Diet dan Nutrisi

Bersihkan Pembuluh Darah dengan Daftar Makanan Sehat Berikut Ini!

May 2, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pembuluh darah memiliki peranan penting. Apabila penumpukan plak terjadi, ini bisa menyebabkan pembuluh darah tidak befungsi dengan semestinya. Untuk mencegah hal ini, terdapat beberapa makanan untuk membersihkan pembuluh darah.

Pembuluh darah dapat tersumbat ketika terjadi penumpukan plak, yang mana ini dapat menyebabkan aluran darah berkurang. Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah aterosklerosis.

Aterosklerosis dapat terjadi ketika timbunan lemak atau kolesterol menumpuk di sepanjang dinding arteri (pembuluh darah). Ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan membatasi aliran darah ke jantung serta bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Kamu Wajib Tahu! Ini 8 Cara Mencegah Penyakit Jantung

Makanan untuk membersihkan pembuluh darah

Aterosklerosis adalah penyebab utama penyakit jantung. Penting untuk diketahui bahwa terdapat beberapa faktor risiko dari aterosklerosis, di antaranya adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol LDL yang tinggi, pola makan yang salah, hingga jarang bergerak.

Mengadopsi gaya hidup serta pola makan sehat dapat membantu mencegah kondisi tersebut. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar makanan untuk membersihkan pembuluh darah yang dapat membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

1. Makanan untuk membersihkan pembuluh darah: Buah beri

Buah-buahan beri seperti halnya blueberry, stroberi, raspberry, hingga blackberry telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang berlimpah, termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Buah beri memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, serta tumbuhan. Tak ketinggalan, buah beri juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat meningkatakan kesehatan jantung.

Buah beri dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah dengan cara menurunkan peradangan dan penumpukan kolesterol, sehingga meningkatkan fungsi pembuluh darah dan melindungi dari kerusakan sel.

2. Alpukat

Alpukat juga masuk ke dalam daftar makanan untuk membersihkan pembuluh darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin E, yang mencegah oksidasi kolesterol.

Tak ketinggalan, buah berbentuk lonjong ini juga mengandung kalium atau potasium, yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

3. Ikan berlemak, salah satu makanan untuk membersihkan pembuluh darah

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, serta tuna kaya akan kandungan lemak sehat, yang dapat membantu membersihkan pembuluh darah arteri.

Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sekaligus pembentukan gumpalan darah di arteri.

4. Tomat

Tomat mengandung senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan risiko aterosklerosis. Misalnya saja, tomat mengandung likopen pigmen karotenoid yang memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan.

Untuk mendapatkan manfaat lebih untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, tomat bisa dikombinasikan dengan minyak zaitun.

5. Buah sitrus

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, ternyata buah sitrus juga bisa merupakan makanan yang dapat membantu untuk membersihkan pembuluh darah, lho.

Ya, sebab buah sitrus mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk flavonoid.

Kandungan flavonoid yang terdapat di dalamnya dapat membantu menurunkan peradangan dan mencegah radikal bebas dalam tubuh akibat oksidasi kolesterol LDL. Oksidasi LDL telah dikaitkan dengan perkembangan aterosklerosis.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bentuk Sediaan Vitamin C: dari Tablet hingga Cair

6. Brokoli

Dikutip dari laman Fisher Titus, brokoli dapat membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah karena mengandung vitamin K, yang mana dapat mencegah kerusakan pembuluh darah arteri.

Di sisi lain, brokoli juga mengandung serat yang dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat stres. Penting untuk diketahui bahwa stres dapat menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri.

7. Sayuran berdaun hijau

Selanjutnya, sayuran berdaun hijau seperti selada, kale, serta bayam juga merupakan makanan yang dapat membantu membersihkan pembuluh darah. Sebab, sayuran berdaun hijau mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu mencegah aterosklerosis.

Di samping itu, sayuran berdaun hijau merupakan sumber nitrat makanan yang baik, ini dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Bahkan, beberapa studi telah menemukan bahwa konsumsi sayuran berdaun hijau dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Healthline, tinjauan yang dilakukan terhadap 8 studi menemukan bahwa mengonsumsi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga 15,8 persen.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan untuk membersihkan pembuluh darah, yang mana juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar daftar makanan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Fisher Titus (2016). Diakses pada 26 April 2021. Eat These 10 Foods to Cleanse Your Arteries 

Healthline (2020). Diakses pada 26 April 2021. 15 Foods That May Help Prevent Clogged Arteries 

Medical News Today (2020). Diakses pada 26 April 2021. Foods to cleanse the arteries 

    register-docotr