Info Sehat

Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi, Apa Efeknya Bagi Kesehatan?

August 3, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Mungkin bagi sebagian orang, kebiasaan yang satu ini seringkali dilakukan. Padahal keseringan minum obat setelah minum kopi bisa berisiko bagi kesehatan tubuh, lho.

Supaya kamu lebih paham, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Gemar Minum Kopi? Pahami Dulu Efek Kafein Bagi Tubuh Kamu

Amankah konsumsi obat setelah minum kopi?

Konsumsi obat bersamaan dengan minum kopi dapat berisiko membahayakan tubuh. Kafein dalam kopi dapat mengganggu proses penyerapan obat di lambung dan usus halus, sehingga kerja obat mungkin kurang manjur dalam mengatasi penyakit yang sedang dialami.

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi juga bersifat stimulan. Kombinasi dengan konsumsi obat, hal ini dapat menyebabkan detak jantung menjadi meningkat drastis.

Jika dalam kasus yang parah, hal ini dapat memicu terjadinya keracunan kafein akibat interaksi antara keduanya.

Adapun beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah minum kopi, antara lain antidepresan, estrogen, pengencer darah, quinolone, serta obat-obatan untuk mengatasi gangguan tiroid dan osteoporosis.

Kapan waktu yang tepat minum obat setelah minum kopi?

Setelah kamu konsumsi kopi, sebaiknya tunggu 3-4 jam sebelum minum obat. Tapi jika kamu merasa ragu, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter atau apoteker terkait waktu yang aman untuk minum kopi sebelum atau setelah minum obat.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aturan minum obat yang tertera pada label kemasan. Terutama jika kamu minum obat tanpa resep dokter yang banyak dijual di apotek atau pasaran. 

Selain itu, cari tahu apakah obat tersebut harus diminum sebelum atau sesudah makan. Tak kalah pentingnya, pastikan jika obat yang kamu gunakan sesuai dengan jenis penyakit.

Sebaiknya minum obat yang paling baik dengan air putih, bukan kopi, teh, jus, susu, apalagi minuman ringan bersoda. Hal ini bertujuan agar proses penyerapan obat di dalam tubuh tak terhambat.

Efek samping konsumsi obat dan kopi

Selain masalah pada detak jantung, ada beberapa efek samping lain yang dapat ditimbulkan jika mengonsumsi obat bersamaan dengan minum kopi, antara lain:

  • Jika minum kopi dengan minum obat jenis asetaminofen dapat menyebabkan kerusakan hati
  • Mengonsumsi kopi bersamaan dengan obat jenis ciprofloxacin dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, dan tekanan darah tinggi
  • Minum kopi bersamaan dengan minum obat jenis anagrelide bisa memicu pembengkakan, tekanan darah rendah naik, peningkatan denyut jantung, dan detak jantung yang tidak teratur
  • Minum kopi dengan obat jenis theophilin dapat menimbulkan efek samping mual, tremor, muntah, insomnia, dan kejang-kejang
  • Minum kopi dan obat jenis enoxacin dapat menyebabkan gejala overdosis obat-obatan
  • Minum kopi berdekatan waktunya dengan minum obat antibiotik dapat menyebabkan seseorang mengalami gugup dan susah tidur

Jadi, alangkah baiknya sebelum kamu memutuskan untuk minum kopi atau tidak saat mengonsumsi obat-obatan, kamu harus konsultasikan hal ini ke dokter.

Biasanya dokter kemungkinan akan merekomendasikan dosis kopi dan waktu yang tepat untuk minum kopi saat kamu menjalani terapi dengan obat-obatan tertentu.

Jangan sampai kamu melakukan hal ini tanpa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, karena dapat membahayakan kondisi kesehatan kamu.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. emedicinehealth.com (2019) diakses 30 Juli 2020. Coffee. 30 Juli 2020 pukul 23.00. 
  2. hilinecoffee.com (2015) diakses 30 Juli 2020. Coffee and Medicine Interactions. 30 Juli 2020 pukul 23.30.
  3. healthguidance.org (2012) diakses 30 Juli 2020. TAKING MEDICATIONS WITH COFFEE?. 30 Juli 2020 pukul 23.45.
    register-docotr