Melahirkan

Moms, Mau Tahu Apa Fungsi Birthing Ball untuk Persiapan Persalinan

July 1, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selama masa kehamilan, bola untuk latihan di kelas yoga telah digunakan oleh kebanyakan wanita. Bola ini tidak hanya bagus untuk latihan. Namun, ternyata juga memiliki manfaat beragam bagi ibu hamil.

Bola yoga atau yang disebut juga dengan birthing ball ini dapat membantu ibu hamil selama persalinan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi dari birthing ball, yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut.

Baca juga: Penting untuk Diketahui! Ini Dia Beberapa Pantangan Masa Nifas Setelah Melahirkan

Apa itu birthing ball?

Dilansir Healthline, birthing ball atau bola melahirkan sama dengan bola latihan biasa. Namun, umumnya bola melahirkan lebih besar daripada bola latihan dan memiliki lapisan antiselip.

Lapisan antiselip ini bertujuan agar ibu hamil dapat duduk di atasnya dalam waktu lama tanpa tergelincir. Dengan begitu, birthing ball bisa membantu mengurangi rasa sakit dan merasa lebih nyaman selama persalinan.

Perlu diketahui, banyak bola melahirkan yang berbentuk bulat, akan tetapi ada pula bentuk kacang. Bola melahirkan dengan bentuk kacang akan lebih besar di ujung dan memiliki bagian tengah yang sempit seperti kacang.

Bola melahirkan biasa tidak bisa digunakan sambil berbaring di tempat tidur. Namun, bola melahirkan dalam bentuk kacang bisa dipilih untuk mendapatkan posisi nyaman dan santai saat beristirahat serta tidur karena kaki memungkinkan untuk diangkat di atas atau sekitar bola.

Fungsi dari birthing ball selama persiapan persalinan

Selama persiapan persalinan, menemukan posisi yang nyaman memang sangat sulit. Namun, dengan menggunakan bola melahirkan dan bereksperimen dengan posisi yang berbeda diketahui dapat membantu meringankan tekanan panggul atau tulang belakang.

Carilah posisi yang nyaman, seperti duduk di atas bola dan bergoyang dari sisi ke sisi atau dari depan ke belakang. Beberapa wanita juga dapat duduk di atas bola melahirkan sambil bersandar ke depan, di atas meja, atau tempat tidur sehingga pasangan bisa memijat punggungnya.

Jika kamu menggunakan bola kacang, mungkin bisa menggunakannya untuk menopang kaki atau tubuh saat berada di tempat tidur.

Manfaat lain dari penggunaan birthing ball

Tidak ada aturan yang mengharuskan penggunaan birthing ball selama kehamilan atau persalinan. Namun, tinjauan studi tahun 2015 menunjukkan bahwa menggunakan bola bersalin baik yang bulat atau kacang dapat bermanfaat dalam banyak hal.

Perlu diketahui, pengalaman setiap wanita selama kehamilan bisa berbeda-beda namun banyak yang memiliki keluhan sama seperti nyeri punggung, stress, dan nyeri panggul atau perut. Menurut beberapa kesaksian pribadi, bola melahirkan ini dapat memperbaiki beberapa gejala tersebut.

Penggunaan bola melahirkan memungkinkan berjalannya persalinan yang lebih lancar. Selain itu, ada pula bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan bola melahirkan selama persalinan dapat mengurangi stress dan kecemasan, serta nyeri persalinan.

Akan tetapi, kamu tidak harus menunggu sampai persalinan untuk menggunakan birthing ball ini. Bola juga bisa digunakan beberapa bulan atau minggu menjelang persalinan. Penggunaan bola ini akan membantu meringankan rasa sakit dan tekanan yang muncul.

Dalam sebuah studi tahun 2013, wanita hamil yang dirawat di rumah sakit dengan nyeri persalinan menyelesaikan 30 menit latihan bola melahirkan. Hasilnya, tingkat rasa sakit dan kecemasan setelah latihan diketahui berkurang.

Bahkan, bola melahirkan dalam bentuk kacang juga bermanfaat karena dapat menghasilkan persalinan aktif yang lebih pendek meski diperlukan lebih banyak penelitian.

Untuk itu, jika ingin mengetahui manfaat potensial dari birthing ball maka bisa bicarakan dengan dokter sebelum penggunaannya.

Baca juga: Nyeri Tulang Kemaluan Pasca Melahirkan? Ketahui, Ini Dia Penyebabnya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline (2019), diakses 30 Juni 2021. What Is a Birthing Ball and Should I Use One?
  2. National Library of Medicine (2015), diakses 30 Juni 2021. Effect of birth ball on labor pain relief: A systematic review and meta-analysis
  3. NCBI (2013), diakses 30 Juni 2021. Efficacy of birth ball exercises on labour pain management
    register-docotr