8 Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes yang Wajib Kamu Ketahui

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Memilih makanan untuk penderita diabetes menjadi peran penting agar kadar gula dalam darah tetap terjaga. Jika kamu menderita diabetes dan tidak mengatur pola makan dengan baik, kamu hanya akan memperparah kondisi penyakit diabetes yang kamu alami.

Sebab, saat kamu mengidap diabetes, tubuh tidak akan memecah makanan secara sempurna untuk digunakan sebagai energi sebagaimana mestinya.

Tingginya kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol dalam jangka waktu yang lama dapat merusak organ tubuh kita.

Oleh karena itu, mulailah sejak dini untuk menjaga pola makan agar terhindari dari penyakit diabetes.

Mengatur makanan untuk penderita diabetes

Selain melakukan pengobatan, mengetahui pilihan makanan, jumlah dan kapan mengonsumsinya menjadi aturan yang sangat penting bagi penderita diabetes.

Pengetahuan ini penting untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran yang direkomendasikan oleh dokter.

Pola makanan untuk penderita diabetes

Mengacu pada buku saku cerdik diabetes dari Kementerian Kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat menu makanan untuk penderita diabetes.

  1. Jumlah ukur kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh memiliki batas maksimum yaitu 1.500 kkal/hari.
  2. Jenis makanan paling utama yang diperoleh hanyalah makanan yang rendah kolesterol, tinggi serat tetapi rendah Glikemik Indeks (GI).
  3. Jadwalkan waktu makan kamu sebanyak 3 kali dalam satu hari.
  4. Masukkan menu camilan sehat sebagai selingan sebanyak 2 kali. Pilih camilan sehat yang rendah Glikemik Indeks untuk menjaga kestabilan gula darah.

Komposisi makanan untuk penderita diabetes

Kementerian Kesehatan juga memberikan aturan dan jumlah komposisi standar yang dapat dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Beberapa standar yang dianjurkan adalah makanan dengan komposisi berikut:

  • Karbohidrat sebanyak 60-70%.
  • Protein sebanyak 10-15%.
  • Lemak sebanyak 20-25%.
  • Jumlah kandungan kolesterol yang disarankan kurang dari 300 mg/hari.
  • Jumlah kandungan serat 25 g/hari, diutamakan serat larut.
  • Pasien diabetes dengan hipertensi perlu mengurangi konsumsi garam.
  • Pemanis buatan dapat dipakai secukupnya.

Jumlah kalori disesuaikan dengan pertumbuhan, status gizi, umur, ada tidaknya stres akut, dan kegiatan fisik.

Makanan untuk penderita diabetes

Kunci untuk memilih dan mengatur pola makanan yang baik bagi penderita diabetes adalah mengonsumsi makanan bergizi.

Termasuk makanan yang rendah lemak dan kalori, agar kadar gula darah tetap terkontrol.

Berikut beberapa contoh pilihan makanan yang disarankan bagi penderita diabetes.

Sayuran non pati

Sayuran non pati memiliki kandungan vitamin, mineral, serat tinggi, tetapi rendah kalori, sehingga baik untuk penderita diabetes. Beberapa contohnya, seperti:

  • Brokoli
  • Wortel
  • Paprika
  • Tomat
  • Asparagus

Sayuran bertepung

Sayuran yang mengandung tepung ternyata memiliki Glikemik Indeks tinggi dan dapat menaikkan kadar gula darah seketika.

Namun, ada beberapa jenis sayuran bertepung yang mengandung vitamin A dan serat. Sayuran ini disarankan karena memiliki Glikemik Indeks yang lebih rendah.

Beberapa di antaranya seperti:

  • Kentang
  • Ubi jalar
  • Kacang hijau

Buah untuk diabetes

Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Jika kamu ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, jangan ditambahkan dengan gula.

Beberapa buah untuk diabetes yang bisa dikonsumsi adalah:

  • Jeruk
  • Melon
  • Beri
  • Apel
  • Pisang
  • Anggur

Biji-bijian

Seluruh makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes.

Beberapa contohnya adalah:

  • Gandum
  • Tepung jagung
  • Quinoa

Protein

Beberapa jenis makanan yang kaya akan protein juga perlu untuk kamu masukkan sebagai bagian dari pola makan sehat. Khususnya, jika kamu menderita diabetes.

Beberapa contoh di antaranya adalah:

  • Daging tanpa lemak
  • Ayam tanpa kulit
  • Ikan
  • Telur

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat tinggi dan dapat memberikan sekitar satu per tiga dari kebutuhan serat harian dalam satu setengah cangkir.

Berikut kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi:

  • Kacang kering
  • Kacang polong
  • Kacang buncis
  • Kacang panjang

Susu dan yogurt bebas lemak

Kamu bisa mengonsumsi susu tanpa lemak atau rendah lemak sebagai bagian dari pola makanan yang kamu atur.

Jika kamu memiliki intoleransi terhadp laktosa, kamu bisa memilih susu bebas laktosa.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi produk turunan dari susu yang rendah lemak seperti yogurt ataupun keju.

Ikan yang sehat untuk jantung

Ikan laut memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, ikan laut menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes. Beberapa di antaranya adalah ikan salmon, ikan tuna dan ikan makarel.

Makanan pantangan diabetes

Selain mengatur pola makanan yang sehat, ada beberapa jenis makanan yang juga harus dihindari agar tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Berikut adalah beberapa makanan pantangan diabetes:

Makanan manis

Makanan pantangan diabetes yang pertama adalah makanan manis. Gula sederhana sering disebut karbohidrat sederhana yang hanya terdiri dari satu monosakarida atau dua molekul gula (disakarida).

Saat gula sederhana masuk ke aliran darah, gula ini akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dengan cepat.

Batasi makanan yang mengandung gula sederhana, seperti:

  • Gula pasir
  • Gula jawa/Gula Aren/Gula Merah
  • Sirup
  • Minuman ringan
  • Minuman kemasan 
  • Selai
  • Jelly
  • Puding manis
  • Manisan buah atau buah yang diawetkan dengan gula
  • Susu kental manis
  • Es krim
  • Kue manis
  • Dodol
  • Cake atau bolu
  • Cokelat

Makanan yang mengandung banyak lemak

Hindari semua makanan yang diolah dengan cara digoreng seperti makanan cepat saji.

Makanan yang mengandung banyak natrium

Hindari makanan yang mengandung banyak natrium, seperti:

  • Ikan Asin
  • Telur Asin

Kamu bisa mengganti gula sederhana dengan pemanis alternatif seperti fruktosa, gula alkohol berupa sorbitol, manitol dan silitol, aspartame atau sakarin.

Untuk mengetahui kandungan dari pemanis tersebut, kamu bisa mengecek label pada kemasan.

Susu untuk diabetes

Susu merupakan salah satu sumber terbaik dari protein dan kalsium. Tapi bagi penderita diabetes, tak semua produk susu bisa dikonsumsi. Sebab, ada beberapa kandungan selain protein dan kalsium yang justru bisa memperparah keadaan, seperti gula, lemak, dan karbohidrat.

Mengutip dari Medical News Today, semua produk susu yang berasal dari sapi mengandung karbohidrat tinggi. Tentu, asupan yang tidak sesuai dari karbohidrat bisa memengaruhi kadar gula darah di dalam tubuh. Lalu, apa saja susu untuk diabetes yang bisa dikonsumsi?

Kamu bisa mulai mencari susu dari hewan lain, misalnya kambing. Susu yang berasal dari kambing, terutama jenis kambing etawa, memiliki kadar karbohidrat dan lemak yang jauh lebih rendah daripada susu sapi.

Susu kedelai juga bisa kamu minum. Selain mempunyai kadar karbohidrat dan lemak yang rendah, susu untuk diabetes yang satu ini kaya akan kalsium dan asam amino tinggi yang bermanfaat untuk kesehatanmu.

Madu untuk diabetes

Madu adalah pemanis alami yang kandungannya berbeda dengan gula dapur. Pemanis yang dihasilkan oleh lebah tersebut memiliki senyawa antiinflamasi, dipercaya bisa mengatasi berbagai komplikasi akibat diabetes.

Meski begitu, ada beberapa efek dari madu untuk diabetes yang perlu diperhatikan. Menurut sebuah penelitian, madu tetap bisa menyebabkan peningkatan gula darah setelah 30 menit dikonsumsi. Tapi, kadar itu akan berangsur turun kembali 2 jam sesudahnya.

Jika kamu mencari madu untuk diabetes yang aman, pilihlah madu murni. Madu jenis ini masih alami dan belum terkontaminasi dengan bahan-bahan lain.

Cemilan untuk diebetes

Selain susu dan madu, masih ada satu makanan yang perlu diperhatikan, yaitu cemilan untuk diabetes. Pengidap diabetes tak boleh sembarangan dalam memilih kudapan.

Mengutip dari Medical News Today, cemilan untuk diabetes sebaiknya mengandung protein tinggi, lemak baik, dan rendah karbohidrat, seperti:

  • Telur rebus
  • Kacang-kacangan
  • Yoghurt
  • Salad yang berisi sayuran
  • Buah untuk diabetes seperti alpukat, apel, dan pisang
  • Steak daging sapi
  • Buncis panggang
  • Popcorn
  • Puding chia seed
  • Edamame

Nah, itulah ulasan lengkap tentang makanan untuk diabetes yang perlu kamu tahu. Selalu perhatikan kandungan dari setiap makanan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan, ya!

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu dengan layanan Good Doctor. Ingatlah untuk selalu menjaga pola makan dan perhatikan asupan nutrisi supaya terhindar dari berbagai penyakit.

1. cdc.gov. Diakses 29 Mei 2020. https://www.cdc.gov/diabetes/pdfs/data/statistics/national-diabetes-statistics-report.pdf
2. Kemkes.go.id (2018). Diakses 29 Mei 2020 https://www.kemkes.go.id/article/view/18121200001/prevent-prevent-and-prevent-the-voice-of-the-world-fight-diabetes.html
3. healthline.com (2018). Diakses 29 Mei 2020. https://www.healthline.com/health/diabetes/diabetic-friendly-grocery-list#tips-for-planning-meals
4. p2ptm.kemkes.go.id (2018). Diakses 29 Mei 2020. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-diabetes-melitus/3-hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-membuat-menu-makanan-diabetes
5. niddk.nih.gov. Diakses 29 Mei 2020. https://www.niddk.nih.gov/health-information/diabetes/overview/diet-eating-physical-activity
6. p2ptm.kemkes.go.id (2018). Diakses 29 Mei 2020. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-diabetes-melitus/page/5/tips-hidup-sehat-bagi-penyandang-diabetes

7. Healthline, diakses 11 September 2020, The 21 Best Snack Ideas If You Have Diabetes.

8. Healthline, diakses 11 September 2020, What Are the Best Milk Options for People with Diabetes?

9. Medical News Today, diakses 11 September 2020, Which are the best bedtime snacks for diabetes?

10. Medical News Today, diakses 11 September 2020, What is the best milk for people with diabetes?

11. Liebert Pub, diakses 11 September 2020, Natural Honey Lowers Plasma Glucose, C-Reactive Protein, Homocysteine, and Blood Lipids in Healthy, Diabetic, and Hyperlipidemic Subjects: Comparison with Dextrose and Sucrose.

 

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin