Kesehatan Anak

Jangan Asal Pilih, Ini Obat Tetes Mata untuk Bayi yang Perlu Kamu Tahu

July 18, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika orang dewasa merasakan gatal atau sakit pada mata, ada beberapa obat mata yang bisa digunakan secara langsung. Namun jika hal itu terjadi pada bayi, sebaiknya kamu lebih berhati-hati memilihnya. Berikut ini beberapa obat tetes mata untuk bayi.

Obat tetes mata untuk bayi 

Bayi memang sangat rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah pada bagian mata yaitu konjungtivitis atau peradangan yang menyebabkan mata merah pada bayi. 

Radang pada mata bayi ini menyerang membran yang melindungi kelopak mata dan bagian putih mata. Jika penyakit ini terjadi, maka pembuluh darah pada mata bayi akan sangat terlihat jelas.

Akibatnya, bayi juga bisa mengeluarkan cairan putih agak berwarna kekuningan dari mata.

Jika hal itu terjadii pada buah hatimu, pastikan kamu memberikan perawatan yang tepat. Sangat disarankan sebelum memberikan berbagai macam jenis obat tetes mata, kamu sudah melakukan pemeriksaan dengan dokter. 

Berikut beberapa obat tetes mata untuk bayi yang perlu kamu ketahui:

1. Matafres 

Dilansir dari Drugs.com, obat ini menjadi salah satu obat paling aman untuk digunakan oleh orang dewasa bahkan hingga si kecil. Produk matafres ini mengandung sodium hyaluronate yang merupakan garam natrium dari hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan.

Hal lainnya yang perlu kamu ketahui bahwa obat yang satu ini tidak menggunakan pengawet dan tentunya tanpa efek samping pada mata si kecil.

Kamu bisa menggunakan obat ini pada buah hati ketika merasakan iritasi dan mata kering.

2. Erlamycetin plus

Obat ini menjadi salah satu golongan antibiotik untuk mengobati peradangan akibat bakteri. 

Fungsi dari obat inii sendiri yaitu membantu penyembuhan si kecil pada kornea mata. 

Namun berbeda dengan beberapa jenis obat mata untuk orang dewasa, obat ini merupakan obat keras yang membutuhkan resep dokter. Hal itu disebabkan karena erlamycetin plus mengandung zat aktif chloramphenicol base dan dexamethasone sodium phosphate.

3. Tarivid 

Tarivid ophthalmic mampu mengobati infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini mengandung ofloxacin yaitu obat yang termasuk antibiotik golongan fluorokuinolon generasi kedua.

Selain itu, kamu dapat membawa obat ini kemanapun kamu pergi karena kemasannya yang sangat kecil dan praktis.

Cara pemakaian obat ini sendiri cukup dengan meneteskan sebanyak 3 – 4 kali sehari. Dan diteteskan langsung pada bagian mata yang mengalami masalah. 

Perhatian penting lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter.

Biasanya dokter akan memberikan resep mengenai jumlah maupun durasi pengobatannya. Kamu juga tidak boleh menghentikan pemakaian obat secara tiba-tiba, hal itu dapat menyebabkan resistensi antibiotik. 

4. Insto regular 

Obat yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Hampir semua orang dewasa bahkan hingga anak-anak menggunakan obat ini jika mengalami iritasi mata. 

Insto regular ini mengandung seperti hidroksi dan klorida yang mampu meredakan iritasi mata.

Jika si kecil mengalami iris mata karena disebabkan berada di dalam ruangan ber-AC, obat insto regular ini mampu untuk mengatasinya serta aman digunakan pada anak-anak. 

Baca juga: Moms Begini Cara Memilih Obat Flu dan Batuk yang Aman untuk Bayi

5. Lion smile 

Rekomendasi lainnya, obat tetes mata untuk bayi yang bisa kamu gunakan yaitu lion smile. 

Perlu kamu ketuhi bahwa lion smile menggunakan teknologi dari Jepang yang dipercaya ampuh meringankan keluhan mata pada si kecil, mulai dari iritasi, mata kering, hingga mata merah.

Cara memberikan obat tetes mata untuk bayi 

Sebelum memberikan obat tetes mata pada anak, sebagai orang tua pastikan kamu selalu mencuci tangan hingga bersih dan kering sebelum menyentuh obat tetes mata untuk bayi.

Kemudian mulai lakukan pemberian tetes mata untuk bayi ketika sedang tertidur. Tujuannya agar anak tetap tenang dan merasa aman. 

Kamu cukup buka mata bayi secara perlahan tanpa menyebabkan bayi terganggu. Kemudian berikan beberapa tetes obat sesuai dengan dosis yang telah ditetapkan. 

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Drugs.com (2020) diakses 14 Juli 2020. Matafres
  2. Patient.info  (2020) diakses 14 Juli 2020. Ofloxacin tablets for infection 
  3. healthychildren.org (2016) diakses 14 Juli 2020. Eye Infections in Infants & Children
    register-docotr