Yuk, Ketahui Manfaat Madu Hitam, Si Pahit yang Punya Banyak Khasiat bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Madu identik dengan warna kekuningan dan rasa yang manis. Tapi berbeda dengan madu hitam, selain berwarna hitam seperti namanya, madu ini juga punya rasa pahit. Tapi, manfaat madu hitam untuk kesehatan dipercaya lebih baik dari madu jenis lain.

Madu hitam memiliki antioksidan yang tinggi, dan bisa mengobati beberapa penyakit seperti asma. Ingin tahu penjelasan lebih lanjut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu madu hitam

Madu hitam adalah salah satu jenis madu yang berasal dari Indonesia dan telah dikenal sebagai obat tradisional. Jika madu yang biasa kita kenal punya ras yang manis, madu hitam sedikit berbeda. Rasa dari madu ini sedikit agak pahit. 

Madu hitam diproduksi oleh sekelompok lebah yang menyedot nektar bunga Mahoni. Nah, rasa pahit ini berasal dari dari nektar bunga pohon Mahoni yang mengandung zat alkaloid tinggi yang berfungsi sebagai anti infeksi.

Madu hitam. Foto www.vaaju.com

Kandungan madu hitam

Madu ini mempunyai beberapa kandungan yang dipercayai baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan yang terdapat dalam madu hitam, seperti:

  • Saponin: Berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga stabilitas gula darah dan mengurangi lemak tubuh.
  • Flavonoid: Berguna untuk mengurangi lemak, melancarkan peredaran darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan sebagai antioksidan. 
  • Unsur kromium: Dapat membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin sehingga metabolisme gula darah dapat bersirkulasi dengan lancar dan tidak akan terakumulasi dalam pembuluh.
  • Zat alkaloid: Zat ini berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif untuk menyembuhkan peradangan dan mengembalikan fungsi sel-sel tubuh.
  • Hemoglobin: Berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga stamina dan vitalitas tubuh tetap terjaga.

Manfaat madu hitam untuk kesehatan

Di balik rasa pahitnya, manfaat madu hitam untuk kesehatan telah dipercaya bertahun-tahun dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini manfaat madu hitam.

1. Antioksidan

Menurut penelitian, madu hitam mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu manis atau pemanis alami lainnya.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa antioksidan ini dapat membantu melindungi sel dari stres oksidatif yang terkait dengan kanker dan penyakit lainnya.

2. Menstabilkan kadar gula darah

Apakah kamu merupakan orang yang sulit untuk menjaga kadar gula darah? Kalau iya, kamu bisa mengonsumsi madu hitam dan diiringi dengan diet karbohidrat.

Hal ini berdasarkan sebuah studi yang mengatakan, mengonsumsi madu hitam diiringi dengan diet karbohidrat menghasilkan kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah.

Kadar indeks glikemik yang mirip dengan gula rafinasi. Indeks glikemik mengukur seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan kadar gula darah.

3. Mengatasi asma 

Madu hitam dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit asma dan paru-paru. Tapi tentu saja, hasilnya tidak instan, ini tergantung pada tubuh pasien dapat beradaptasi.

4. Kesehatan tulang

Madu hitam adalah sumber zat besi, selenium, dan tembaga yang baik, yang semuanya membantu menjaga kesehatan tulang.

Tidak cuma itu saja, madu satu ini juga mengandung beberapa kalsium, yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Menghilangkan black spot di wajah

Nah, selain bermanfaat untuk kesehatan, madu hitam juga bisa kamu jadikan solusi kecantikan untuk menghilangkan black spot atau bintik hitam di wajah. Madu hitam  berfungsi melancarkan peredaran darah di wajah. 

Dengan mengoleskan madu hitam pada wajah, maksimal dua kali seminggu, bintik hitam secara bertahap dapat terkikis dan menghilang dari wajah.

Setelah kamu menggunakan masker madu hitam, disarankan untuk menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi efek kulit kering dari madu hitam. Namun ini tergantung pada sensitivitas kulit kamu.

6. Meringankan nyeri haid 

Selama bertahun-tahun, madu hitam telah digunakan sebagai obat rumah untuk meringankan nyeri haid yang kerap dirasakan wanita pada awal-awal menstruasi. Kamu bisa menjadikan madu hitam sebagai teh dengan mencampurkan air hangat.

Selain mengatasi nyeri, teh madu hitam juga meringankan gejala menstruasi lainnya  termasuk nyeri payudara, kembung, retensi air, jerawat, depresi, lekas marah.

7. Mengobati maag

Penderita maag sering mengalami rasa sakit dan mual ketika maag terjadi. Ini karena produksi asam lambung meningkat, sehingga perut menjadi kembung. Konsumsi madu hitam secara teratur dapat dengan cepat mengurangi dan menyembuhkan masalah tersebut dan bahkan dapat membuat pencernaan tubuh menjadi normal.

8. Mengurangi perasaan stres

Jika kamu merasa sedang stres, cobalah untuk mengonsumsi teh madu hitam di pagi hari. Kandungan vitamin B6 dalam secangkir teh madu hitam dipercaya dapat meningkatkan serotonin di otak. Kekurangan serotonin dikaitkan dengan depresi dan perilaku kompulsif.

Aturan penggunaan madu hitam sebagai obat

Madu hitam memang mengandung banyak manfaat. Tapi, sebelum kamu menggunakannya sebagai obat tradisional, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar hasilnya optimal. 

Kamu sebaiknya mengonsumsi madu hitam dengan campuran air, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jangan menggunakan air panas, karena dapat merusak kandungan nutrisi.

Aturan konsumsi madu, untuk orang dewasa disarankan 100-200 gram sehari, diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak dosisnya hanya 30 gram sehari. Kamu dapat mengonsumsi madu dua jam sebelum makan atau tiga jam setelah makan.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai manfaat madu hitam? Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter secara online di Good Doctor. Caranya, buka aplikasi Grab lalu pilih fitur Kesehatan, atau klik di sini.

Medical News Today (2020). Diakses pada 20/06/20. Everything you need to know about molasses

Steemit (2017). Diakses pada 20/06/20. Benefits of black honey for the body

Dr Health Benefit (n.d). Diakses pada 20/06/20. 10 Powerful Health Benefits of Black Honey

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin