Info Sehat

7 Penyebab Hidung Gatal, Alergi hingga Kondisi Medis Tertentu!

May 2, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Hidung yang terasa gatal tentu saja bisa membuatmu merasa tidak nyaman. Biasanya rasa gatal berlangsung singkat. Namun, jika hidung gatal berlangsung lebih lama, ini bisa disebabkan oleh kondisi tertentu. Lantas, apa saja penyebab hidung gatal?

Nah, agar kamu mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab hidung gatal, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Meski Gejalanya Mirip, Catat Beda ISPA dan Rhinitis Alergi

Apa saja penyebab hidung gatal?

Seperti yang sudah diketahui bahwa hidung gatal bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Pengobatannya pun bergantung dapat penyebab yang mendasari. Berikut ini adalah penyebab hidung gatal yang perlu kamu ketahui.  

1. Infeksi virus

Infeksi virus seperti pilek bisa menyebabkan rasa gatal pada hidung. Pilek dapat dialami oleh siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Akan tetapi, kondisi ini lebih sering memengaruhi anak-anak.

Hidung gatal dapat menjadi salah satu cara tubuh memberi tahu bahwa pilek akan terjadi.

Ketika virus penyebab pilek pertama kali menginfeksi hidung dan sinus, hidung akan mencoba untuk mengeluarkan lendir. Bersin adalah cara lain tubuh untuk mengeluarkan virus.  

2. Alergi

Penyebab hidung gatal yang kedua adalah alergi. Alergi sendiri dapat terjadi ketika tubuh memiliki respons kekebalan terhadap sesuatu. Apabila kamu alergi terhadap sesuatu, maka tubuh akan salah mengira hal tersebut sebagai benda asing, sehingga akan menyebabkan gejala seperti pilek.

Bulu hewan peliharaan, serbuk sari, serta tungau debu merupakan beberapa alergen atau pemicu alergi. Alergi dapat menyebabkan peradangan yang mengiritasi di dalam hidung, yang mana dapat menimbulkan rasa gatal pada hidung.

Baca juga: Si Kecil Sering Bersin di Pagi Hari, Apakah Pertanda Alergi?

3. Iritasi

Penyebab hidung gatal yang juga penting untuk diketahui adalah iritasi. Terdapat beberapa hal yang dapat mengiritasi saluran hidung, misalnya saja dalam kasus rhinitis non alergi.

Dikutip dari laman National Health Service (NHS), rhinitis non alergi adalah peradangan pada bagian dalam hidung yang bukan disebabkan oleh alergi.

Wewangian, asap, atau produk pembersih, atau zat kimia tertentu adalah beberapa iritan. Pada rihinitis non alergi, peradangan biasanya disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah serta penumpukan cairan pada jaringan hidung.

Hal tersebut dapat menyebabkan saluran hidung terhalang, sehingga menstimulasi kelenjar lendir di dalam hidung, yang mana menyebabkan gejala hidung tersumbat atau berair.

4. Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus. Sinusitis dapat berlangsung dalam waktu singkat (akut) atau kronis (lama).

Kondisi ini bisa menyebabkan rasa gatal pada hidung serta gejala lainnya seperti, indera penciuman yang berkurang, hingga nyeri di sekitar pipi, mata, atau dahi.

5. Polip hidung

Polip hidung juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab hidung gatal. Polip hidung adalah benjolan berukuran kecil dan bersifat non-kanker yang terletak pada lapisan saluran hidung.

Pada dasarnya, polip hidung seringkali memengaruhi penderita sinusitis kronis. Meskipun demikian, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya, seperti asma, alergi, atau kondisi yang memengaruhi sistem kekebalan.

Jika benjolan berukuran lebih besar, ini dapat mengiritasi dan menyebabkan masalah pernapasan atau terganggunya indera penciuman.

6. Hidung kering

Rongga hidung yang terlalu kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti hidung gatal, iritasi, atau bahkan nyeri. Penting untuk kamu ketahui bahwa hidung memerlukan tingkat kelembapan tertentu agar dapat berfungsi dengan baik.

Udara kering, tingkat kelembapan yang rendah, serta obat-obatan tertentu adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan hidung kering.

7. Tumor hidung

Dilansir dari Healthline, tumor hidung adalah benjolan yang tumbuh di dalam ataupun sekitar saluran hidung. Tumor dapat bersifat kanker (ganas) atau non-kanker (jinak). Pada kasus kanker saluran hidung, ini jarang terjadi dan seringkali tidak menimbulkan gejala.

Selain dapat menyebabkan hidung gatal, adapun gejala tumor hidung yang perlu diwaspadai lainnya di antaranya adalah hilangnya indera penciuman, hidung tersumbat, luka di dalam hidung, atau bahkan infeksi sinus yang sering terjadi.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab hidung gatal. Jika hidung gatal tidak kunjung sembuh atau disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya segeralah hubungi dokter. Dokter akan membantu menemukan penyebab serta penanganan yang tepat pada kasus hidung gatal.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 26 April 2021. How to Treat a Tickle in Your Nose 

Healthgrades (2021). Diakses pada 26 April 2021. Dry Nose 

NHS (2019). Diakses pada 26 April 2021. Non-allergic rhinitis 

NHS Inform (2020). Diakses pada 26 April 2021. Sinusitis 

    register-docotr