Info Parenting

Wajib Tahu, Ternyata Ini Tanda Anak Kurang Kasih Sayang Orangtua!

May 27, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Tak sedikit orangtua yang secara tidak sengaja atau bahkan sengaja mengabaikan anak mereka sendiri. Tentu saja hal tersebut berdampak pada tumbuh kembang anak yang sehingga menimbulkan kurangnya kasih sayang. Berikut ini beberapa tanda anak kurang kasih sayang. 

Tanda anak kurang kasih sayang 

Melansir penjelasan dari laman Very Well Family, ketika anak-anak diabaikan, kondisi ini berdampak pada perkembangan dan kesehatan mereka secara keseluruhan. Faktanya, pengabaian telah dikaitkan dengan konsekuensi fisik, psikologis, dan perilaku di kemudian hari. 

Bahkan jika seorang anak pernah mengalami situasi yang buruk, konsekuensi pengabaian dapat berlangsung lama dan bahkan dapat menyebabkan perilaku berisiko tinggi seperti penyalahgunaan obat – obatan.

Berikut adalah beberapa tanda anak kurang kasih sayang akibat diabaikan orangtuanya saat sedang dalam masa pertumbuhan: 

Masalah kesehatan dan pertumbuhan

Kekurangan gizi dapat mengganggu perkembangan otak dan masalah medis dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan. 

Survei National Survey of Child and Adolescent Well-Being seperti dilansir dari Very Well Family menemukan bahwa 50,3% anak terlantar membutuhkan perawatan kesehatan khusus tiga tahun setelah dikeluarkan dari situasi terlantar.

Gangguan kognitif

Kurangnya stimulasi yang tepat dapat menyebabkan masalah intelektual berkelanjutan. Anak-anak dengan riwayat penelantaran atau kurangnya kasih sayang dari orangtua mungkin memiliki masalah akademis atau perkembangan bahasa yang tertunda.

Masalah emosional

Pengabaian dapat menyebabkan masalah keterikatan, masalah harga diri, dan kesulitan mempercayai orang lain.

Anak yang mengalami kurangnya kasih sayang memang akan kesulitan mengatur emosi. Hal itu disebabkan karena anak merasa tidak bisa mengekspresikan perasaannya dengan aman dan nyaman kepada orang-orang disekitarnya.

Sebagai gantinya, anak akan terus-menerus meredam perasaan dan justru tersalurkan melalui cara lain yang mungkin tidak seharusnya atau bahkan bisa jadi berbahaya. Hal ini bisa berdampak pada gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan mudah marah.

Masalah sosial dan perilaku

Anak-anak yang kurang kasih sayang orangtua akan lebih berjuang untuk mengembangkan hubungan yang sehat, dan mungkin bisa mengalami gangguan perilaku atau gangguan keterlibatan sosial. 

Data NSCAW menentukan bahwa lebih dari setengah anak yang dianiaya di masa muda berisiko mengalami penyalahgunaan obat-obatan, kenakalan remaja, bolos sekolah, seks bebas. 

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, hampir 75% dari semua kematian terkait penganiayaan anak termasuk penelantaran.

Insiden penelantaran yang fatal paling mungkin terjadi pada anak di bawah usia 7 tahun. Kematian akibat pengabaian paling sering berasal dari kurangnya pengawasan, pengabaian fisik kronis, atau pengabaian medis.

Baca juga:  Kenali ‘Mother Wound’: Saat Anak Kurang Mendapatkan Kasih Sayang dari Sosok Ibu

Cara mengatasi anak yang kurang kasih sayang 

Dilansir dari Very Well Family, hal ini mungkin terjadi pada orang-orang terdekatmu seperti tetangga maupun keluarga.

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika melihat hal tersebut adalah segera pastikan terlebih dahulu apakah anak tersebut memang kurang mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya atau sengaja diabaikan. 

Tanggung jawab utama kamu adalah memastikan anak tersebut aman.

Dalam kasus lain, anak-anak mungkin perlu ditempatkan di lingkungan lain untuk mencegah bahaya lebih lanjut. Seorang anak yang diabaikan orangtuanya atau kurang kasih sayang juga dapat ditempatkan dengan kerabat yang dapat memberikan perawatan memadai.

Perawatan untuk anak yang kurang kasih sayang

Setelah masalah yang paling mendesak ditangani, kebutuhan setiap anak dievaluasi untuk menentukan tindakan apa yang mungkin bermanfaat. Misalnya, perawatan kesehatan mental.

Anak-anak yang pernah mengalami penganiayaan dapat memperoleh manfaat dari layanan terapeutik untuk membantu mengatasi emosi, perilaku, atau kekhawatiran mereka. 

Demikian pula, perawatan, seperti layanan penyalahgunaan obat atau perawatan kesehatan mental, juga dapat diberikan kepada pengasuh untuk membantu mereka menjadi lebih siap dalam merawat anak-anak yang terlantar.

Ketika menangani anak yang kurang kasih sayang atau diabaikan oleh orangtuanya memang harus lebih berhati-hati mengingat mereka bisa saja mengalami dampak psikologis dan fisik. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Verywellfamily.com (2021) diakses pada 25 Mei 2021. What Is Child Neglect?
  2. Psychologytoday.com (2019) diakses pada 25 Mei 2021.  Child Neglect

 

    register-docotr