Info Parenting

Moms Wajib Tahu, Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa?

April 3, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Air kelapa memiliki kandungan gizi penting serta manfaat yang berlimpah. Di samping itu, rasanya yang menyegarkan membuat minuman ini banyak digemari. Akan tetapi, bolehkah bayi minum air kelapa?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini, Moms!

Baca juga: Tumbuh Gigi Dapat Membuat si Kecil Tidak Nyaman, Apa Saja Ciri-cirinya?

Kandungan gizi air kelapa

Air kelapa adalah cairan bening yang ditemukan dalam buah kelapa berwarna hijau. Air kelapa memiliki efek menyegarkan secara alami. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

Dalam 100 gram air kelapa mengandung setidaknya 19 kCal energi, 24 mg kalsium, 25 mg magnesium, 20 mg fosfor, serta 250 mg kalium. Tak sampai di situ saja, air kelapa juga mengandung protein, kalsium, zat besi, magnesium, hingga vitamin C.

Apakah boleh bayi minum air kelapa?

Memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah membuat manfaat air kelapa sangat banyak, lalu bolehkah jika air kelapa dikonsumsi oleh bayi?

Ya, bayi boleh minum air kelapa. Namun, air kelapa baru boleh dikonsumsi ketika si Kecil berusia lebih dari 6 bulan atau telah mengonsumsi makanan pendamping ASI alias MPASI.

Perlu Moms tahu bahwa air kelapa mengandung senyawa yang dikenal sebagai monolaurin. Senyawa tersebut dapat membantu sistem kekebalan tubuh bayi melawan penyakit, serta melindungi bayi dari kondisi tertentu seperti flu atau pilek, dan melawan infeksi.

Selain itu, air kelapa juga kaya akan kandungan elektrolit, karbohidrat, dan asam amino yang mana nutrisi tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan optimal.

Manfaat air kelapa untuk bayi

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa untuk bayi yang penting diketahui oleh Moms.

1. Sumber energi yang menyegarkan

Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat yang mana kandungan tersebut dapat membantu untuk memenuhi asupan nutrisi harian bayi.

2. Menyediakan hidrasi dan elektrolit

Manfaat air kelapa untuk bayi ini juga tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Air kelapa mengandung natrium dan kalium.

Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung mineral seperti kalsium zat besi, fosfor magnesium dan mangan yang penting untuk perkembangan dan menjaga kesehatan tulang bayi. Air kelapa sendiri seringkali dijadikan sebagai minuman rehidrasi.

Di samping itu, air kelapa juga dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit pada bayi.

3. Berpotensi meningkatkan kerja sistem pencernaan

Manfaat lain dari bayi minum air kelapa adalah dapat membantu meningkatkan sistem pencernaannya, lho Moms. Dikutip dari Mom Junction, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa dapat meningkatkan pencenaan dan penyerapan nutrisi.

Meskipun demikian, masih diperlukan banyak penelitian untuk memastikan efektivitas dari air kelapa terhadap sistem pencernaan.

4. Kaya akan kandungan asam amino

Air kelapa mengandung asam amino yang berlimpah, seperti alanin, argirin, serin, dan sistein. Kandungan tersebut membuat air kelapa menjadi sumber protein yang sehat bagi bayi.

5. Meredakan sembelit

Terakhir, bayi minum air kelapa juga bisa membantu meredakan sembelit.

Air kelapa adalah salah satu sumber serat, bersama dengan kandungan elektrolit yang dimilikinya ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi dan meredakan sembelit.

Baca juga: 6 Tahap Perkembangan Anak yang Wajib Diketahui Orangtua

Moms, perhatikan aturan pemberian air kelapa pada bayi!

Ketika bayi meminum air kelapa, ini harus dilakukan secara hati-hati. Air kelapa memang memiliki banyak manfaat, namun penting bagi Moms untuk memerhatikan anjuran yang tepat untuk memberikan air kelapa pada bayi.

Pilihlah air kelapa murni tanpa tambahan pemanis apa pun. Selain itu, perhatikan juga porsinya.

Bayi minum air kelapa sebaiknya tidak juga berlebihan dan banyak sekaligus. Sebaliknya, berikanlah air kelapa secara perlahan dalam jumlah kecil. Sebab, mengonsumsi air kelapa dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Moms juga dapat memberikan air kelapa dengan mencampurkannya pada makanan bayi. Jangan lupa untuk memeriksa apakah terdapat reaksi alergi atau tidak.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa bayi boleh meminum air kelapa jika usianya sudah tepat. Sebab, memberikan air kelapa pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan memiliki risiko reaksi alergi. Seperti dikutip dari Parenting First Cry.

Jadi, bayi minum air kelapa memang diperbolehkan jika ia sudah cukup usia. Namun, jangan lupa juga selalu perhatikan anjuran pemberian yang tepat, ya Moms!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan si Kecil? Silakan chat mitra dokter kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantu Moms dengan akses layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Firstcry.com (2019). Diakses pada 28 Maret 2021. Giving Coconut Water to Babies- Is It Safe? 

Mom Junction (2020). Diakses pada 28 Maret 2021. Coconut Water For Babies: Safety, Health Benefits, And Side Effects 

Parentune (2019). Diakses pada 28 Maret 2021. Is Coconut Water Good for Your Baby? – Quantity, Benefits, Best Time to Give this 

Webmd (2010). Diakses pada 28 Maret 2021. The Truth About Coconut Water

    register-docotr