Info Sehat

Telah Dikonfirmasi WHO, Apa Itu Penyakit Hati Misterius?

April 26, 2022 | Arianti Khairina | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Kasus COVID-19 belum selesai, kini muncul penyakit baru di beberapa bagian dunia seperti Amerika Serikat dan Eropa, khususnya Inggris. Bahkan parahnya, penyakit hati misterius ini menyerang anak-anak dan sampai sekarang belum diketahui penyebabnya.

Apa itu penyakit hati misterius?

Menurut para ahli, penyakit hati misterius ini adalah hepatitis anak ringan yang sebelumnya bahkan tidak pernah terdengar. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyakit hati misterius ini lebih menyerang anak-anak berusia 1 hingga 6 tahun di Amerika Serikat dan Inggris.

Kasus penyakit hati misterius yang menyerang anak-anak

Penyakit hati misterius yang muncul tiba-tiba sedang menjadi perhatian beberapa negara, karena tidak ada penyebab pasti untuk kondisi tersebut. Penyakit hati misterius juga hanya menyerang anak-anak, sehingga World Health Organization (WHO) sedang fokus meneliti lebih jauh sejak awal bulan ini.

Selain itu, WHO telah mengkonfirmasi bahwa satu anak dinyatakan meninggal karena jenis hepatitis akut misterius yang kini telah terdeteksi di 12 negara. Kemudian, ada sebanyak 169 insiden tidak biasa dari penyakit hepatitis akut. 

Sekitar 17 anak-anak yang dinyatakan menderita penyakit hepatitis akut tersebut kondisinya semakin parah, sampai harus mendapatkan transplantasi hati. Setidaknya 114 infeksi telah dilaporkan di Inggris, dengan 13 kasus di Spanyol dan 12 di Israel. 

Laporan tentang penyakit hati misterius dari CDC

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga secara resmi telah memberi tahu dokter dan otoritas kesehatan masyarakat tentang sekelompok anak yang diidentifikasi dengan infeksi hepatitis dan adenovirus. 

Pada laporan tersebut diketahui bahwa pada November 2021 terdapat lima pasien anak dengan penyakit hati yang signifikan, termasuk tiga diantaranya mengalami gagal hati akut dan positif adenovirus. Padahal semua anak tersebut sebelumnya dalam kondisi yang sehat. 

Dengan adanya kasus tersebut, kini hubungan antara hepatitis pediatrik dan infeksi adenovirus sedang diselidiki. Gejala penyakit ini ditemukan mirip dengan penyakit hati lainnya seperti hepatitis atau peradangan, namun etiologinya tidak diketahui. 

Pasien dengan kondisi hati yang parah banyak mengeluhkan penyakit kuning, diare, dan sakit perut. Pada dasarnya, fungsi utama hati untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Namun, tidak hanya itu saja tetapi juga mencakup untuk memproses nutrisi, menyaring darah, dan melawan infeksi. 

Jadi, apabila penyakit hati ini tidak segera diobati, maka hepatitis dapat mengancam jiwa pasien. Penelitian yang sedang berlangsung akan menentukan penyebab pasti dan sifat dari jenis hepatitis yang misterius.

Penyakit hati misterius tidak termasuk dalam lima jenis virus hepatitis

Dalam sebuah wawancara dengan Stat, diketahui bahwa saat ini WHO telah mendorong negara-negara yang memiliki kasus penyakit hati misterius ini untuk selalu memantau dan melaporkannya. 

Richard Pebody, dari tim patogen ancaman tinggi WHO divisi Eropa menyampaikan bahwa sebenarnya jumlah pasiennya tidak besar, namun konsekuensinya cukup parah. Sehingga sangat penting untuk setiap negara mengambil langkah serius terhadap hal ini. 

Pasalnya, kasus-kasus tersebut masih lebih dianggap janggal karena karena sama sekali tidak terkait dengan salah satu dari lima jenis virus yang khas hepatitis baik A, B, C, D maupun E. Sehingga para ilmuwan percaya bahwa adenovirus, jenis virus umum yang dapat menyebabkan pilek, bisa berada di balik gelombang kasus hepatitis akut ini. 

Gejala penyakit misterius yang tidak boleh disepelekan

Berikut ini beberapa tanda dan gejala penyakit misterius yang harus diketahui:

  • Kulit terasa sangat gatal
  • Mengalami penyakit kuning (mata dan kulit berubah warna menjadi kuning) 
  • Mual 
  • Muntah 
  • Merasa kelelahan
  • Sakit perut
  • Kotoran berwarna pucat 
  • Urine berwarna lebih gelap dari gelap 
  • Suhu tubuh tinggi. 

Itulah penyakit hati misterius yang baru-baru ini dikonfirmasi WHO. Penyakit ini menyerang anak-anak berusia 1 hingga 6 tahun di Amerika Serikat dan Inggris. Namun sayangnya, sampai sekarang masih belum diketahui pasti penyebab dari penyakit hati misterius pada anak. Sehingga kasus ini masih terus dalam penelitian lebih lanjut. 

Baca juga: Daftar Obat Hepatitis yang Sering Diresepkan Dokter

Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!

Sudah punya asuransi kesehatan dari perusahaan tempatmu bekerja? Ayo, manfaatkan layanannya dengan menghubungkan benefit asuransi milikmu ke aplikasi Good Doctor! Klik link ini, ya.

Reference
  1. Thehealthsite.com (2022) diakses pada 26 April 2022. Mysterious Liver Disease Claims Its First Victim, Cases Reported In 12 Countries
  2. Theguardian.com (2022) diakses pada 26 April 2022. At least one child has died from mystery strain of severe hepatitis, WHO confirms
  3. Statnews.com (2022) diakses pada 26 April 2022. WHO says 12 countries have reported unusual cases of hepatitis in kids
  4. Viva.co.id (2022) diakses pada 26 April 2022. WHO Konfirmasi Penyakit Hati Misterius, Terdeteksi di 12 Negara
  5. Emergency.cdc.gov (2022) diakses pada 26 April 2022. Recommendations for Adenovirus Testing and Reporting of Children with Acute Hepatitis of Unknown Etiology
  6. My.clevelandclinic.org (2021) diakses pada 26 April 2022. Heart
    register-docotr