Agar Tumbuh dengan Baik, Penuhi Gizi Seimbang Untuk Anak Remaja

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Menerapkan pola makan sehat adalah hal yang penting bagi semua orang. Apalagi saat kamu masih dalam masa pertumbuhan. Proses ini harus didukung gizi seimbang untuk remaja agar memberikan hasil yang optimal.

Sayangnya masih banyak yang belum tahu apa saja yang perlu dikonsumsi agar bisa memenuhi standar gizi seimbang untuk remaja. Tak perlu bingung, ulasan di bawah ini akan membantu kamu untuk menemukan jawabannya.

Sumber makanan dengan gizi seimbang untuk remaja

Secara umum remaja membutuhkan asupan gizi seimbang dan beragam untuk mendukung proses pertumbuhannya. Jadi selain makan dalam frekuensi yang teratur, dalam satu piring juga setidaknya harus memiliki berbagai kandungan nutrisi berikut ini.

Karbohidrat

Nutrisi yang satu ini berfungsi sebagai sumber energi untuk otot dan otak. Kamu bisa mendapatkannya dari beras, roti, maupun gandum.

Ketiga jenis makanan tersebut juga kaya akan serat dan vitamin B yang baik untuk metabolisme tubuh.

Bisa ditemukan pada pati dan gula, The Institute of Medicine menyebutkan remaja harus mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sebanyak 130 gram sehari.

Protein

Selain berguna untuk mendukung proses pertumbuhan, makanan berprotein seperti daging unggas, ikan, telur, atau kacang-kacangan juga membuat perut kenyang lebih lama.

Protein juga mengandung asam amino yang berperan penting dalam membentuk kecerdasan. Jadi jangan sampai nutrisi ini terlewat dari menu makanmu sehari-hari.

Remaja laki-laki dianjurkan untuk memenuhi asupan protein sebanyak 52 gram sehari. Sedangkan remaja perempuan membutuhkan lebih sedikit protein setiap harinya yakni 46 gram.

Namun jumlah ini dapat berubah sesuai dengan kondisi tubuh, dan jenis aktivitas yang dilakukan oleh setiap remaja.

Vitamin dan mineral

Saat ini masih ada yang beranggapan bahwa buah-buahan hanya perlu dikonsumsi sesekali. Padahal dilansir dari The Womens, kebutuhan vitamin dan mineral tersebut diperlukan setiap hari.

Oleh sebab itu, penting untuk mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran secara bergantian untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Dilansir dari John Muir Health, jumlah buah dan sayuran yang harus dikonsumsi remaja setiap hari adalah masing-masing sebanyak 2 mangkuk. Ini relatif cukup untuk memenuhi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral sehari-hari.

Lemak

Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, lemak boleh masuk dalam menu makanan sehari-hari untuk menyediakan energi dalam jangka panjang.

Lemak juga penting untuk membentuk bagian otak dan sistem saraf remaja yang sedang berkembang dengan pesat.

Remaja disarankan untuk membatasi asupan lemak harian sebanyak 25 sampai 35 persen dari total kalori yang diperlukan. Kamu juga harus cermat memilih sumber lemak agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Pilih sumber lemak tidak jenuh yang banyak terdapat pada minyak zaitun, ikan salmon, kacang, dan sejenisnya.

Contoh menu gizi seimbang untuk remaja

Berikut adalah contoh menu makanan yang dianjurkan untuk remaja. Mudah dan lezat, kamu bisa mencoba menerapkannya di rumah:

  1. Sarapan: satu mangkuk sereal gandum yang diberi susu dan pisang
  2. Makan siang: roti lapis isi daging, keju, dan tomat. Tambahkan sepiring salad buah-buahan sebagai pendamping
  3. Makanan selingan: 3 potong roti panggang ditambah ¼ mangkuk selai buah dan 40 gram buah-buahan kering
  4. Makan malam: sepiring nasi, ayam panggang, dan tumis sayuran

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar gizi seimbang untuk remaja. Mudah bukan untuk memenuhinya? Yuk, coba terapkan mulai hari ini.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada dokter profesional di layanan konsultasi Good Doctor yang dapat diakses melalui aplikasi Grab 24/7 sekarang.

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin