Penyakit Jantung

Kamu Wajib Tahu! Ini 8 Cara Mencegah Penyakit Jantung

April 25, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya. Kondisi ini tidak mengenal usia. Maka dari itu, mencegah penyakit jantung pun penting untuk dilakukan mulai dari sekarang.

Terdapat beberapa cara mencegah penyakit jantung, mulai dari perubahan gaya hidup hingga konsumsi makanan bergizi! Yuk, ketahui selengkapnya di sini.

Baca juga: Sakit Dada Sebelah Kiri Tembus ke Belakang, Apakah Tanda Penyakit Jantung?

Cara mencegah penyakit jantung

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung sebagai cara mencegah penyakit jantung yang penting untuk diketahui, di antaranya yaitu:

1. Mengontrol tekanan darah

Perlu kamu ketahui bahwa tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung. Maka dari itu, sebagai cara mencegah penyakit jantung penting bagi kamu untuk memeriksa tekanan dara secara teratur, bagi kebanyakan orang dewasa setidaknya setahun sekali.

Akan tetapi, jika seseorang memiliki kondisi tekanan darah tinggi, pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan lebih sering.

Tak hanya itu, terapkanlah gaya hidup sehat untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah.

2. Menghindari rokok

Untuk menjaga kesehatan jantung, sebaiknya hindarilah atau berhenti merokok. Pada seseorang yang bukan perokok, pastikan untuk menghindari paparan asap rokok.

Perlu kamu tahu bahwa bahan kimia yang terdapat di dalam rokok atau tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah.

Asap rokok juga bisa menurunkan kadar oksigen di dalam darah, yang mana dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Sebab, jantung harus bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang mencukupi ke seluruh tubuh dan otak.

3. Jaga berat badan sehat

Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memberi tekanan ekstra pada jantung dan pembuluh darah.

Di sisi lain, obesitas juga terkait dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya, seperti kadar kolesterol dan trigliserida darah yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Menjaga berat badan sehat dapat membantu menurunkan risiko tersebut.

4. Mengadopsi pola makan sehat

Cara lainnya untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Sebab, pola makan sehat dapat melindungi jantung, mengontrol tekanan darah dan kolesterol, serta mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Nah, berikut ini adalah beberapa daftar makanan untuk menjaga kesehatan jantungmu:

  • Sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Kacang-kacangan
  • Daging dan ikan tanpa lemak
  • Makanan olahan susu rendah lemak atau bebas lemak
  • Biji-bijian utuh (whole grains)

Kamu juga disarankan untuk membatasi konsumsi garam, gula, karbohidrat olahan, dan lemak jenuh (ditemukan dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh).

Hindari juga konsumsi berlebihan lemak trans (ditemukan dalam makanan cepat saji, khususnya makanan yang digoreng, keripik, dan makanan yang dipanggang).

5. Bergerak aktif

Olahraga menawarkan banyak manfaat untuk tubuh, termasuk memperkuat jantung dan melancarkan sirkulasi. Selain itu, olahraga juga dapat membantumu untuk menjaga berat badan sehat.

Aktif secara fisik pun diketahui dapat bermanfaat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Semua faktor ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

6. Kelola stres secara efektif

Stres dikaitkan dengan penyakit jantung dalam banyak hal, misalnya saja stres dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, stres yang berlangsung ekstrem juga dapat menjadi pemicu serangan jantung.

Sebagai cara mencegah penyakit atau serangan jantung, penting bagi kamu untuk mengelola stres dengan baik. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari berolahraga, mendengarkan musik, hingga latihan relaksasi atau meditasi.

Baca juga: Mungkinkah Serangan Jantung Bisa Terjadi Disebabkan oleh Stres?

7. Menjaga kualitas tidur

Kurang tidur bukan hanya sekadar menyebabkanmu merasa lelah atau mengantuk saja, melainkan juga dapat membahayakan kesehatanmu. Dikutip dari Mayo Clinic, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, serta diabetes.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam. Untuk meningkatkan kualitas tidur, kamu dapat menetapkan jadwal tidur, sehingga kamu bisa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

8. Menjaga kadar kolesterol dan trigliserida agar tetap terkendali

Dilansir laman Medline Plus, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner serta serangan jantung. Perubahan gaya hidup atau obat-obatan tertentu dapat menurunkan kolesterol.

Tak hanya itu, penting juga untuk melakukan skrining kolesterol. Sedangkan, trigliserida adalah jenis lemak dalam darah. Kadar trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, terutama pada wanita.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara mencegah penyakit jantung. Yuk, mulai terapkan gaya hidup sehat dari sekarang!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Centers for Disease Control and Prevention (2020). Diakses pada 15 April 2021. Prevent Heart Disease 

Heart.org (2019). Diakses pada 15 April 2021. 8 Things You Can Do to Prevent Heart Disease and Stroke 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 15 April 2021. Strategies to prevent heart disease

Medline Plus (2021). Diakses pada 15 April 2021. How to Prevent Heart Disease 

 

    register-docotr