Yuk, Kenali Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya agar Lebih Paham Menjaga Kesehatannya!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Menjadi organ yang penting, jantung memberikan darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh. Berikut ini bagian-bagian jantung beserta fungsinya.

Baca juga: Bisa Sebabkan Kematian, Ini 7 Penyebab Penyakit Jantung yang Kamu Harus Tahu

Bagian-bagian jantung dan fungsinya

Dilansir dari Medical News Today, jantung adalah organ otot yang besarnya seperti kepalan tangan yang tertutup. Jantung berada di dada, sedikit ke kiri dari tengah.

Saat jantung berdetak, ia memompa darah ke seluruh tubuh. Terjadinya proses ini membawa darah terdeoksigenasi ke paru-paru di mana ia memuat oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, produk limbah metabolisme.

Gabungan jantung, darah, dan pembuluh darah disebut sebagai sistem peredaran darah. Rata-rata manusia memiliki sekitar 5 liter (8 liter) darah, yang secara konstan dipompa ke seluruh tubuh.

Seperti dilansir dari Medical News Today, berikut ini deretan bagian-bagian jantung dan fungsinya: 

1. Perikardium

Perikardium adalah dinding dan lapisan rongga perikardial. Bagian ini sejenis membran serosa yang menghasilkan cairan serous untuk melumasi jantung selama berdenyut dan mencegah gesekan yang menyakitkan antara jantung dan organ sekitarnya.

Pada bagian perikardium ini tempat untuk menyangga dan menahan jantung tetap berada dalam posisinya. Dinding jantung terdiri dari tiga lapisan yaitu epikardium (lapisan terluar), miokardium (lapisan tengah), dan endokardium (lapisan dalam).

2. Serambi jantung 

Bagian serambi disebut juga sebagai atrium. Serambi jantung adalah bagian jantung atas yang terdiri dari serambi kanan dan kiri. Perlu kamu ketahui bahwa yang menerima darah kotor dari tubuh yang dibawa oleh pembuluh darah adalah serambi kanan. 

Sedangkan serambi kiri memiliki fungsi untuk menerima darah bersih dari paru-paru. Serambi memiliki dinding yang lebih tipis dan tidak berotot karena tugasnya hanya sebagai ruangan penerima darah.

3. Bilik jantung

Bagian bawah dari ruangan jantung, yang ada di sebelah kiri dan kanan disebut dengan bilik jantung. Pada bagian ini biasanya lebih dikenal sebagai ventrikel.

Bagian bilik jantung di sebelah kanan memiliki fungsi untuk memompa darah yang tidak memiliki kandungan oksigen ke paru-paru.

Kemudian pada bagian bilik jantung di sebelah kiri berfungsi untuk memompa darah keluar melalui katup aorta, menuju ke dalam lengkungan aorta, dan dialirkan ke seluruh tubuh. 

4. Katup jantung 

Setelah itu, perlu kamu ketahui, bahwa jantung memiliki empat katup yang tujuannya untuk menjaga aliran darah tetap mengalir ke satu arah, yaitu:

  • Katup trikuspid, fungsinya untuk mengatur aliran darah antara serambi kanan dan bilik kanan.
  • Katup pulmonal, mengatur aliran darah dari bilik kanan ke arteri pulmonalis. Kemudian membawa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
  • Katup mitral, bagian inilah yang mengalirkan darah kaya oksigen dari paru-paru dan mengalir dari serambi kiri ke bilik kiri.
  • Katup aorta, membuka jalan bagi darah yang kaya akan oksigen untuk dilewati dari bilik kiri ke aorta (arteri terbesar di tubuh).

5. Pembuluh darah

Bagian pembuluh darah memiliki 3 daerah utama di jantung, yaitu:

  • Arteri 

Bagian arteri ini berfungsi membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Dinding arteri cukup elastis sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap konsisten.

  • Vena

Berbeda dengan arteri, pembuluh darah yang satu ini membawa darah dengan sedikit kandungan oksigen dari seluruh tubuh untuk kembali ke jantung. Dibandingkan dengan arteri, vena memiliki dinding pembuluh yang lebih tipis. 

  • Kapiler

Memiliki dinding yang sangat tipis, bagian pembuluh darah kapiler ini menghubungkan arteri terkecil dengan vena terkecil. 

6. Siklus jantung

Terakhir terdapat bagian siklus jantung. Siklus jantung ini adalah urutan kejadian yang terjadi saat jantung berdetak. Berikut dua fase siklus jantung, yaitu:

  • Sistol yaitu jaringan otot jantung yang sedang berkontraksi untuk memompa darah keluar dari ventrikel.
  • Diastol yaitu otot jantung rileks terjadi pada saat pengisian darah di jantung

Perlu kamu ketahui bahwa tekanan darah akan meningkat di arteri utama selama sistol ventrikel dan menurun selama diastol ventrikel. Hal tersebut tentu menyebabkan 2 angka yang terkait dengan tekanan darah. 

Tekanan darah sistolik adalah angka yang lebih tinggi dan tekanan darah diastolik adalah angka yang lebih rendah. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan jantung? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

  1. Webmd.com (2019) diakses pada 27 September 2020. Picture of the Heart
  2. News-medical.net (2019) diakses pada 27 September 2020. Structure and Function of the Heart
  3. Medicalnewstoday.com (2018) diakses pada 27 September 2020. The heart: All you need to know 
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin