko kardiovaskular pada seseorang.

Peningkatan HDL atau kolesterol baik dan penurunan LDL atau kolesterol jahat bisa mengurangi pembentukan ateroma di dinding arteri. Karena itu, penurunan tekanan darah ini juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Mengobati sakit tulang

Selain menurunkan tekanan darah, buah zuriat juga bisa membantu mengobati patah tulang. Buah zuriat yang dikonsumsi rutin dapat pula mengobati nyeri sendi, sakit pada lutut, serta nyeri tumit. 

Kandungan berbagai nutrisi dalam buah zuriat akan menghilangkan rasa lelah di seluruh tubuh. Tak hanya itu, khasiat dari buat ini akan menyembuhkan anggota tubuh yang lemah, bahkan lumpuh.

Bagaimana cara mengonsumsi buah zuriat?

Buah zuriat paling cocok dikonsumsi saat masih segar atau bisa juga dimasak terlebih dahulu dengan ditumis, dipanggang, dan digoreng. Selain itu, daging buahnya bisa dikonsumsi sebagai camilan yang renyah dan bergizi.

Daging buah ini bisa direbus dengan madu, susu, atau gula, dan dibuat menjadi teh. Cara mengonsumsi lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan digiling terlebih dahulu hingga menjadi bubuk lalu campurkan pada minuman, jus, dan smoothie.

Tak hanya minuman, biji buah zuriat bisa dimakan mentah atau diolah menjadi masakan seperti sayuran dan dipanggang menjadi pancake, kue, serta roti. Buah zuriat dapat bertahan hingga satu minggu jika disimpan dengan baik di tempat yang sejuk, kering, dan gelap.

Baca juga: Kenali Bahaya Corona bagi Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. INTERNET SCIENTIFIC PUBLICATIONS, diakses 8 Oktober 2020.  The Beneficial Dietary Hypotensive and Hypolipidaemic Effects of Hyphaene Thebaica ( Doum )
  2. Specialtyproduce.com, diakses 8 Oktober 2020. Zuriat Fruit
  3. Steemit.com (2018), diakses 8 Oktober 2020. Zuriat Fruit Benefits for health
    Berita Terkait
    register-docotr