Info Sehat

Yuk, Kenali 6 Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria Sebelum Terlambat

October 10, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Saluran kemih adalah kumpulan organ yang berada pada jalur urine. Adanya infeksi pada saluran kemih bisa memengaruhi proses pembuangan.

Apa saja gejala-gejala itu? Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak berbagai gejala infeksi saluran kemih pada pria berikut ini!

Apa itu infeksi saluran kemih?

gejala infeksi saluran kemih pada pria
Kumpulan organ pada sistem kemih pria. Sumber foto: www.niddk.nih.gov

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran urine, yang biasanya disebabkan oleh bakteri dari anus. Jika tidak segera diobati, infeksi tersebut bisa terus menyebar hingga mencapai saluran kemih bagian atas seperti ginjal.

Menurut American Academy of Family Physicians, 80 persen kasus infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E. coli yang berada di usus manusia. Meski lebih sering menyerang wanita, pria juga dapat mengalami kondisi serupa. Infeksi saluran kemih kerapkali terjadi pada area seperti:

  • Uretra: Saluran berbentuk tabung untuk mengalirkan urine dari kandung kemih ke penis. Infeksi pada uretra disebut dengan uretritis.
  • Kandung kemih: Bagian tubuh berbentuk seperti kantong yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan urine. Infeksi pada kandung kemih disebut dengan sistitis.
  • Ureter: Saluran yang bertugas membawa urine dari ginjal ke kandung kemih.
  • Ginjal: Organ yang berfungsi menyaring darah dan membuang limbah atau zat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui urine.

Gejala infeksi saluran kemih pada pria

Gejala infeksi saluran kemih pada pria tidak terlalu berbeda dengan wanita. Sebab, organ pada sistem kemih antara pria dan wanita memiliki struktur dan fungsi yang sama. Gejala-gejala itu meliputi:

1. Nyeri saat kencing

Gejala infeksi saluran kemih pada pria yang paling umum adalah munculnya rasa nyeri ketika kencing. Hal ini disebabkan oleh urine yang melewati peradangan uretra. Ketika dinding uretra bersentuhan langsung dengan urine yang bersifat asam, ini akan menimbulkan sensasi terbakar.

Meski begitu, munculnya nyeri saat buang air kecil tak selalu menandakan infeksi saluran kemih. Kondisi tersebut juga dapat mengindikasikan keadaan lainnya, misalnya infeksi menular seksual. Sangat penting untuk memeriksakannya agar mengetahui penyebab sebenarnya.

Baca juga: 5 Efek Negatif Menahan Kencing, Jangan Dibiasakan!

2. Ingin kencing secara tiba-tiba

Keinginan untuk buang air kecil secara tiba-tiba adalah salah satu gejala infeksi saluran kemih pada pria yang jarang disadari. Kondisi ini disebabkan oleh kontraksi otot yang tidak disengaja pada kandung kemih, disebut dengan inkontinensia urgensi.

Meski begitu, keadaan yang sama juga bisa mengindikasikan adanya penyakit lain, misalnya gangguan pada prostat. Kelenjar prostat sendiri berada tepat di bawah kandung kemih, sehingga dapat memengaruhi jalur urine.

3. Darah di urine

Ketika terjadi infeksi di saluran kemih, perdarahan akan rentan terjadi. Akhirnya, darah akan bocor ke urine dan mengubah warna air seni menjadi merah terang, merah gelap, bahkan kecokelatan. Bercampurnya darah pada urine disebut dengan hematuria.

Darah di urine tak selalu mengindikasikan infeksi saluran kemih, tapi juga kondisi lain seperti adanya batu ginjal.

4. Sakit pada perut bagian bawah

Gejala infeksi saluran kemih pada pria berikutnya adalah muncul rasa sakit pada perut bagian bawah. Rasanya bisa seperti kram yang disebabkan oleh pukulan benda tumpul. Hal ini dipicu oleh peradangan yang terjadi di kandung kemih itu sendiri.

5. Sakit punggung

Jika kamu sering merasakan sakit punggung, bisa jadi itu adalah gejala infeksi saluran kemih. Rasa sakit dapat muncul akibat adanya peradangan di area ginjal, yang lokasinya berada di sekitar pinggang.

Jika ini terjadi, perhatikan apakah kamu juga mengalami gejala lain. Sebab, bakteri yang telah mencapai ginjal mengindikasikan bahwa infeksi sudah dalam fase lanjut. Sehingga, ada tanda-tanda lain yang bisa dirasakan secara bersamaan.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Punggung Bagian Bawah yang Kamu Perlu Tahu

6. Demam tinggi

Demam adalah salah satu tanda bahwa sedang ada perlawanan oleh sistem imun terhadap zat asing seperti virus atau bakteri. Dalam hal ini, tubuh sedang berusaha untuk membasmi bakteri penyebab infeksi saluran kemih seperti E. coli.

Pada kebanyakan kasus, demam akibat infeksi juga disertai oleh gejala lain seperti mual dan muntah.

Nah, itulah enam gejala infeksi saluran kemih pada pria yang perlu kamu waspadai. Penanganan yang tepat sangat diperlukan untuk meminimalkan risiko dan dampak buruk yang bisa ditimbulkan. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 8 Oktober 2020, Everything You Should Know About Urinary Tract Infections (UTIs) in Men
  2. American Academy of Family Physicians, diakses 8 Oktober 2020, Urinary Tract Infections in Adults.
  3. Everyday Health, diakses 8 Oktober 2020, Signs and Symptoms of Urinary Tract Infections.

    Berita Terkait
    register-docotr