Kesehatan Anak

Lebih Modern dan Minim Rasa Nyeri, Ini Metode Sunat Stapler yang Wajib Diketahui!

July 1, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pada umumnya sunat memiliki berbagai macam metode tersendiri. Namun baru-baru ini diketahui bahwa ada metode sunat stapler yang disebut bisa mengurangi rasa sakit serta perdarahan. Simak yuk penjelasan selengkapnya. 

Apa itu metode sunat stapler

Sunat stapler adalah salah satu metode sunat modern dengan menggunakan alat bernama ‘stapler’. Alat ini sendiri berbentuk seperti pistol dan bagian yang tampak seperti lonceng atau disebut juga glans bell

Pertama kali metode sunat ini dikembangkan di negara Tiongkok. Sunat dengan metode stapler dapat diterapkan pada anak-anak maupun orang dewasa yang baru ingin melakukan sunat. 

Apa saja kelebihan metode sunat stapler?

Tujuan metode sunat stapler ini diciptakan agar tidak menjadi hal yang menakutkan khususnya bagi anak-anak.

Deretan manfaat dari sunat yang sangat baik bagi kesehatan, diharapkan dengan metode terbaru ini anak-anak maupun orang dewasa tidak lagi menghindari prosesnya. Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa kelebihan sunat stapler

Durasi tindakan lebih cepat 

Pada umumnya beberapa metode sunat akan membutuhkan waktu hingga 30 menit, tetapi tidak dengan metode sunat stapler. Proses sunat ini terbilang cepat, yakni hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. 

Berkurangnya rasa nyeri

Melakukan sunat dengan metode stapler juga sangat mengurangi rasa sakit atau nyeri, baik saat prosedur berlangsung maupun sesudahnya. 

Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Brazilian Journal of Medical and Biological Research dijelaskan bahwa metode sunat stapler terbukti menimbulkan rasa nyeri yang lebih ringan dibandingkan dengan metode sunat konvensional.

Menurunkan risiko komplikasi setelah sunat

Tak hanya mengurangi rasa sakit saat berlangsung dan sesudah disunat, menggunakan metode stapler ini ternyata juga menurunkan risiko komplikasi seperti perdarahan dan penis bengkak. Bahkan juga lebih baik jika dibandingkan dengan metode sunat laser maupun klamp.

Menurut sebuah riset dari Asian Journal of Andrology, alat stapler dapat meminimalisir komplikasi pasca sunat, seperti timbulnya kondisi pembengkakan atau edema dan perdarahan. 

Pada sunat konvensional, volume darah yang keluar biasanya mencapai 9,4 mililiter. Sementara itu, volume darah yang keluar pada metode stapler hanya sekitar 1,8 mililiter. 

Proses penyembuhan lebih cepat

Biasanya setelah disunat anak-anak maupun orang dewasa akan membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama, namun jika menggunakan metode stapler diklaim lebih cepat.

Luka sunat pada anak laki-laki maupun pria dewasa yang disunat dengan stapler akan sembuh dalam kurun waktu 12 hari, lho. 

Persiapan sunat stapler

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur sunat.

Pada tahap awal biasanya dokter akan menjelaskan terlebih dahulu hal-hal yang berhubungan dengan metode ini, seperti manfaat, prosedur, tahap penyembuhan, efek samping, hingga perawatan yang tepat untuk dilakukan selama masa pemulihan.

Jika pasien sudah setuju dengan semua hal prosedur sunat stapler, pihak rumah sakit akan meminta untuk menandatangani surat persetujuan untuk melakukan tindakan. 

Kemudian, dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan seperti pemeriksaan penis untuk menentukan ukuran stapler yang akan digunakan.

Perawatan setelah sunat stapler

Jika menggunakan metode ini, kamu tidak perlu khawatir karena pasien bisa langsung pulang ke rumah.

Hal itu diperbolehkan karena sunat stapler memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan metode lainnya. Jika kamu ingin proses penyembuhannya lebih optimal, berikut ini beberapa tips perawatan wajib diterapkan:

  • Menggunakan celana longgar. 
  • Mengganti perban secara berkala.
  • Tidak menggunakan sabun dengan pewangi untuk membersihkan penis.
  • Tidak mengeringkan atau menggosok penis dengan handuk.
  • Mengonsumsi makanan yang mempercepat penyembuhan luka sunat, seperti telur, ikan salmon, buah beri, dan sayuran berdaun hijau.
  • Minum obat yang diberikan oleh dokter secara teratur.
  • Istirahat yang cukup.

Sunat stapler memang memiliki beberapa kelebihan daripada sunat konvensional karena keuntungan dari waktu operasi yang lebih singkat dan lebih sedikit kehilangan darah.

Namun tentunya jika kamu memilih metode ini, tetap harus ada perawatan wajib yang dilakukan agar proses penyembuhannya bisa lebih optimal.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr