Kesehatan Anak

Tahu Istilah Kembar Cermin? Serupa Tapi Tak Sama dengan Kembar Identik

November 20, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Anak kembar adalah hal yang umum kita temui di lingkungan sekitar. Beberapa anak yang terlahir kembar, ada yang disebut kembar identik, karena kemiripannya. Tapi pernahkah kamu mendengar istilah kembar cermin?

Menurut Healthline.com, kembar cermin adalah salah satu subtipe dari kembar identik. Nah, untuk kamu yang masih asing dengan istilah kembar cermin, berikut ulasan perbedaan antara kembar identik dan juga kembar cermin.

Jenis anak kembar

Umumnya ada dua tipe anak kembar. Yaitu kembar identik dan kembar non-identik. Pada anak kembar non-identik, disebut juga dengan dizygotic twins.

Dizygotic twins adalah kehamilan berawal dari dua buah telur yang dibuahi oleh dua sperma yang juga berbeda. Hanya saja, keduanya berhasil tumbuh dan berkembang menjadi janin di waktu yang bersamaan.

Pada kembar non-identik, kedua anak hanya akan berbagi sekitar 50 persen. Ini layaknya seperti pada saudara kandung lainnya. Sehingga, anak kembar ini bisa berbeda jenis kelamin, dan tidak identik.

Mengenal kembar identik

Jika kembar non-identik berasal dari dua telur yang berbeda, kembar identik hanya berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sperma. Atau disebut juga dengan istilah monozigot. Tetapi kemudian sel telur membelah diri menjadi dua dan tumbuh menjadi dua janin yang berbeda.

Karena awalnya mereka berasal dari satu sel telur dan sperma, kedua anak tersebut memiliki 100 persen kromosom yang identik. Artinya anak kembar akan memiliki jenis kelamin yang sama dan memiliki karakteristik genetik yang sama, seperti warna rambut dan juga warna mata.

Tetapi ketika tumbuh dan berkembang di dalam rahim, keduanya berbagi ruang dan salah satunya bisa mendapat ruang yang lebih sedikit. Ini menyebabkan adanya perbedaan pada penampilan fisik keduanya.

Bagaimana dengan kembar cermin?

Seperti yang sudah disebutkan jika kembar cermin adalah sub dari anak kembar identik. Berarti, anak kembar cermin berasal dari satu telur yang sama yang kemudian membelah dan tumbuh menjadi dua janin yang berbeda.

Perbedaannya adalah, pada kembar cermin, kedua bayi akan mengembangkan karakteristik yang berlawanan seperti orang yang sedang bercermin. Itu sebabnya disebut dengan kembar cermin.

Salah satu contoh kembar cermin dapat dilihat dari ciri fisik, seperti tahi lalat. Jika salah satu bayi kembar cermin memiliki tahi lalat di sisi kiri wajah, bayi satunya lagi akan memiliki tahi lalat di sisi kanan.

Selain itu, karakteristik lainnya seperti lesung pipi juga bisa menandakan jika anak tersebut kembar cermin. Saat salah satu anak memiliki lesung pipi di sisi kanan, anak satu lagi pasti akan memiliki lesung pipi di sebelah kiri.

Selain kedua contoh tersebut, karakteristik lain yang dapat menunjukkan kembar cermin antara lain, adanya:

  • Perbedaan letak tanda lahir yang berlawanan
  • Bentuk mata yang berbeda
  • Perbedaan bentuk alis
  • Bentuk lubang hidung
  • Bentuk telinga
  • Gigi
  • Pusar kepala atau unyeng-unyeng rambut

Bukan hanya dari karakteristik fisik, anak kembar cermin juga bisa dikenali dari gestur atau kebiasaan fisik. Misalnya salah satu anak terbiasa menggunakan tangan kanan, anak yang lainnya pasti akan menjadi kidal.

Jadi, meski masih termasuk dalam jenis anak kembar identik, tapi tidak semuanya kembar identik adalah kembar cermin.

Apa yang menyebabkan kembar cermin?

Peneliti belum menemukan apa yang menyebabkan terjadinya kembar cermin. Tapi biasanya ini terjadi pada sel telur yang mulai membelah diri sekitar 7 hingga 10 hari setelah pembuahan.

Bagaimana cara mengetahui anak kembar cermin atau bukan?

Tidak ada tes pasti untuk mengetahuinya. Satu-satunya cara, dengan memerhatikan tanda karakteristik fisik dan juga lewat perilaku keduanya. Tidak ada yang salah dengan kembar cermin. Hanya saja, ada kemungkinan situs inversus, walaupun jarang sekali terjadi.

Situs inversus adalah kondisi saat organ dalam tubu tersusun berlawanan dari yang seharusnya. Kondisi itu bisa diketahui dari pemeriksaan dengan X-ray, MRI atau CAT.

Demikian informasi mengenai perbedaan anak kembar identik dengan anak kembar cermin. Jangan salah membedakan keduanya, ya.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu pada dokter terpercaya melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 19 November 2020
What Are Mirror Twins? Here’s Everything You Want to Know
Healthline, diakses 19 November 2020
Types of Twins
Verywellfamily, diakses 19 November 2020
Differences Between Mirror and Identical Twins

    Berita Terkait
    register-docotr