Diet dan Nutrisi

6 Manfaat Buah Zuriat: Tingkatkan Kesuburan dan Baik untuk Ibu Hamil

October 6, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal kurma sebagai buah asli dari Arab. Padahal ada buah lain yang tak kalah berkhasiat yaitu buah zuriat. Buah zuriat untuk promil sangat direkomedasikan karena memiliki beragam manfaat.

Ada banyak manfaat dari buah zuriat yang bisa didapatkan tubuh. Nah, manfaat buah zuriat untuk promil yang paling populer adalah dapat meningkatkan kesuburan. Buah zuriat untuk promil bisa dikonsumsi secara rutin untuk membantu keluarga yang sedang merencanakan memiliki anak.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi zuriat

Zuriat secara botani diklasifikasikan sebagai Hyphaene thebaici di mana merupakan buah yang tumbuh pada pohon dengan tinggi mencapai 15 meter. Untuk itu, buah tersebut bisa tumbuh subur di iklim yang umumnya panas dan kering serta di sepanjang saluran air.

Buah zuriat berukuran besar, dengan rata-rata berdiameter 6 hingga 10 sentimeter. Buah ini berbentuk bulat hingga lonjong dengan wangi yang harum dengan kulit keras berwarna coklat.

Daging dari buah ini berserat dan kenyal dan membungkus biji lonjong besar yang berwarna putih, keras, dan padat. Buah zuriat adalah jenis buah yang renyah dengan rasa asam manis. Oleh karena itu, buah satu ini sering disamakan dengan rasa roti jahe.

Bentuk buah zuriat atau hypheane thebaica L. sekilas seperti kelapa, tapi lebih kecil. Buah zuriat banyak tumbuh di Afrika, tepatnya di sepanjang sungai Nil di Sudan dan Mesir.

Yuk, cari tahu apa saja manfaat buah zuriat dengan ulasan di bawah ini!

1. Sumber karbohidrat dan serat

Dengan mengonsumsi buah ini, kamu akan mendapatkan banyak nutrisi yang menyehatkan. Beberapa di antaranya adalah kandungan karbohidrat dan serat yang tinggi. Buah ini sangat cocok digunakan sebagai obat gangguan pencernaan.

Serat yang terkandung di dalamnya bisa memberi stimulus pada usus untuk mengolah makanan lebih baik lagi. Agar mendapat hasil optimal, ada baiknya kamu mengimbanginya dengan minum air putih.

Kandungan karbohidrat yang dalam buah ini juga akan menjaga tubuhmu tetap bugar dan bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, konsumsi buah ini secara teratur bisa menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks vs Sederhana, Mana Lebih Baik?

2. Kaya antioksidan

Buah yang satu ini memiliki banyak senyawa antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti flavonoid, fitokemikal, dan hidrosinemat. Antioksidan yang tinggi sangat baik dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan menjaga kolesterol baik tetap stabil.

Buah zuriat mampu menurunkan kadar kolesterol menjadi kurang dari 200mg/dL. Ini tak lepas dari adanya senyawa yang bisa menurunkan level tigliserida (lemak darah) di dalam tubuh. Flavonoid yang tinggi juga bisa membentengi tubuh dari paparan radikal bebas.

3. Mengontrol tekanan darah

Kamu bisa mengontrol tekanan darahmu dengan memperbanyak konsumsi buah zuriat. Ekstrak buah ini bisa membuat tekanan darah menjadi stabil, sehingga dapat menghindarkanmu dari hipertensi.

Hal tersebut tak lepas dari kandungan vitamin B1, B2, dan B3 yang ada di dalamnya. Selain itu, kalsium, protein, dan fosfor juga membantu peredaran darah menjadi lebih optimal.

4. Manfaat buah zuriat untuk hati

Selain hipertensi, masyarakat Mesir juga menggunakan buah zuriat untuk memperbaiki fungsi organ hati.

Mengutip The Egyptian Journal of Hospital Medicine, senyawa flavonoid bisa mencegah berbagai pemicu kerusakan hati. Dengan demikian, organ tersebut bisa tetap bekerja secara optimal dalam membunuh racun di dalam tubuh.

Baca juga: Hati-hati, Ini Bahaya Cacing Pita bagi Kesehatan Tubuh

5. Manfaat buah zuriat untuk ibu hamil

Sebuah publikasi di US National Library of Medicine, selain karbohidrat, serat, dan antioksidan, buah zuriat juga memiliki kandungan folat yang tinggi. Zat tersebut sangat baik untuk membantu proses tumbuh kembang janin.

