Info Sehat

Mulut Pahit Disertai Mual? Ini Penyebabnya!

April 25, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada sejumlah kondisi yang menyebabkan mulut terasa pahit. Beberapa di antaranya juga menyebabkan mulut pahit dan mual. Jika merasakannya, mungkin kamu sedang mengalami salah satu kondisi berikut.  

10 penyebab mulut pahit dan mual

Mulut pahit pastinya akan mengganggu keseharianmu. Apalagi jika mengalami mulut pahit dan mual.

Berikut ini adalah 10 penyebab mulut terasa pahit, yang kadang juga bersamaan dengan rasa mual atau gejala lainnya. 

1. Gastroesophageal reflux atau GERD penyebab mulut pahit dan mual

Gastroesophageal reflux atau GERD adalah masalah pada asam lambung. Di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Ini yang akhirnya menyebabkan mulut pahit.

Selain rasa pahit, orang yang mengalami GERD juga bisa merasakan gejala lain seperti mual, sensasi terbakar di dada atau perut. 

2. Tukak lambung

Ini adalah kondisi dimana terdapat luka di lapisan lambung, esofagus bagian bawah atau usus kecil. Tukak lambung adalah kondisi yang cukup umum dan biasanya menyebabkan rasa nyeri pada perut. 

Kemudian akan memengaruhi nafsu makan dan perubahan pada indra pengecap. Kamu mungkin akan merasakan pahit disertai dengan gejala lainnya seperti mual, muntah, gangguan pencernaan dan nyeri dada. 

3. Kehamilan penyebab mulut pahit dan mual

Awal kehamilan memang identik dengan rasa mual. Tidak hanya itu, tetapi juga bisa menyebabkan rasa pahit di mulut. 

Rasa pahit dan mual ini akibat terjadinya fluktuasi hormon dalam tubuh. Sehingga menyebabkan perubahan pada beberapa indra, seperti indra penciuman dan perasa. 

Tidak hanya rasa pahit, tetapi ibu hamil selama trimester pertama mungkin akan merasakan rasa logam atau rasa yang mengganggu di mulut. Tapi kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. 

4. Sindrom mulut terbakar

Saat mengalaminya kamu akan merasakan sensasi terbakar di mulut. Biasanya orang menggambarkannya seperti makan cabai terlalu banyak. Tapi ada juga yang mengatakan mulut terasa pahit.

Orang dengan kondisi ini mungkin mengalami gejala lain seperti sulit minum dan makan. Jika mengalaminya sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik. 

5. Menopause

Perubahan hormon pada wanita menopause dapat menimbulkan rasa pahit di mulut. Estrogen yang rendah adalah hormon menyebabkan kondisi ini.

Selain rasa pahit, wanita menopause juga akan mengalami mulut kering terus-menerus dan berisiko mengalami sindrom mulut terbakar.

6. Stres dan kecemasan bisa menyebabkan mulut pahit dan mual

Tingkat stres dan kecemasan dapat menyebabkan mulut pahit dan mual. Kecemasan atau stres dapat merangsang respons dalam tubuh, yang seringkali mengubah indra perasa seseorang. Rasa cemas juga bisa menyebabkan mulut kering dan menimbulkan rasa pahit. 

Di samping itu, dilansir dari WebMd, intensitas emosi seseorang yang terlalu kuat dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal langsung. Seperti sakit perut, mual, muntah atau diare. 

7. Obat-obatan tertentu

Pada beberapa orang, obat-obatan, suplemen, atau perawatan medis tertentu dapat menyebabkan rasa pahit di mulut. Ini mungkin karena bahan kimia di dalamnya yang menimbulkan rasa pahit. 

Selain itu, pengobatan penyakit tertentu seperti kanker juga memungkinkan seseorang merasakan mulut pahit yang disertai dengan gejala lain seperti mual dan sakit perut. Biasanya dokter akan memberikan bantuan untuk meminimalkan efek samping tersebut. 

8. Masalah gigi

Kebersihan yang buruk juga bisa menyebabkan mulut pahit. Biasanya juga akan menimbulkan bau busuk, yang dapat memicu rasa mual. 

Kondisi kebersihan yang buruk ini jika dibiarkan bisa menyebabkan peningkatan gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi atau radang gusi. 

9. Kerusakan saraf

Jika ada saraf yang rusak, ini bisa menyebabkan perubahan cara seseorang merasakan rasa. Termasuk menyebabkan rasa pahit di mulut. 

Beberapa kondisi yang menyebabkan kerusakan saraf di antaranya; epilepsi, sklerosis ganda, tumor otak, demensia dan bell’s palsy

10. Penyakit tertentu

Beberapa penyakit seperti sinus atau pilek juga bisa menimbulkan rasa pahit di mulut. Ini karena tubuh mengirim protein untuk menangkap sel-sel berbahaya.

Tapi ini akan memengaruhi kemampuan lidah dalam mengecap rasa. Terkadang, menyebabkan rasa pahit berlebihan dari biasanya. 

Itu tadi 10 penyebab mulut pahit, dan beberapa di antaranya juga menyebabkan mual. Jika punya pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasi dengan dokter terpercaya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 21 April 2021
What Causes a Bitter Taste in the Mouth?
Healthline, diakses 21 April 2021
Everything You Should Know About Nausea
Medicalnewstoday, diakses 21 April 2021
Why do I have a bitter taste in my mouth?
WebMd, diakses 21 April 2021
Anxiety, Stress, and Stomachaches

    register-docotr