Info Parenting

Perkembangan Anak 3 Tahun, Fase yang Perlu Moms Ketahui

June 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perkembangan anak 3 tahun tanpa disadari tumbuh begitu cepat. Di fase ini, Moms akan melihat bagaimana kemampuan verbalnya berkembang.

Di usia 3 tahun, anak akan menunjukan perkembangan dalam kemampuan mereka memperhatikan sesuatu. Anak akan lebih mudah untuk mengikuti setiap arahan menunjukan kemauan dan pikiran mereka.

Usia 3 tahun bisa dibilang merupakan masa transisi balita menuju anak usia prasekolah. Di masa menghadapi perkembangan anak usia 3 tahun Moms akan merasakan emosi yang naik turun, tapi semua itu harus dilalui dengan dengan sukacita.

Perkembangan fisik anak 3 tahun

Anak usia 3 tahun tidak hanya berkembang secara berat dan tinggi, tapi juga kemampuan motorik kasar dan keterampilan motorik halus mereka. Meskipun demikian, kemampuan anak untuk menguasai kedua jenis keterampilan ini berbeda-beda.

Saat anak tumbuh pada usia 3 tahun, mereka akan belajar tentang tubuh mereka dan bagaimana cara mengontrolnya. Pada fase ini keseimbangan tubuh anak akan menjadi lebih baik dan anak akan bisa mengerjakan sesuatu yang sebelumnya mereka tidak bisa.

Keterampilan motorik kasar

Perkembangan kebanyakan anak 3 tahun terkait kemampuan ini adalah mereka mampu untuk berjalan lurus, berjalan seimbang, melompat atau berlari kencang hingga berjalan mundur.

Anak biasanya di usia 3 tahun sudah bisa mengendarai sepeda roda 3, menangkap bola ukuran besar hingga melompat menggunakan kedua kakinya.

Keterampilan motorik halus

Pada usia 3 tahun, keterampilan motorik halus yang bisa dilakukan olehnya adalah mereka sudah bisa mencuci dan mengeringkan tangan mereka sendiri.

Anak juga mulai bisa memakai pakaian dengan sedikit bantuan, dan membalik halaman dalam buku.

Perkembangan anak 3 tahun biasanya juga diwarnai dengan kemampuan menahan alat tulis dengan jari mereka, bukan dengan genggaman tangan.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Perkembangan anak usia 3 tahun dalam bidang bahasa akan membuat Moms terkesima, karena di usia ini mereka dapat mengetahui lebih dari 300 kata dalam kemampuan berbahasa mereka, dan bisa saja lebih dari itu.

Di usianya yang ke-3 tahun, anak sudah bisa mengikuti perintah yang dijalankan dengan 3 tahapan, seperti ‘bereskan piring dan cuci tangan kamu’.

Mereka pun bisa berkomunikasi dengan menggunakan 2 sampai 3 kalimat dalam satu waktu.

Perkembangan komunikasi anak usia ini pun ditunjukan dengan kemampuan mereka untuk mengingat nama teman, mengucapkan nama depan usia dan jenis kelamin mereka sendiri.

Perkembangan sosial

Di usia 3 tahun, Moms mungkin akan mulai menyadari ada perkembangan pada cara mereka berinteraksi dengan anak lainnya. Di usia ini juga tidak jarang anak akan bermain lebih berkelompok dengan teman mereka, bukan sendiri-sendiri lagi.

Jika anak menunjukan perkembangan demikian, maka ini saatnya Moms membantu mereka untuk belajar bagaimana mempertahankan hubungan pertemanan tersebut.

Mereka akan mulai menunjukan bagaimana mereka senang dengan keberadaan teman-teman di sekitar mereka, dan terkadang juga dengan teman khayalan.

Tidak hanya itu, pada usia ini anak akan senang untuk menirukan karakter yang mereka lihat di TV atau buku.

Perkembangan kognitif

Pada usia 3 tahun, perkembangan kognitif anak bukan hanya soal mempelajari alfabet atau cara menghitung. Tapi mereka akan lebih belajar tentangan bagaimana cara menyerap sebuah informasi. Dan ini termasuk bagaimana mereka memproses informasi itu.

Kebanyakan anak usia 3 tahun akan menyerap apapun yang ada di sekitar mereka. Sebagai orang tua, Moms harus membantu mereka untuk mengetahui informasi macam apa yang mereka serap.

Seiring dengan mengembangkan daya ingat dan belajar mengerti lebih banyak tentang dunia di sekitar mereka, imajinasi dan daya pikir anak akan berkembang di periode ini. Maka Moms jangan kaget kalau mereka akan banyak bertanya.

Oleh karena itu, Moms harus sabar menghadapi mereka ketika diberikan pertanyaan bertubi-tubi, karena itu adalah cara mereka untuk belajar lebih banyak tentang dunia di sekeliling mereka.

Menikmati perkembangan anak adalah hal yang menyenangkan, Moms harus tahu bagaimana membantu mereka. Karena itu, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr