Penyakit Jantung

Penting Diingat! Begini Tips Mengatasi Serangan Jantung saat Sendirian

February 3, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Serangan jantung merupakan keadaan darurat yang mengancam jiwa sehingga membutuhkan tindakan penanganan dengan cepat. Untuk itu, jangan pernah mengabaikan gejala serangan jantung kecil sekalipun.

Jika mengalami serangan jantung saat berada di tempat ramai, maka meminta bantuan mungkin adalah naluri pertama. Nah, bagaimana jika serangan jantung terjadi saat sendirian? Untuk lebih lengkapnya yuk simak penjelasan mengenai tips mengatasi serangan jantung berikut.

Baca juga: Obat Bersih Darah: Kandungan, Manfaat, Serta Efek Samping yang Mungkin Dialami

Tips tepat untuk mengatasi serangan jantung saat sendirian

Dilansir Webmd, tidak semua serangan jantung dimulai dengan nyeri dada yang tiba-tiba. Bahkan, beberapa tidak menimbulkan gejala sama sekali terutama yang menimpa penderita diabetes. 

Namun terkadang, serangan jantung dapat terjadi secara perlahan mulai dengan nyeri ringan dan ketidaknyamanan. Seberapa parah gejalanya bergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi medis tertentu. 

Jika kamu atau seseorang mengalami serangan jantung dan berada di keramaian, maka bisa segera menghubungi penyedia layanan medis. Namun, saat sendirian dan serangan jantung terjadi berikut beberapa tips tepat yang bisa dilakukan.

Telepon bantuan medis darurat

Ketika memiliki riwayat penyakit jantung, maka pertolongan pertama terhadap diri sendiri harus selalu dipersiapkan. Hal pertama yang perlu diingat dan dilakukan ketika serangan jantung terjadi adalah menelepon bantuan medis darurat.

Teleponlah teman atau anggota keluarga juga untuk meminta datang dan menemani kamu selama gejala serangan jantung terjadi. Pastikan untuk membuat panggilan darurat cepat di telepon untuk mempercepat datangnya bantuan dari teman atau keluarga.

Perawatan khusus sangat diperlukan untuk menyelamatkan otot jantung. Prof Chin Chee Tang, seorang Konsultan Senior, Departemen Kardiologi, National Heart Centre Singapore menyarankan untuk menghentikan aktivitas ketika mengalami serangan jantung dan segera dapatkan bantuan.

Minum aspirin

Jika tidak memiliki alergi, serangan jantung bisa diatasi dengan segera mengonsumsi aspirin. Aspirin merupakan obat pengencer darah yang bisa membantu meningkatkan peluang untuk bertahan hidup jika diminum selama serangan jantung terjadi.

Sebagian besar kasus serangan jantung disebabkan oleh pembentukan gumpalan darah di salah satu pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk memasok darah ke jantung.

Penyumbatan yang terjadi akan membuat jantung kekurangan darah kaya oksigen sehingga menyebabkan kerusakan otot jantung.

Aspirin akan membantu menstabilkan gumpalan darah yang mungkin telah terbentuk dan mengurangi kemungkinan pembentukan lebih lanjut. Hancurkan atau kunyah aspirin agar lebih cepat masuk ke aliran darah. Minumlah aspirin 300mg hanya jika kamu telah diresepkan.

Mengonsumsi aspirin selama serangan jantung dapat membantu karena mencegah gumpalan semakin membesar dan memberi tubuh kesempatan untuk memecah gumpalan darah.

Jika kamu memiliki aspirin di rumah dan tidak alergi terhadapnya, maka pertimbangkan untuk segera meminumnya sambil menunggu layanan medis tiba.

Hindari batuk berulang kali

Ketika menunggu bantuan tenaga medis darurat datang, cobalah untuk tenang seperti duduk diam atau berbaring. Buka pintu depan dan duduklah dalam posisi malas W, yakni bersandar dengan nyaman ke dinding yang stabil.

Tidak mengonsumsi nitrogliserin

Penggunaan aspirin memang dianjurkan saat mengalami serangan jantung, sebaliknya pastikan untuk tidak mengonsumsi nitrogliserin. Nitrogliserin dapat memperlebar pembuluh darah untuk sementara waktu dan meningkatkan suplai darah ke jantung.

Namun Prof Chin mengatakan jika nitrogliserin belum terbukti mencegah serangan jantung atau meningkatkan kelangsungan hidup secara substansial.

Obat ini lebih berguna untuk pasien dengan angina di mana merupakan kondisi yang sama sekali berbeda karena pasien mengalami nyeri dada saat memaksakan diri.

Baca juga: Manfaat Buah Lontar, sebagai Pemanis bagi Penderita Diabetes hingga Cegah Dehidrasi!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Webmd (2020), diakses 2 Februari 2021. Heart Attack Symptoms: What To Do in an Emergency
  2. Healthline (2018), diakses 2 Februari 2021.  How to Stop a Heart Attack
  3. Healthxchange.sg, diakses 2 Februari 2021. ​How to Survive a Heart Attack When Alone
  4. First Aid For Life (2020), diakses 2 Februari 2021. How would you manage a heart attack if you were on your own?
    Berita Terkait
    register-docotr