Melahirkan

Mengenal Rainbow Baby: Kehamilan Setelah Punya Riwayat Keguguran

February 3, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Moms pernah memiliki riwayat keguguran dan kini hamil kembali? Kehadiran si Kecil sebagai harapan baru dikenal dengan istilah rainbow baby, lho.

Apa sebenarnya makna di balik nama rainbow baby dan fakta-fakta tentang kondisi ini? Yuk simak penjelasannya!

Apa itu rainbow baby

Melansir penjelasan laman Healthline, rainbow baby adalah istilah yang diciptakan untuk bayi sehat yang lahir setelah sang ibu sebelumnya kehilangan bayi karena keguguran, lahir mati, atau kematian neonatal.

Nama rainbow baby ini berasal dari gagasan tentang pelangi yang muncul di langit setelah badai, atau setelah waktu yang gelap. Istilah ini semakin populer di blog dan media sosial dalam beberapa tahun terakhir, dengan melambangkan harapan dan penyembuhan.

Bagi mereka yang sebelumnya pernah mengalami keguguran, lahirnya seorang bayi dengan kondisi sehat adalah sebuah kebahagiaan, refleksi, penyembuhan, dan menimbulkan berbagai emosi dalam hati. 

Rainbow baby ini sering dideskripsikan sebagai bayi ‘ajaib’ karena dampaknya yang kuat dalam membantu orang tua sembuh setelah kehilangan. Namun, kehamilan ini terkadang juga dapat menimbulkan perasaan cemas, bersalah, dan bahkan ketakutan yang kuat.

Mengapa rainbow baby itu spesial?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rainbow baby membawa kegembiraan yang luar biasa setelah masa yang sangat sulit. Istilah ini juga melambangkan harapan dan penyembuhan.

Namun bagi orang tua yang mengalami kehilangan, rainbow baby juga merupakan pengingat yang berharga.

Merasa sedih atas kehilangan bayi yang sebelumnya adalah hal yang normal. Namun jangan sampai hal tersebut terus menghantui kehidupan sehari-hari. Demi mengatasi persaan berduka ini sangat dianjurkan Moms untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Saat rainbow baby mulai tumbuh, pastikan untuk membagikan kisah yang Moms alami dengannya. Biarkan si Kecil tahu betapa istimewanya ia bagi kehidupan Moms. 

Baca juga: Benarkah Naik Turun Tangga bisa Sebabkan Keguguran?

Apa yang akan dialami oleh orang tua yang menanti kelahiran rainbow baby

Kehamilan ini seringkali kompleks secara emosional dan melibatkan perasaan sedih dan bersalah bersama dengan kelegaan dan kegembiraan.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin akan dialami orang tua yang sedang menantikan kelahiran rainbow baby seperti dilansir laman Healthline

Butuh wadah untuk bercerita dan mendapatkan dukungan

Penting untuk memproses emosi dengan meminta dukungan pasangan, berkonsultasi dengan profesional medis, dan terhubung dengan orang lain yang pernah mengalami hal serupa dengan Moms.

Berisiko alami postpartum depression

Perlu diketahui bahwa tanpa disadari, wanita yang mengalami keguguran memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami depresi dan kecemasan pascapersalinan.

Moms dapat bekerja sama dengan psikolog atau ahli kesehatan mental untuk mendapatkan bantuan dan perawatan di saat-saat sulit.

Memantau kandungan lebih detail

Melihat riwayat medis sebelumnya, pada umumnya dokter akan memantau kandungan dengan lebih detail. Bisa jadi, ada tes tertentu yang perlu dijalani. Tujuannya agar kehamilan saat ini bisa berlangsung baik-baik saja hingga bayi lahir. 

Kemudian, melakukan pantauan kandungan ini juga untuk mengetahui janin dalam kandungan berkembang dengan baik dan aman, hal ini bisa membuat moms lebih tenang.

Selain dengan pemeriksaan berkala, menghitung gerakan bayi ketika usia kehamilan menginjak trimester ketiga juga bisa menjadi cara untuk menenangkan pikiran, lho. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses pada 2 Februari 2021. What Is a Rainbow Baby? 
  2. parents.com (2018) diakses pada 2 Februari 2021. What It Means to Be a ‘Rainbow Baby’ and Why Rainbow Babies Are Beautiful 
    register-docotr