Kanker Lain

Tips Mencegah Kanker Keturunan yang Bisa Diterapkan Sejak Dini

May 2, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Mencegah kanker keturunan dapat dilakukan, terutama jika sudah mengetahui riwayat kesehatan keluarga. Perlu diketahui, mencari tahu riwayat kesehatan keluarga seperti kanker merupakan salah satu pencegahan dini.

Karena itu, pemeriksaan bersama dokter harus segera dilakukan guna mengetahui riwayat kesehatan. Nah, untuk mengetahui cara mencegah kanker keturunan lebih lanjut, yuk simak penjelasan berikut!

Baca juga: Gejala-gejala Awal Kanker Serviks: Perdarahan Tidak Normal hingga Nyeri Panggul

Benarkah kanker bisa diturunkan dari keluarga?

Dilansir dari Cancer.org, kebanyakan orang yang didiagnosis dengan kanker tidak memiliki riwayat penyakit dalam keluarga. Hal ini dikarenakan hanya sekitar 5 hingga 10 persen dari semua kasus kanker yang diwariskan dari keluarga.

Namun, terkadang orang dalam keluarga yang sama terkena bisa kanker akibat berbagi perilaku yang meningkatkan risiko bukan dari gen. Perilaku yang meningkatkan risiko kanker, antara lain merokok, kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, dan kurang olahraga.

Dalam kasus lain, kanker dapat disebabkan oleh gen abnormal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam beberapa kasus tersebut, yang diwariskan bukanlah kanker itu sendiri melainkan gen abnormal di mana mungkin atau tidak mungkin menyebabkan kanker. 

Untuk mencegah berbagai jenis kanker, skrining atau mendeteksinya lebih awal bisa mempermudah pengobatan. Bicarakan dengan dokter mengenai pemeriksaan yang harus dilakukan dan perawatan paling tepat untuk mengurangi risiko penyakit lebih parah.

Bagaimana cara mencegah kanker keturunan?

Cara mencegah kanker keturunan adalah menghindari faktor-faktor penyebabnya. Beberapa tips dan cara untuk mencegah kanker keturunan yang perlu kamu terapkan, antara lain sebagai berikut:

Jangan merokok

Menggunakan semua jenis tembakau berisiko menyebabkan munculnya kanker pada tubuh. Perlu diketahui, merokok telah dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, leher rahim, dan ginjal.

Mengunyah tembakau juga berkaitan dengan kanker rongga mulut dan pankreas. Meskipun kamu tidak menggunakan tembakau, paparan asap rokok orang lain dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Karena itu, menghindari tembakau atau memutuskan untuk berhenti menggunakannya adalah bagian penting dari pencegahan kanker. Jika kamu memerlukan bantuan untuk berhenti merokok, tanyakan pada dokter agar mendapatkan strategi pencegahan lainnya.

Konsumsi makanan sehat

Salah satu cara mencegah kanker keturunan adalah membuat daftar makanan sehat. Beberapa makanan sehat yang bisa dipertimbangkan untuk mengurangi risiko terkena kanker, yakni sebagai berikut:

  • Makan banyak buah dan sayur. Dasarkan diet sehat pada jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan lain dari sumber nabati berupa biji-bijian dan kacang-kacangan.
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Pilihlah makanan dengan lebih sedikit kandungan kalorinya, termasuk gula rafinasi dan lemak dari sumber hewani. Hindari juga konsumsi alkohol karena dapat meningkatkan risiko kanker.
  • Batasi konsumsi daging olahan. Mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar dapat sedikit meningkatkan risiko jenis kanker tertentu.

Aktif secara fisik

Aktivitas fisik juga penting sebagai cara tepat mencegah kanker keturunan. Hal ini dikarenakan aktif secara fisik dapat membantu mengontrol berat badan. Efeknya dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar.

Orang dewasa yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik dalam jumlah berapapun bisa memperoleh beberapa manfaat kesehatan. Tetapi untuk manfaat kesehatan yang substansial, berusahalah untuk mendapatkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang dalam seminggu.

Apa tujuan dari pencegahan kanker?

Pencegahan kanker merupakan tindakan yang dilakukan untuk menurunkan kemungkinan terkena kanker. Dengan mencegah kanker, jumlah kasus baru dalam suatu kelompok atau populasi dapat diturunkan.

Kanker bukanlah penyakit tunggal tetapi sekelompok penyakit terkait. Banyak hal dalam gen, gaya hidup, dan lingkungan di sekitar yang dapat meningkatkan dan menurunkan risiko terkena kanker. 

Jika riwayat kesehatan keluarga menunjukkan bahwa kamu mungkin membawa mutasi genetik, dokter dapat merujuk ke konseling genetik.

Konselor genetik adalah spesialis yang menanyakan tentang riwayat kesehatan keluarga dan membantu memutuskan apakah pengujian genetik tepat untuk kamu.

Baca juga: 5 Jenis Pengobatan Kanker Serviks yang Umum Dilakukan

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. CDC (2021), diakses 26 April 2021. Family Health History and Cancer
  2. American Cancer Society (2017), diakses 26 April 2021. How Family History ‘Really’ Affects Your Cancer Risk
  3. Mayo Clinic (2021), diakses 26 April 2021. Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk
  4. Medicinenet.com, diakses 26 April 2021. Cancer Prevention
    register-docotr