Tidak hanya itu, asam folat bisa mencegah bayi mengalami kelainan saraf dan lahir cacat. Buah zuriat juga mampu memperkecil risiko keguguran pada sang ibu. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan janinnya sampai proses persalinan.

6. Manfaat buah zuriat untuk kesuburan

Tidak hanya untuk ibu hamil, buah zuriat ternyata juga baik dalam menjaga kesehatan dan kesuburan pria. Salah satunya adalah dalam membantu menjaga kualitas sperma. Tak heran jika buah ini selalu diburu oleh pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan.

Untuk itu, buah ini cukup populer dan sering direkomendasikan kepada keluarga yang ingin cepat memiliki anak. Pastikan untuk mengonsumsi buah zuriat dalam jumlah yang cukup agar tidak berlebihan.

Nah, itulah enam manfaat buah zuriat yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa mengonsumsi buah zuriat secara langsung maupun menyeduh minuman dari ekstraknya. Selamat mencoba!

Manfaat buah zuriat untuk pria

Selain untuk wanita, manfaat buah zuriat untuk pria juga bisa kamu dapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Khasiat buah zuriat karena kandungan vitamin C adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, khasiat buah zuriat lainnya yakni melawan radikal bebas serta bertindak sebagai anti inflamasi karena kandungan antioksidannya.

Khasiat buah zuriat juga bisa berfungsi sebagai diuretik dimana membantu membersihkan sistem pencernaan serta peredarah darah karena mengandung vitamin dan mineral.

Berbagai manfaat buah zuriat untuk pria bisa kamu peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Cara mengonsumsi buah zuriat bisa langsung dimakan langsung tanpa diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Biasanya, cara mengonsumsi buah zuriat oleh anak-anak di mesir adalah dijadikan sebagai camilan, direbus dengan madu, susu, atau gula untuk dijadikan teh, serta digiling menjadi bubuk untuk dicampurkan pada jus atau smoothie.

Manfaat madu zuriat

Cara mengonsumsi buah zuriat memang beragam, namun perlu diketahui jika beberapa orang menjadikannya sebagai madu. Madu zuriat biasanya dikonsumsi oleh wanita atau pria yang sedang melakukan program hamil atau promil.

Madu zuriat bisa membantu meningkatkan kesuburan kandungan pada wanita. Karena itu, piihlah madu zuriat yang berkualitas dan konsumsi secara rutin selama program hamil.

Selain madu, buah ini juga dijual dalam bentuk suplemen baik berupa bubuk atau kapsul zuriat. Kapsul zuriat bisa dikonsumsi dengan mudah menggunakan air atau dibantu makanan.

Suplemen atau kapsul zuriat dapat diberikan pada pria serta wanita untuk membantu memperlancar program hamil. Jika ragu dengan khasiat buah zuriat, kamu bisa konsultasikan dengan dokter.

Biasanya, dokter akan memberikan saran yang tepat untuk membantu program hamil atau promil selain menggunakan bahan alami termasuk buah zuriat.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. A El-Gendy, A El-Mileegy, E Ghyaty, H Malek, A El-Hamid Mousa. The Beneficial Dietary Hypotensive and Hypolipidaemic Effects of Hyphaene Thebaica ( Doum ). The Internet Journal of Alternative Medicine. 2008 Volume 7 Number 1.
  2. Mohamed Abou –Elalla. ‘Antioxidant and anticancer activities of doum fruit extract (Hyphaene thebaica)’. African Journal of Pure and Applied Chemistry Vol. 3 (10), pp. 197-201, October 2009
  3. Amany A Tohamy, et. al. ‘The Effect of Lupinus Albus (Termis) and Hyphaene Thebaica (Doum) on Some Biochemical Parameters in Streptozotocin-Induced Diabetic Rats’. The Egyptian Journal of Hospital Medicine (October 2013) Vol. 53
  4. US National Library of Medicine, diakses 4 Juni 2020, Influence of doum (Hyphaene thebaica L.) flour addition on dough mixing properties, bread quality and antioxidant potential.
  5. Kementerian Kesehatan, diakses 4 Juni 2020, Hari Hipertensi Dunia 2019 : “Know Your Number, Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK.”.
  6. Specialtyproduce.com, diakses 6 Oktober 2020. Zuriat Fruit

    register-docotr